Film-film terbaru bertema superhero sepertinya masih akan mendominasi dalam beberapa tahun kedepan. Marvel Studios dan DC Studios sudah mengumumkan rencana jangka panjang mereka untuk berbagai proyek film yang akan datang. Misalnya, Marvel Studios sudah siap dengan film Blade, Deadpool 3, dan sebagainya. Hal yang sama juga dialami oleh DC Studios.

Beberapa waktu lalu, Co-CEO dari DC Studios, James Gunn, mengungkapkan berbagai film-film yang akan masuk dalam phase perdana dari DC Univese. Meskipun harus diakui jika film-film superhero produksi Marvel dan DC masih berkuasa, namun ada juga beberapa film superhero non-DC dan Marvel yang siap bersaing pada masa yang akan datang. Berikut adalah beberapa diantaranya.

The Old Guard 2 – 2023

Cerita tentang Andromache of Scythia alias Andy dan timnya yang juga bisa hidup abadi akan kembali hadir di tahun 2023 ini. The Old Guard merupakan film adaptasi dari komik dengan judul yang sama karya Greg Rucka yang tayang pada 2020 kemarin di Netflix. Filmnya kemudian mendapatkan sambutan yang cukup positif, di mana pihak Netflix memberikan lampu hijau untuk sekuelnya.

Proses produksinya sendiri sudah berjalan sejak tahun kemarin. Para karakter lama akan kembali muncul di filmnya. Namun, ada juga karakter baru yang muncul seperti Uma Thurman dan Henry Golding. Tidak diketahui kapan jadwal pasti perilisan filmnya, namun kabarnya film ini akan dirilis pada tahun sekarang. The Old Guard 2 juga kemungkinan masih akan melanjutkan misteri besar yang muncul di akhir film pertamanya.

Nimona – 2023

Nimona merupakan salah satu film superhero non-DC dan Marvel yang akan muncul di tahun 2023 ini. Platform streaming Netflix akhirnya siap menayangkan adaptasi dari novel grafis karya ND Stevenson, Nimona. Proyek ini awalnya dikembangkan oleh 20th Century Fox sebelum kemudian proyeknya dibatalkan oleh Disney. Dan Netflix menghidupkan kembali rencana proyek Nimona.

Kabarnya, film animasi superhero ini akan segera tayang pada musim panas 2023. Sederet nama-nama besar Hollywood ikut menyumbangkan suara mereka, mulai dari Chloe Moretz, Riz Ahmed, dan bahkan Eugene Lee Yang. Nimona sendiri adalah film yang berkisah tentang seorang gadis yang memiliki kekuatan shapeshifting atau berubah wujud. Dia kemudian dimintai bantuan oleh seorang ksatria untuk membuktikan bahwa ksatria tersebut tidak melakukan tindakan kriminal yang dituduhkan kepadanya.

The Crow – TBD

The Crow merupakan sebuah proyek film reboot dengan judul yang sama, yang diadaptasi dari film yang tayang pada 1994. The Crow sendiri merupakan salah satu film superhero yang cukup fenomenal, bahkan hingga sekarang. Menurut informasi yang diketahui sejauh ini, Jason Momoa sempat akan berperan sebagai Eric Draven. Bahkan, yang menarik adalah dari serangkaian proses pra produksi, seperti makeup dan camera test, memperlihatkan jika Momoa sangat pas sebagai Eric Draven.

Terakhir kali informasi mengenai proyek filmnya muncul pada 2016 lalu, dan semuanya nampak baik-baik saja. Sampai kemudian berbagai masalah muncul mulai dari keuangan, skrip, hak cipta, yang membuat Jason Momoa akhirnya mundur dari peran ini. Dalam proyek terbaru The Crow, Bill Skarsgard yang akan berperan sebagai Eric Draven. Dan kabarnya, cerita yang dihadirkan akan sangat berbeda dari sebelumnya.

Invincible – TBD

Pada 2017 lalu, The Hollywood Reporter sempat melaporkan jika film yang diadaptasi dari komik karya Robert Kirkman, Invincible, akan segera dibuat. Rumah produksi Universal menjadi pihak yang menginisiasi ide tersebut, dan mereka sudah menunjuk Seth Rogen dan Evan Goldberg untuk menulis dan menyutradarai adaptasi tersebut. Sampai sekarang, proyek ini masih dalam pengembangan.

Pada Januari kemarin, Kirkman sempat memberikan kabar terbaru tentang proyek filmnya. Menurutnya, proyek ini masih tetap berjalan sampai sekarang. Memang dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengerjakan proyek tersebut, dan para petinggi di Universal sendiri masih sangat antusias dengan proyeknya. Kirkman juga menyebutkan jika dia berusaha untuk menyelesaikan proyek film ini secepat mungkin.

Spawn – TBD

Film reboot dari Spawn karya Todd McFarlane sempat dilaporkan harus mengalami banyak kendala produksi. Ini yang jadi salah satu alasan mengapa kemudian proyek filmnya harus tertunda dalam waktu yang lama. Namun, berdasarkan laporan dari The Hollywood Reporter, sepertinya proyek film ini sudah mulai berjalan ke arah yang tepat. Hal ini berkat pihak rumah produksi, Blumhouse, menambahkan tiga penulis baru.

Informasi yang diketahui sejauh ini adalah Jamie Foxx yang akan menjadi protagonis utama di filmnya nanti. Jeremy Renner juga dikabarkan akan berperan sebagai detektif Twitch Williams, meskipun masih perlu diketahui lebih lanjut apakah dia masih akan terlibat dalam proyeknya. Pihak Blumhouse sendiri sudah sejak 2017 coba untuk melakukan reboot filmnya, namun berbagai kendala akhirnya harus membuat film ini tertunda.

Green Hornet – TBD

Green Hornet adalah salah satu pahlawan super klasik non-DC dan Marvel, yang sempat populer di era 1960an. Pada era tersebut TV series Green Hornet dibintangi oleh Van Williams sebagai Britt Reid dan Bruce Lee sebagai Kato. Pada 2011 lalu, sempat muncul film reboot dari Green Hornet yang ditangani oleh Sony. Seth Rogen dan Jay Chou jadi bintang utama di film itu.

Sayangnya, film komedi aksi tersebut tidak laku dipasaran. Namun, muncul kabar jika Green Hornet akan kembali dihadirkan oleh pihak Paramount. Tidak ada informasi siapa yang akan jadi protagonis utama dan sidekick-nya. Sejauh ini, informasi yang diketahui adalah judul proyek filmnya adalah “Green Hornet and Kato” serta David Koepp yang akan jadi penulis naskah skripnya dan Leigh Whannell akan jadi sutradara filmnya.

Incorruptible – TBD

Netflix juga memiliki proyek film superhero non-DC dan Marvel lainnya yang akan tayang di platform mereka. Film Incorruptible merupakan adaptasi dari dua judul komik yang dihadirkan dari BOOM! Studios, yaitu Irredeemable dan spinoffnya, Incorruptible. Penulis sekaligus juga nominator Oscar, Kemp Powers, sudah ditunjuk untuk mengerjakan proyek adaptasi ini.

Irredemeemable merupakan komik karya Mark Waid dan Peter Krause, di mana ceritanya memperlihatkan ketika pahlawan terhebat di dunia akhirnya berubah menjadi jahat karena tekanan yang sangat besar. Sedangkan spinoffnya, Incorruptible, menghadirkan kebalikan dari komik utamanya. Max Damage merasa bertanggung jawab atas berubahnya sang pahlawan terhebat menjadi seorang villain. Max justru berubah menjadi pahlawan dengan berusaha untuk menghentikan sang mantan pahlawan.

Super Crooks – TBD

Film superhero non-DC dan Marvel yang akan tayang di Netflix adalah Super Crooks. Film ini merupakan adaptasi live-action dari seri animasi dengan judul yang sama. Super Crook sendiri pertama kali dirilis pada 2012 dalam versi komik, dan dikerjakan oleh Mark Millar dan Leinil Francis Yu. Super Crook sendiri berkisah tentang seorang penjahat bernama Johnny Bolt, yang merekrut para penjahat dengan kekuatan super.

Bolt ingin menghadirkan satu aksi terakhir yang besar dan luar biasa, sebelum kemudian memutuskan untuk pensiun. Pengembangan dari proyek film ini sendiri sebenarnya sempat terhenti. Namun, pada 2017, pasca Netflix mengakusisi Millarworld mereka pun mulai merencanakan untuk menghadirkan versi live-action. Kabar terakhir sendiri muncul pada 2021, di mana Mark Millar menyebutkan bahwa proyek film ini masih berjalan dengan baik.

Di tengah-tengah gempuran berbagai film produksi Marvel Studios dan DC Studios, ternyata masih ada banyak proyek film superhero lainnya yang juga tidak kalah menarik. Tentunya akan sangat menarik jika berbagai proyek film ini bisa terwujud mengingat berbagai film tersebut akan memberikan warna yang berbeda bagi genre adaptasi ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.