Selain Monkey D. Dragon kemungkinan ada satu sosok lainnya yang kemudian jadi buronan paling dicari oleh pihak World Government yaitu Kuzan alias Aokiji. Pihak World Government selalu berusaha untuk memusnahkan berbagai pihak yang mereka anggap sebagai ancaman. Mereka tidak ragu untuk melakukan berbagai hal terkait dengan hal tersebut, mulai dari pembunuhan sampai penghancuran.

Contoh nyata dari hal ini adalah apa yang terjadi kepada cendikiawandi pulau Ohara. Pada 20 tahun lalu, World Government menghancurkan mereka karena berusaha mempelajari rahasia masa lalu dari Poneglyph. Yang menarik adalah sekarang World Government juga memiliki beberapa incaran atau buronan di mana salah satu diantaranya adalah Kuzan alias Aokiji.

Buronan World Government

Seperti yang sudah diperkenalkan sejak lama dalam cerita One Piece, sosok Monkey D. Dragon dikenal sebagai karakter yang paling dicari oleh pihak world Government. Seperti yang kita ketahui sejauh ini, Dragon adalah pemimpin tertinggi dari Pasukan Revolusi. Dan yang menarik adalah bagaimana dia memiliki julukan sebagai manusia yang paling dicari oleh World Government.

Sosok Dragon dan Pasukan Revolusi sudah menjadi sebuah ancaman serius untuk World Government. Namun, masih belum diketahui apakah hal tersebut memang yang kemudian jadi alasan utama mereka menyatakan Dragon sebagai buronan paling dicari. Atau mungkin ada alasan lain mengapa Dragon jadi manusia paling dicari. Dragon memiliki bawahan seperti Sabo, Ivankov, bahkan Bartholomew Kuma.

Mereka bukanlah karakter biasa, yang artinya kekuatan Dragon tentu sangat luar biasa karena menjadi pemimpin mereka. Ketika nama Dragon muncul dalam sebuah peristiwa atau tempat, bisa dipastikan semua orang akan merasa ketakutan dengan sosok Dragon. Level kekuatannya kemungkinan berada di level Yonko atau mungkin lebih. Kita masih belum diperlihatkan bagaimana kekuatan asli seorang Monkey D. Dragon.

Bukan hal yang aneh memang jika Dragon dan Pasukan Revolusi menjadi ancaman serius bagi World Government. Karena, sudah sedari awal Pasukan Revolusi diciptakan untuk menghentikan angkatan laut dan World Government. Dalam kilas balik Vegapunk, kita melihat bahwa peristiwa Ohara dianggap jadi pemicu awal Dragon membentuk Pasukan Revolusi. Tujuannya jelas untuk membalas dendam atas apa yang mereka lakukan terhadap para cendikiawan Ohara dan menghancurkan organisasi tersebut.

Sosok Buronan Lain

Meskipun selama ini kita mengenal Dragon sebagai sosok buronan paling dicari oleh World Government, namun sebenarnya ada juga sosok karakter lain yang memiliki potensi yang sama seperti Dragon. Siapa dia? Tidak lain adalah mantan admiral angkatan laut Kuzan alias Aokiji. Fakta mengenai Aokiji yang bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard membuat banyak fans terkejut.

Pasalnya, tidak ada yang menyangka jika seorang mantan admiral akan bergabung dengan kelompok bajak laut yang berbahaya. Sebelumnya, Sakazuki alias Akainu sempat ditunjuk untuk menjadi kandidat pengganti dari Sengoku yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala angkatan laut di markas pusat. Namun, Aokiji menolak rencana itu.

Demi memperebutkan jabatan dan kekuasaan tersebut, mereka berdua pun akhirnya bertarung di Punk Hazard. Mereka berdua bertarung selama 10 hari tanpa henti dan akibat dari pertarungan mereka cuaca dan kondisi di Punk Hazard menjadi sangat ekstrem. Dalam pertarungan itu, Akainu yang kemudian menjadi pemenangnya. Aokiji tidak mau berada di bawah kendali Sakazuki dan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut. Dia kemudian bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard.

Geeks mungkin bertanya, mengapa kemudian Aokiji berpotensi menjadi buronan paling dicari World Government seperti Dragon? Kata kuncinya adalah Aokiji merupakan mantan admiral. Sebagai seorang mantan admiral Aokiji tentunya memiliki banyak informasi mengenai angkatan laut dan bahkan mungkin World Government. Tentu bisa dipastikan bahwa informasi yang diketahui oleh Aokiji tersebut bukanlah informasi sembarangan.

Jika Blackbeard pintar, dia tentunya bisa memanfaatkan hal ini. Blackbeard dan seluruh kru lainnya, sebenarnya tidak terlalu percaya dengan bergabungnya Aokiji ke kru mereka. Hal ini pernah disampaikan oleh Jesus Burgess di arc Dressrosa. Namun, yang paling penting bagi mereka adalah Aokiji memiliki informasi rahasia. Mengetahui Aokiji bergabung dengan Blackbeard dan memiliki “rahasia negara”, World Government jelas berada dalam ancaman.

Yang paling besar peluangnya adalah Aokiji akan membongkar atau mengungkapkan rahasia besar World Government, Mary Geoise, angkatan laut, dan sebagainya. Terlepas dari adanya spekulasi bahwa apa yang dilakukan oleh Aokiji merupakan bagian dari sebuah rencana besar, yang jelas apa yang Aokiji lakukan ini membuatnya jadi buronan paling dicari oleh pihak World Government selain Dragon.

Nilai Buronan Aokiji

Menarik tentunya untuk melihat apa tindakan yang akan dilakukan oleh World Government dan angkatan laut selanjutnya. Satu hal yang pastinya akan mereka lakukan adalah mengincar nyawanya dan juga memberikan nilai buruan. Hal ini sama seperti yang terjadi kepada sosok mantan angkatan laut lainnya, X Drake, yang sekarang jadi bagian dari Worst Generation – terlepas dia sebenarnya adalah anggota SWORD.

Lalu, bagaimana dengan nilai buruan Aokiji? Seberapa besar nilai buruannya? Nilai buruan yang diberikan oleh World Government kepada sosok Aokiji pastilah sangat tinggi. Bisa jadi nilai buruannya mencapai angka 1 milliar Belly atau mungkin lebih. Bisa jadi angkanya menyentuh 3-4 milliar Belly. Selain kekuatan yang dimiliki, seperti yang disebutkan di atas, Aokiji memiliki informasi rahasia yang bisa saja dimanfaatkan oleh Blackbeard.

Sampai sejauh ini, masih belum diketahui apakah Aokiji sudah pernah membocorkan rahasia yang dia ketahui kepada Blackbeard. Jika memang pernah, kita juga belum tahu sejauh mana informasi yang sudah dibocorkan oleh Aokiji. Tentunya akan sangat menarik juga melihat kelanjutan cerita Aokiji sebagai bagian dari kru Blackbeard setelah dia melakukan penculikan terhadap Pudding.

Saat ini, para fans sedang menantikan apa tindakan atau reaksi yang akan diperlihatkan oleh Aokiji setelah Koby diculik. Dan Garp, yang notabene adalah idola dan panutannya, sedang berusaha menyelamatkan Koby. Apakah Aokiji akan bertarung menghadapi Garp? Atau justru aokiji akan membantu Garp menyelamatkan Koby? Yang pasti Aokiji saat ini menjadi sosok buronan paling dicari World Government selain Monkey D. Dragon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.