Vegapunk mengatakan jika buah iblis berjenis Logia menjadi jenis buah iblis yang paling sulit untuk dia tirukan kekuatannya. Hal ini berbeda dengan dua jenis lainnya, Paramecia dan Zoan, di mana dia berhasil untuk menghadirkan tiruannya. Sayangnya, Vegapunk sendiri tidak menjelaskan apa yang kemudian menjadi alasan dia sulit untuk menirukan kekuatan buah iblis Logia.

Vegapunk menjadi salah satu ilmuwan yang mencoba untuk menirukan kekuatan buah iblis dalam cerita One Piece, selain sosok Caesar Clown. Namun, dibandingkan Caesar memang penelitian yang dilakukan oleh Vegapunk jauh lebih berhasil. Buktinya adalah buah iblis Momonosuke serta kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Seraphim berkat menirukan kemampuan buah iblis Paramecia. Namun, mengapa kekuatan Logia sulit ditirukan

Apa Itu Logia?

Logia adalah salah satu jenis buah iblis yang banyak dianggap spesial. Mengapa? Karena, keberadaanya sangat langka. Buah iblis jenis ini biasanya memberikan kemampuan kepada mereka yang memakannya untuk berubah menjadi sebuah elemen atau kekuatan alam. Dan bahkan mereka juga memiliki kemampuan ntuk memanipulasi elemen tersebut. Contoh nyatanya adalah Mera Mera no Mi, Hie Hie no Mi, atau Pika Pika no Mi.

Ketiga buah iblis tersebut memberikan penggunanya kesempatan untuk bisa “berubah” menjadi api, es, dan juga cahaya dan mereka juga bisa memanipulasi elemen tersebut. Para pengguna Logia biasanya dianggap sebagai sosok yang terkuat, karena tidak semua orang mampu melukai mereka. Hal ini dikarenakan tubuh mereka yang “menyatu” dengan elemen alam tersebut.

Diketahui hanya mereka yang memiliki kemampuan Haki yang mampu mengalahkan atau mampu menahan serangan Logia. Contohnya adalah ketika Rayleigh yang mampu menahan serangan Kizaru atau Hancock dan Dragon yang mampu hentikan Smoker. Selain Haki, batu laut juga jadi salah satu cara lain untuk menetralkan kemampuan pengguna Logia.

Selain kedua hal di atas, yang menjadi kelemahan Logia juga adalah lawan dari elemen tersebut. Misalnya, Suna Suna no Mi milik Crocodile akan menjadi lemah ketika berhadapan dengan air. Hal ini sempat Oda perlihatkan dalam pertarungan Luffy menghadapi Crocodile di arc Alabasta.

Kenapa Sulit Ditirukan?

Dalam chapter 1070, Vegapunk kembali menjelaskan tentang buah iblis. Kali ini, dia menjelaskan tentang bagaimana cara membuat atau menirukan kekuatan buah iblis. Menurut Vegapunk, Zoan cenderung jenis buah iblis yang paling mudah. Namun, untuk subjenis Zoan seperti Mythical Zoan diperluka waktu dan sumber daya yang banyak karena sangat sulit.

Kemudian, jenis Paramecia juga bisa ditirukan karena untuk menciptakannya Vegapunk hanya memerlukan Lineage Factor atau DNA dari penggunanya. Dan Vegapunk kemudian menjelaskan jika jenis Logia menjadi yang paling sulit untuk ditirukan. Inilah alasan mengapa kemudian dia diketahui sejauh ini belum menciptakan tiruan dari kekuatan buah iblis Logia.

Lalu, apa yang kira-kira kemudian menjadi alasan buah iblis jenis Logia sulit ditirukan? Vegapunk sendiri memang tidak menjelaskan tentang alasannya, namun ada beberapa kemungkinan terkait hal ini. Misalnya, berbeda dengan Paramecia dan Zoan buah iblis Logia tidak memiliki Lineage Factor yang bisa ditirukan. Mengapa? Karena, kekuatan Logia merupakan elemen atau unsur alam.

Berbagai unsur alam seperti air, es, cahaya, dan sebagainya jelas tidak memiliki DNA seperti halnya para binatang atau kekuatan buah iblis Paramecia. Sedangkan, cara Vegapunk untuk menirukan kekuatan kedua jenis buah iblis tersebut sangat bergantung terhadap elemen itu. Jadi, rasanya masuk akal jika kemudian Vegapunk menyebutkan jika jenis Logia jadi yang paling sulit untuk ditirukan. Bahkan, bisa saja jenis buah iblis Logia mustahil untuk ditirukan.

Butuh Teknologi Khusus?

Selain karena faktor alamiah, seperti tidak adanya DNA yang bisa ditirukan oleh Vegapunk, kemungkinan lainnya mengapa jenis Logia sangat sulit ditirukan adalah karena butuh teknologi khusus. Dalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa mungkin teknologi canggih di era lampau yang jadi penyebab terciptanya buah iblis. Vegapunk sendiri menyebutkan jika pada era tersebut teknologi jauh lebih maju dari era saat ini.

Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan butuh sebuah teknologi khusus untuk bisa menciptakan buah iblis berjenis Logia. Teknologi khusus itulah yang masih jadi misteri. Dan ini juga yang jadi alasan mengapa Vegapunk tidak mampu membuat tiruan dari kekuatan buah iblis Logia. Karena, dia tidak memiliki teknologi tersebut atau belum berhasil mengetahuinya.

Mungkin, setelah Vegapunk mencari tahu lebih dalam tentang rahasia dunia dan juga buah iblis yang kemungkinan tercatat di Poneglyph yang ada di Laugh Tale, dia bisa saja mulai menciptakan teknologi yang bisa membantunya menirukan kekuatan dari buah iblis Logia. Apakah Vegapunk akan mampu menciptakan tiruan buah iblis Logia pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.