Beberapa waktu lalu, James Gunn resmi terpilih sebagai pemimpin baru DC Studios. Sebagai pemimpin baru, James Gunn mendapat tugas untuk merancang DC Universe agar mampu bersaing dengan MCU. Tetapi sebelum melanjutkan tugasnya di DC Studios, dia harus lebih dulu merampungkan film Guardians of the Galaxy 3, yang bakal rilis pada Mei mendatang.

Nah menariknya, James Gunn sempat mengkritik apa yang sering dilakukan Marvel Studios saat menggarap film MCU. Saat melakukan sesi wawancara dengan Gizmodo, James Gunn mengatakan pengalamannya saat bekerja bersama dengan Marvel Studios. Menurut Gunn, dia sangat menyukai banyak hal dari cara kerja yang dilakukan oleh Kevin Feige dan Marvel Studios dalam membangun MCU.

Tetapi Gunn memberikan kritik bahwa ada kebiasaan Marvel Studios yang masih terus dilakukan, yaitu terlalu banyak melakukan editing. “Marvel tidak membuat segalanya benar-benar berjalan sebelumnya. Tapi mereka melakukan banyak hal dengan sangat baik, salah satunya adalah tidak menyerah. Dan saya sangat menyukainya tentang Kevin Feige, Lou D’Esposito, dan yang lain. Saya telah melihat mereka mengubah film buruk menjadi film oke, film oke menjadi film bagus, dan film bagus menjadi film hebat karena mereka tidak pernah berhenti.”

Gunn kemudian menambahkan. “Mereka (Marvel Studios) akan memberikan apapun yang mereka butuhkan untuk membuat filmnya sebagai mungkin. Dan mereka akan mengedit sehari sebelum pemutaran perdana. Itu banyak. Terlalu banyak.” Gunn mengomentari kebiasaan Marvel Studios bahwa mereka selalu mengedit filmnya sampai menit terakhir sebelum rilis, dan itu dianggap sebagai kebiasaan buruk.

Mengingat dunia sinematik Marvel yang sangat luas, maka masuk akal jika banyak perubahan besar yang dilakukan Marvel Studios saat akan merilis filmnya. Bahkan mereka sudah beberapa kali melakukan proses syuting ulang agar filmnya berakhir dengan baik. Namun sepertinya, cara yang Marvel Studios lakukan dianggap terlalu riskan, sehingga memicu kritik dari James Gunn.

Setelah Guardians of the Galaxy 3 dirilis, James Gunn benar-benar resmi hengkang dari MCU dan benar-benar akan berfokus kepada DC Studios, yang tengah mengembangkan DC Universe. Dan ketika itu terjadi, James Gunn bisa belajar dari kesalahan yang biasa dilakukan oleh Marvel Studios.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/