Kemungkinan besar sosok Vegapunk bukan menghilang atau ikut terhisap ke dalam dunia kenangan milik Kuma, melainkan ada penculik yang kemudian membawa pergi Vegapunk dari pulau Egghead. Dalam chapter 1074 di manga One Piece terdapat beberapa poin yang menarik. Misalnya, kita melihat kisah masa lalu Kuma yang menyedihkan dan kelam di mana dia incar oleh pihak yang jahat.

Kemudian, kita juga melihat kembali sosok Nefertari Vivi yang mana kejutannya adalah dia baik-baik saja. Vivi nampak bersama Wapol dan juga Morgans berada di atas kapal milik World Economics. Yang tidak kalah menarik juga adalah kita mendapatkan konfirmasi jika sosok Vegapunk yang asli ternyata menghilang. Namun, yang menarik adalah terdapat sebuah teori menarik bahwa kemungkinan Vegapunk diculik oleh seseorang.

Bukan Menghilang

Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan jika Vegapunk kabur saat bersama dengan kru Topi Jerami. Dia dikejar oleh Bonney yang akhirnya sadar. Bonney berusaha untuk membalas dendam apa yang Vegapunk lakukan terhadap ayahnya. Sampai kemudian Bonney berhasil untuk menghajar Vegapunk dan membuatnya kembali menjadi anak-anak.

Bonney sendiri kemudian menemukan sebuah ruangan khusus yang di dalamnya menyimpan kenangan dari sang ayah, Bartholomew Kuma. Meskipun Vegapunk sudah melarangnya untuk tidak menyentuh ingatan tersebut, namun Bonney tidak peduli. Di chapter 1074 terungkap jika Bonney terhisap ke dalam dunia ingatan Kuma. Terlihat bagaimana dia berusaha berkomunikasi dengan Kuma kecil, yang ternyata gagal.

Di sisi lain, Vegapunk sendiri dinyatakan menghilang. Shaka sendiri menuturkan jika Vegapunk yang asli tidak terlihat di monitor yang mengawasi semua sudut Egghead. Muncul spekulasi yang menyebutkan jika Vegapunk kemungkinan ikut terhisap ke dunia ingatan Kuma seperti halnya Bonney. Hal ini terjadi setelah Vegapunk berusaha untuk mencegah Bonney untuk menyentuh balon ingatan Kuma.

Namun, yang menarik adalah terdapat spekulasi lain yang mencoba untuk menjelaskan situasi Vegapunk. Dalam spekulasi lain ini menjelaskan jika kemungkinan Vegapunk bukan ikut terhisap ke dunia ingatan Kuma seperti halnya Bonney, melainkan besar kemungkinan jika ada pihak lain yang menculik Vegapunk. Lalu, siapa sosok yang peculik Vegapunk tersebut? Bagaimana kemudian dia bisa menculik Vegapunk?

Siapa Penculiknya

Untuk saat ini, memang masih belum diketahui pasti siapa yang menculik sang ilmuwan jenius tersebut. Namun, dalam spekulasinya sendiri terdapat satu karakter yang dicurigai sebagai penculik dari Vegapunk. Siapa dia? Sosok tersebut adalah Wet-Hair Caribou atau Caribou si Rambut Basah. Mengapa kemudian Caribou yang dicurigai sebagai pelaku penculikan Vegapunk?

Buat Geeks yang mungkin lupa bahwa selain kru Topi Jerami, ada juga beberapa pihak yang tiba atau ada di pulau Egghead seperti diperlihatkan di awal arc ini. Pasca arc Wano selesai, terdapat sosok yang tidak diundang yang menyusup ke kapal Thousand Sunny. Dia adalah Caribou. Sosok Caribou diperlihatkan menguping berbagai pembicaraan dari kelompok Topi Jerami dan juga Momonosuke serta Red Scabbards.

Di istana Oden, Caribou diperlihatkan mencuri dengan percakapan kru Topi Jerami dan Momonosuke saat membahas mengenai Pluton yang ternyata ada di wilayah Wano. Kemudian, saat kru Topi Jerami sudah kembali berlayar di lautan, Caribou juga kembali mencuri dengar percakapan lain dari kru Topi Jerami yang berbicara tentang Vivi dan hal lainnya. Karena mereka pergi menuju pulau Egghead, artinya Caribou pun saat ini ada di pulau tersebut.

Sampai saat ini, keberadaan dari Caribou sendiri masih misterius. Berdasarkan hal tersebut muncul spekulasi jika Caribou kemungkinan adalah penculik dari sosok Vegapunk yang asli. Terdapat juga sebuah petunjuk menarik yang mendukung spekulasinya di chapter 1074. Buah iblis yang dimiliki oleh Caribou adalah berjenis Logia yaitu Numa Numa no Mi, yang membuatnya bisa mengendalikan atau mengubah tubuhnya menjadi rawa.

Caribou bisa mengubah tubuhnya menjadi lumpur atau semacam pasir hisap, dan kemudian menyimpan berbagai macam benda yang jumlahnya tidak terbatas. Buat iblis ini juga membuat Caribou mampu dengan mudah menculik orang dengan cara “menenggelamkannya” ke rawa-rawa yang dia buat. Hal ini seperti yang diperlihatkan di arc pulau manusia ikan, di mana dia menculik beberapa duyung.

Semakin mereka berusaha untuk keluar dari sana, semakin cepat dan dalam mereka akan terhisap atau tenggelam. Hal ini juga yang mungkin terjadi kepada Vegapunk. Dalam chapter 1074 dijelaskan jika Shaka tidak mampu melihat atau mengetahui keberadaan Vegapunk yang asli. Dalam spekulasi ini dijelaskan jika ucapan Shaka tersebut kemungkinan adalah petunjuk jika Vegapunk kemungkinan sudah diculik. Dan dengan menggunakan kekuatan buah iblisnya, Caribou kemudian menjadi penculik dari Vegapunk.

Dibawa ke Tempat Lain

Pertanyaannya kemudian adalah ke mana Caribou kemudian membawa Vegapunk pergi? Meskipun masih jadi tanda tanya besar, bisa jadi Caribou akan membawa Vegapunk pergi ke markas Cross Guild. Mengapa Cross Guild? Apa kaitannya dengan kelompok tersebut? Di akhir arc Wano saat Caribou mencuri dengar tentang Pluton dari percakapan kru Topi Jerami, dia sempat menjelaskan bahwa dia perlu menyampaikan informasi tersebut kepada “pria” itu.

Sampai sekarang, siapa sosok pria tersebut atau siapa sosok yang dimaksud oleh Caribou masih misterius. Namun, banyak fans sendiri meyakini jika sosok yang dimaksud adalah Crocodile. Dialah “bos” atau “atasan” dari Caribou, yang mungkin memintanya untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang Pluton. Dan seperti yang kita ketahui, Crocodile memang sangat tertarik dengan salah satu Senjata Kuno tersebut.

Hal tersebut bisa kita lihat di arc Alabasta, di mana Crocodile dan kelompok Baroque Works mencoba untuk mencari keberadaan Senjata Kuno itu. Berdasarkan asumsi tersebut, bisa jadi Caribou akan membawa pergi Vegapunk ke tempat persembunyian atau markas dari Cross Guild, kelompok yang dibangun oleh Crocodile dan Dracule Mihawk. Mereka tentu akan terkejut dengan apa yang dibawa Caribou.

Apa yang kemudian akan dilakukan oleh para anggota Cross Guild terhadap Vegapunk memang masih jadi pertanyaan. Namun, mungkin dia bisa menciptakan berbagai penemuan epik yang tidak terpikirkan sebelumnya. Di sisi lain, keberadaanya di pulau Karaibari, yang jadi markas Cross Guild, juga bisa jadi tempat aman bagi Vegapunk untuk bersembunyi dari kejaran World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.