Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan menjadi bintang MCU, para aktor atau aktris Hollywood biasanya akan langsung mendapatkan eksposure yang sangat tinggi dari penggemar seluruh dunia. Sayangnya hal tersebut tidak berlaku kepada sejumlah aktor yang sempat memerankan karakter penting di MCU, tetapi akhirnya dipecat karena alasan yang beragam. Pada akhirnya mereka justu digantikan oleh aktor lain yang sampai hari ini masih memegang perannya dan dianggap telah berhasil membuat karakternya menjadi lebih baik, setidaknya untuk kelangsungan MCU. Berikut ini para aktor dan aktris yang dipecat dan kemudian digantikan perannya oleh Marvel Studios di MCU!

Terrence Howard

Saat MCU pertama kali berdiri dengan film Iron Man (2008), Terrence Howard sebenarnya bisa dibilang sudah berhasil mengamankan peran besar MCU dengan berperan sebagai James Rhodes. Rhodes yang sering dipanggil Rhodey oleh sahabtanya Tony Stark ini sejak awal memang sudah direncanakan untuk kembali di film Iron Man 2 sebagai War Machine. Namun, saat filmnya tayang ternyata yang memerankan karakternya bukanlah Howard, melainkan Don Cheadle. Alasannya karena pada saat itu Marvel menolak permintaan Howard yang ingin dibayar lebih mahal di film kedua Iron Man. Sekarang, Cheadle sendiri justru direncanakan akan kembali dengan tayangan solonya yang berjudul Armor Wars.

Edward Norton

Advertisements

Sadarkah kalian, Geeks, bahwa setelah sukses dengan film Iron Man (2008), sebenarnya Marvel Studios pernah merilis film The Incredible Hulk sebagai bagian awal dari Fase pertama MCU. Sayangnya tidak banyak yang menyadari hal tersebut karena pemeran utama Bruce Banner alias Hulk di filmnya bukanlah Mark Ruffalo seperti sekarang. Pemeran Bruce sebelumnya tidak lain adalah Edward Norton, yang belum lama ini membintangi film Glass Onion: A Knives Out Mystery (2022). Kabarnya alasan Marvel memecat Norton dari MCU adalah karena dia terlalu banyak ikut campur dalam pengerjaan The Incredible Hulk. Sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menggantinya dengan Ruffalo.

Hugo Weaving

Penggemar setia MCU mungkin sudah tahu bahwa Hugo Weaving adalah aktor yang berhasil memerankan villain Red Skull di film Captain America: The First Avenger (2011). Karakternya sendiri sempat diceritakan menghilang karena Cosmic Cube sampai akhirnya kembali sebagai hantu penjaga Souls Stone di planet Vormir, tepatnya di film Avengers: Infinity Wars (2018). Namun tahukah kalian bahwa di Infinity Wars karakter Red Skull sebenarnya sudah tidak dimainkan oleh Weaving, melainkan disuarakan oleh Ross Marquand. Alasannya kurang lebih sama seperti Howard, di mana Weaving tidak mendapatkan kesepakatan yang cukup dengan Marvel.

Josh Dallas

Aktor selanjutnya yang pernah mendapatkan peran besar, tetapi akhirnya dipecat dari MCU adalah Josh Dallas yang sebelumnya memerankan karakter Frandal di film pertama Thor (2011). Sebagai pengingat, Fandral sendiri adalah sahabat Thor sekaligus Asgardian tangguh yang dikenal sebagai anggota Warriors Three bersama Hogun dan Volstagg. Dallas sebenarnya direncanakan untuk kembali mengulang perannya di film Thor: The Dark World (2013), tetapi tidak bisa karena sibuk dengan proyek film lain. Karena hal tersebut Marvel akhirnya memutuskan untuk merekrut Zachary Levi, pemeran Shazam di DCU, untuk memerankan Fandral sampai karakternya mati di film Thor: Ragnarok (2017).

Advertisements

Damion Poitier

Jauh sebelum Josh Brolin terkenal sebagai pemeran Titan Thanos di film crossover Avengers: Infinity Wars dan Endgame (2019), aktor Damion Poiter sebenarnya sudah lebih dahulu memerankan sang Mad Titan untuk cameo di film The Avengers (2012). Bedanya dengan aktor lain yang dipecat dari MCU, Poiter justru ditunjuk untuk memerankan Thanos karena pada saat itu Marvel masih belum mengetahui akan seperti apa penampilan dan aksi Thanos di akhir Infinity Saga MCU. Ketika tiba waktunya bagi Thanos untuk tampil lebih sering, Marvel akhirnya mengumumkan Josh Brolin sebagai pemeran sesungguhnya.

Katherine Langford

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa aktris Katherine Langford sebenarnya pernah beradu akting dengan pemeran Tony Stark, Robert Downey Jr., untuk sebuah adegan di film Avengers: Endgame. Dia berperan sebagai Morgan Stark versi dewasa yang bertemu dengan Tony di Soul World untuk sebuah adegan yang dihapus dari filmnya. Tadinya mungkin penampilan Langford dimaksudkan untuk membuat kepergian mendiang Tony lebih dramatis. Alih-alih menayangkan adegannya, Marvel justru tetap bertahan dengan aktris cilik Lexi Rabe sebagai Morgan muda menjelang akhir Endgame.

Emma Fuhrmann

Aktor yang belum lama ini dikabarkan dipecat oleh Marvel secara sepihak adalah Emma Fuhrmann yang sebelumnya tampil sebagai versi remaja Cassie Lang di film Avengers: Endgame. Penampilan Fuhrmann pada saat itu bisa dibilang cukup berdampak pada perjalanan hidup Scott Lang alias Ant-Man yang diperankan oleh Paul Rudd. Sayangnya, ketikan Marvel mengumumkan jajaran pemeran film ketiga Scott yang berjudul Ant-Man and the Wasp Quantumania, Fuhrmann justru digantikan oleh aktris Kathryn Newton. Di film MCU yang akan tayang pada tanggal 17 Februari ini, Newton dipastikan akan mendapatkan peran yang lebih besar sebagai Cassie Lang.

Itulah para aktor yang dipecat Marvel Studios dan akhirnya digantikan oleh orang lain di MCU. Terlepas dari proses pemecatannya, entah secara langsung maupun tidak, sebenarnya para aktor ini bisa dibilang hampir mendulang popularitas dengan peran ikonisnya di MCU. Namun, terima atau tidak, pada akhirnya justru mereka digantikan oleh aktor lain yang mungkin merasakan sedikit manisnya upaya dari para aktor terdahulu. Karena sekarang para aktor barunya tinggal melanjutkan peran yang sudah lebih dahulu terkenal di kalangan penggemar.