Meskipun memiliki kekuatan yang sangat dahsyat mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika para pahlawan DC memiliki kelemahan yang aneh. Para pahlawan super di universe DC dikenal memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Kita bisa melihat sosok Superman, Wonder woman, dan sebagainya. Bahkan, Superman diketahui sebagai salah satu karakter dari DC Comics dan jadi salah satu ikon.

Meskipun begitu, ternyata para pahlawan super tersebut memiliki kelemahan. Misalnya, sosok Superman yang terkenal karena memiliki kelemahan terhadap Kryptonite. Namun, mungkin Geeks belum banyak yang tahu jika para pahlawan DC tersebut juga memiliki kelemahan yang dianggap aneh dan tidak biasa. Apa saja kelemahan tersebut? Berikut adalah daftarnya.

Benda/Material Alam

Power Girl merupakan sosok Supergirl yang berasal dari Earth-Two. Secara narasi, Power Girl juga sama-sama merupakan keponakan dari Superman. Dia juga memiliki kekuatan dan kemampuan dahsyat dari penduduk planet Krypton. Contohnya terbang, daya tahan, dan sebagainya. Geeks mungkin mengira jika dia memiliki kelemahan yang sama yaitu Kryptonine. Namun, kenyataanya hal tersebut berbeda.

Sosok Power Girl ternyata tidak memiliki kelemahan terhadap batu hijau menyala Kryptonite. Dia justru memiliki kelemahan terhadap benda atau material alam, secara spesifik adalah material alam yang belum diolah contohnya adalah kayu dari ranting pohon atau batu. Dalam salah satu cerita, diperlihatkan bagaimana Power Girl terluka oleh sebuah ranting pohon yang tajam. Sampai sekarang, DC Comics masih belum memberikan penjelasan terkait kelemahan ini.

Cahaya Kuning

Sebagai pelindung alam semesta, Green Lantern Corps merupakan salah satu kelompok pahlawan yang sangat luar biasa di mana mereka sudah menjelajah ke berbagai planet bahkan galaksi. Selama jutaan tahun, mereka sudah berdiri tegak untuk menghadapi ancaman yang muncul untuk menganggu kedamaian. Mereka menggunakan sebuah cincin ajaib yang mampu mewujudkan apa yang ada dalam pikiran mereka.

Semua hal yang diciptakan dari cincin tersebut mampu menghancurkan apa pun, kecuali benda atau hal yang memiliki warna kuning. Sumber kekuatan dari cincin tersebut berasal dari spektrum energi. Musuh alami dari para Green Lantern adalah spektrum warna ketakutan, yang di komiknya erat kaitannya dengan warna kuning. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Sinestro Corps jadi lawan terberat dari Green Lantern Corps.

Radang Tenggorokan

Dinah Lance alias Black Canary merupakan salah satu pahlawan super yang unik di universe DC. Sumber kekuatan supernya adalah suara. Dengan mengeluarkan suara, seperti teriakan, dia mampu membuat siapa pun terluka oleh suaranya tersebut. Inilah alasannya mengapa tenggorokan atau pita suara dari Black Canary begitu berharga dan sangat penting.

Seperti halnya seorang penyanyi di dunia nyata, dia memiliki kelemahan di bagian tenggorokannya. Jika dia mengalami radang tenggorokan atau pita suaranya terganggu, maka hal tersebut juga akan memengaruhi kekuatan teriakannya. Namun, beruntung, meskipun Dinah memiliki kelemahan di bagian tenggorokannya dia juga memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni.

Menyebut Nama

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan sosok Billy Batson alias Shazam. Setelah terpilih untuk jadi juara dari ketujuh penyihir kuno, Billy kemudian mendapatkan kekuatan super yang berasal dari gabungan kekuatan dahsyat ketujuh penyihir tersebut. Namun, syarat untuk bisa menggunakan kekuatan tersebut adalah Billy sebelumnya perlu menyebutkan/meneriakan kata ‘Shazam.’

Billy akan berubah menjadi sosok dewasa yang kekar dengan kekuatan dahsyat ketika berubah menjadi Shazam. Namun, menyebut nama ‘Shazam’ juga nyatanya adalah kelemahan dari Billy. Dengan membuat Billy menyebutkan kembali nama tersebut, dia akan kembali menjadi sosok anak kecil biasa. Dalam cerita di film Justice League: The Flashpoint Paradox diperlihatkan bagaimana Wonder Woman secara brutal menghabisi nyawa Shazam dengan memaksanya untuk berubah menjadi Billy Batson.

Pembatasan bicara

Kekuatan sihir adalah salah satu kekuatan yang paling dahsyat di universe DC. Zatanna Zatara adalah salah satu karakter yang memiliki kemampuan sihir luar biasa di universe tersebut. Dia bisa menyembuhkan seseorang, melampaui hukum fisika, memanipulasi realita, dan sebagainya dengan menggunakan kekuatan sihirnya. Metode yang sering dia gunakan adalah menyebutkan sebuah mantra khusus yang kata-katanya dia balik.

Mirip seperti Dinah Lance dan Shazam, kelemahan yang dimiliki oleh Zatanna memiliki keterkaitan dengan pembatasan bicaranya. Dalam hal ini, ketika Zatanna tidak mampu menyebutkan sebuah mantra maka dia tidak akan mampu berbuat banyak. Kelemahan ini tentunya sangat aneh dan juga ironis mengingat Zatanna adalah karakter yang luar biasa dalam hal kekuatan sihir.

Kalori Yang Besar

Sudah banyak karakter yang menggunakan titel The Flash di universe DC. Mulai dari Jay Garrick, Barry Allen, Wally West, Irish West, dan sebagainya. Sesuai namanya, The Flash memiliki keunggulan dalam hal kecepatan. Dia mampu berlari sangat cepat, yang bahkan kecepatan yang dia hasilkan mampu untuk melemparkan Barry ke timeline lainnya. Namun, dengan kekuatan tersebut The Flash memiliki satu kelemahan.

Kelemahan tersebut adalah mereka memerlukan kalori dalam jumlah yang sangat besar. Inilah alasan mengapa The Flash selalu lapar dalam berbagai kemunculannya. Selain mampu berlari dengan cepat, metabolisme mereka juga bergerak dengan cepat. Semakin cepat mereka berlari, maka semakin banyak kalori juga yang mereka bakar. Hal ini membuat The Flash perlu banyak makan atau memerlukan kalori yang jumlahnya sangat besar.

Dehidrasi

Arthur Curry alias Aquaman merupakan penguasa wilayah Atlantis. Dia memiliki kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan bahkan mampu untuk berkomunikasi dengan berbagai makhluk hidup di laut. Meskipun Aquaman dikenal sebagai penguasa Atlantis dan dianggap sebagai salah satu pahlawan super terkuat, namun dia memiliki sebuah kelemahan besar yang cukup aneh yaitu berada di daratan terlalu lama.

Dehidrasi sebenarnya jadi kelemahan terbesar dari sosok Aquaman pada era lama, di mana dia tidak bisa bertahan lama di daratan. Meskipun DC Comics sudah memberikan perubahan bagi karakter Aquaman di era modern dengan mengurangi kelemahan tersebut, bukan berarti dia benar-benar kehilangan kelemahannya. Dalam kondisi tertentu kelemahan ini tetap jadi musuh utama Aquaman. Bahkan, dalam rencana yang dibuat oleh Batman untuk mengalahkan Aquaman dia menanamkan sugesti jika air adalah musuhnya.

Takut Api

J’onn J’onzz alias Martian Manhunter merupakan salah satu karakter yang underrated di universe DC. Padahal, dari segi level kekuatan dia tidak kalah dari Superman. Dia memiliki kemampuan berubah wujud, telepati, telekinesis, dan sebagainya. Tetapi, Martian Manhunter ternyata memiliki sebuah kelemahan yaitu api. Seperti halnya Kryptonite bagi Superman, api bisa menurunkan kekuatan Martian Manhunter.

Semakin besar api tersebut dan semakin dekat dengan tubuhnya, maka semakin lemah dan semakin sulit bagi Martian Manhunter untuk mempertahankan tubuhnya. Efeknya, dia bisa saja tewas akibat hal tersebut. Sebagian fans menganggap kelemahan ini cukup aneh mengingat Martian Manhunter adalah sosok yang kuat, yang bahkan level kekuatannya mirip dengan Superman.

Meskipun memiliki kemampuan dan kekuatan yang dahsyat ternyata para pahlawan di universe DC juga memiliki kelemahan yang dianggap aneh. Kelemahan tersebut dianggap tidak biasa mengingat reputasi dan juga asal-usul mereka. Namun, di sisi lain, kelemahan ini juga menarik karena memberikan warna yang lain bagi cerita para pahlawan di universe DC.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.