Royal Guard merupakan kelompok elit yang menjadi pemimpin dari penguasa di Soul Society, yaitu Soul King. Mereka adalah kelompok penjaga paling elit yang peringkatnya paling tinggi. Dalam seri Bleach karya Tite Kubo, Geeks mungkin lebih familiar dengan kelompok Gotei 13. Mereka adalah kekuatan militer utama di Soul Society, dan juga menjadi kelompok yang paling sering muncul dalam cerita.

Sesuai namanya, mereka terbagi menjadi 13 divisi yang bertanggung jawab terhadap semua aspek dan wilayah Soul Society. Tetapi, yang mungkin tidak banyak diketahui adalah ada kelompok militer lain di atas Gotei 13 yaitu Royal Guard atau Zero Division. Mereka memang kurang begitu dikenal karena jarang sekali muncul di publik. Dan mereka pun jarang terlibat dalam berbagai hal yang terjadi di Soul Society. Lalu, siapa Royal Guard?

Mengenal Royal Guard

Karena posisi atau peringkat mereka di atas Gotei 13, maka tugas dan kewajiban mereka pun berbeda. Jika kelompok Gotei 13 biasanya menangani berbagai kasus atau aktivitas keseharian yang terjadi di Soul Society, maka Royal Guard atau Zero Division terfokus untuk menjalankan tugas utama mereka yaitu menjaga sang pemimpin Soul City, Soul King.

Seperti yang Geeks ketahui, Soul Society adalah sebuah wilayah monarki yang dipimpin oleh raja yaitu Soul King. Dia tinggal di sebuah istana kerajaan, yang terletak tepat di atas Soul Society. Karena, secara teknis istana ini berada di sebuah dimensi yang lain, tidak heran jika kemudian keberadaan istananya jarang bisa terlihat dengan mata telanjang. Selain itu, ini juga alasan hanya segelintir orang yang bisa pergi ke istana tersebut.

Seperti namanya, kelompok Royal Guard adalah penjaga dari istana kerajaan dan juga penjaga dari sang raja. Dengan kata lain, mereka adalah bodyguard dari Soul king. Berbeda dengan Gotei 13 yang terdiri dari banyak sekali anggota, ada kurang lebih lima anggota untuk Royal Guard. Meskipun begitu, untuk urusan kekuatan, kelima Royal Guard ini bahkan jauh lebih kuat dari para kapten di Gotei 13.

Bukan hanya itu, semua anggota dario Royal Guard merupakan seorang shinigami yang sudah memberikan kontribusi besar terhadap Soul Society. Jadi, selain memiliki kekuatan yang dahsyat, kelima anggota Royal Guard juga adalah sosok penting dan berpengaruh dalam sejarah Soul Society. Lalu, siapa saja kelima anggota Royal Guard tersebut?

Ichibe Hyosube, Sang Pemimpin Royal Guard

Sebagai pemimpin dari Royal Guard, rasanya tidak terlalu berlebihan untuk menganggap Ichibe sebagai sosok shinigami paling kuat di seluruh Soul Society. Ketika seseorang bertemu untuk pertama kali dengan Ichibe, mungkin akan sulit untuk menjelaskan atau menggambarkan seberapa kuat sosok Ichibe. Pada dasarnya, dia nampak seperti seorang biksu berotot yang kuat.

Belum lagi Ichibe adalah sosok yang baik dan memiliki kepribadian yang mudah bergaul, membuat orang-orang mungkin berpikir bahwa dia hanyalah sosok biasa. Kekuatan dari Ichibe sendiri terletak di kemampuan uniknya. Dia merupakan pionir atau “pencipta” dari berbagai hal yang ada di Soul Society. Misalnya, dialah yang pertama kali yang berhasil mencapai Bankai.

Dia juga adalah pinoir untuk pedang Zanpakuto, Shikai, dan sebagainya. Dan yang juga jadi hal mengerikan dari Ichibe adalah ketika dia bertarung, dia akan berubah jadi sosok yang berbeda. Dia tidak akan segan menghabisi lawan-lawannya dengan sangat brutal.

Tenjiro Kirinji, Pemimpin Wilayah Timur

Tenjiro adalah anggota pertama dari Royal Guard. Dia adalah sosok yang tinggi dan juga cukup berotot secara penampilan. Namun, raut wajahnya seolah memperlihatkan dia selalu dalam keadaan yang bosan dan terganggu. Gaya rambutnya yang berjenis pompadour, menjadi perpaduan yang pas yang memberikan kesan jika Tenjiro adalah shinigami yang terlihat seperti seorang Yakuza.

Namun, seperti halnya Ichibe, penampilan bisa menipu. Terlepas dari sosoknya yang sangat ahli dalam sebuah pertarungan, Tenjiro sebenarnya memiliki keahlian dalam hal medis atau penyembuhan. Dialah yang berjasa besar terhadap berbagai hal medis yang ada di Soul Society misalnya dengan menciptakan teknik penyembuhan. Bahkan, dialah yang mengajarkan Unohana berbagai teknik penyembuhan. Dalam praktiknya, Tenjiro menggunakan kolam air panas buatannya yang mampu menyembuhkan berbagai luka hanya dalam hitungan jam.

Kirio Hikifune, Pemimpin Wilayah Selatan

Kirio Hikifune adalah anggota kedua Royal Guard dan salah satu anggota Royal Guard wanita. Dia memiliki tubuh yang gemuk dan selalu nampak tersenyum. Dia adalah sosok yang paling ramah dari semua Royal Guard. Hobinya adalah makan dan masak. Meskipun begitu, Kirio merupakan sosok yang sangat cerdas. Bahkan, sebelum menjadi bagian dari Royal Guard dia adalah kapten dari divisi 12.

Divisi 12 sendiri adalah divisi yang biasanya menangani riset dan pengembangan di Gotei 13. Kecerdasan dari Kirio berhasil membuatnya menjadi sosok yang menciptakan sebuah teknologi unik yaitu Artificial Soul. Ini merupakan sebuah benda yang mirip permen di mana seorang shinigami bisa menggunakannya untuk menyimpan jiwa makhluk hidup ke tubuh manusia mereka saat berada di bumi. Contoh nyatanya adalah Kon, yang merupakan wadah dari Ichigo Kurosaki.

Dengan kemampuannya untuk memasukan jiwa ke sebuah benda mati, membuat Kirio bisa memasukan Reiatsu atau energi ke dalam makanan. Sehingga, siapa pun yang memakan masakan buatan Kirio akan langsung mendapatkan tambahan kekuatan atau tenaga. Dan unilknya, setiap kali Kirio memasak makanan yang mengandung Reiatsu, tubuhnya akan semakin mengecil.

Oetsu Nimaiya, Pemimpin Wilayah Barat

Oetsu Nimaiya adalah anggota Royal Guard ketiga. Berbeda dengan para Royal Guard lainnya, kemampuan dan kekuatan terbesar dari Oetsu terletak pada keahliannya dalam berpedang. Zanpakuto merupakan bukti nyata dari kontribusi Oetsu terhadap Soul Society, dan juga menjadi bukti nyata lain bahwa dia adalah seorang ahli pedang yang sangat berpengalaman.

Oetsu menciptakan Asauchi, yang merupakan bentuk sempurna dari sebuah Zanpakuto. Kemampuan ini juga yang membuat Oetsu tahu kemampuan dan kekuatan dari Zanpakuto yang ada dalam cerita Bleach. Yang luar biasa adalah Oetsu jadi satu-satunya orang yang mampu untuk memperbaiki Zanpakuto yang hancur atau patah. Berkat kemampuannya dalam hal pedang, Oetsu sering kali disebut sebagai Dewa pedang (God of the Sword).

Senjumaru Shutara, Pemimpin Wilayah Utara

Terakhir adalah Senjumaru Shuutara, anggota keempat dari Royal Guard. Mungkin, dari semua anggota Royal Guard dialah penampilannya yang paling mencolok. Hal ini berkat penampilan fisiknya yang nampak menawan dan cantik. Belum lagi dia memiliki tiga pasang lengan buatan yang terpasang di bagian belakang tubuhnya. Meskipun begitu, dia sering kali mengungkapkan kata-kata pedas.

Senjumaru adalah pencipta dari semua pakaian yang dikenakan oleh para Shinigami yang bernama Shihakusho. Namun, karya terbaiknya adalah pakaian Oken yang dia sengaja ciptakan khusus untuk para Royal Guards. Pakaian ini selain menjadi jembatan yang mudah antara istana kerajaan dan Soul Souciety, juga memberikan perlindungan kepada penggunanya. Pada intinya, Senjumaru mirip seperti Oetsu di mana dia bisa melakukan apa pun atau menciptakan apa pun. Hanya saja, Senjumaru lebih fokus ke pakaian dan bukan pedang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.