Siapa tiga sosok Seraphim lainnya yang belum muncul dalam cerita di seri manga One Piece? Apakah mereka sama-sama merupakan mantan Shichibukai atau Vegapunk berhasil menirukan sosok legendaris lain? Seraphim saat ini masih menjadi perbincangan hangat para fans. Wajar memang mengingat kedahsyatan kekuatan dari Seraphim. Hal ini bisa kita lihat di chapter sebelumnya.

Seraphim bahkan berhasil membuat sosok Blackbeard panik saat berada di pulau Amazon Lily. Seraphim sendiri menjadi senjata baru bagi pihak angkatan laut dan juga World Government. Mereka merupakan hasil pengembangan dari unit khusus di angkatan laut yang mana Vegapunk menjadi pemimpinnya, yaitu SSG. Namun, Oda Sensei masih belum menghadirkan semua Seraphim dalam ceritanya.

Seraphim Yang Sudah Muncul

Secara singkatnya, Seraphim merupakan versi yang jauh lebih kuat dari model Pacifista sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, Pacifista merupakan teknologi buatan Vegapunk untuk angkatan laut. Tujuannya adalah sebagai kekuatan tambahan bagi para angkatan laut demi menangkap berbagai bajak laut kuat, misalnya para mantan Shichibukai. Kemunculan Pacifista sendiri pertama kali terjadi di arc Sabaody

Pacifista model terbaru yang memiliki nama ‘Seraphim’ ini merupakan hasil pengembangan dari SSG atau Special Science Group. Mereka merupakan peningkatan versi yang jauh lebih dahsyat dari Pacifista. Seraphim pertama kali muncul di chapter 1059 kemarin, ketika pihak angkatan laut hendak menangkap Boa Hancock. Nampak dua Seraphim muncul dan berhasil menghancurkan pulau Amazon Lily.

Bahkan, keduanya berhasil mengalahkan Hancock, para suku Kuja, dan bertahan dari serangan Blackbeard. Berdasarkan hal tersebut, level kekuatan Seraphim rasanya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ada kemungkinan Seraphim jauh lebih kuat dari sosok Shichibukai. Sampai chapter 1069 kemarin, Oda Sensei baru menghadirkan empat Seraphim dalam ceritanya.

Mereka adalah S-Shark, S-Bear, S-Snake, dan S-Hawk. Untuk saat ini, masih belum diketahui pasti berapa banyak Seraphim yang sudah Vegapunk buat. Namun, dalam chapter 1066 kemarin terdapat sebuah detail menarik yang mungkin terlewatkan oleh Geeks semua. Dalam salah satu panel di mana Shaka dan kelompok Topi Jerami berada, terdapat sebuah ruangan dengan angka.

Nampak angka ‘5,’ ‘6,’ dan ‘7’ yang belum terbuka. Artinya, kemungkinan besar Vegapunk hanya membuat 7 Seraphim. Namun, bukan hal mustahil juga jika ada Seraphim lainnya yang belum diperkenalkan tersimpan di suatu tempat. Misalnya di Mary Geoise. Mereka menjadi salah satu senjata andalan Gorosei.

Inikah Sosok Seraphim Lainnya?

Dengan asumsi bahwa Vegapunk membuat 7 Seraphim, dan sudah 4 Seraphim yang muncul dalam ceritanya, maka tersisa 3 Seraphim lainnya yang belum muncul. Lalu, kira-kira siapa sosok Seraphim lainnya yang belum muncul tersebut? Terdapat beberapa kemungkinan yang muncul untuk hal ini. Pertama, Vegapunk mungkin “menirukan” posisi Shichibukai yang asli.

Jika memang demikian, maka artinya tiga sosok Seraphim lainnya tersebut kemungkinan adalah Gecko Moria (S-Gecko), Donquixote Doflamingo (S-Flamingo), dan juga Crocodile (S-Croco). Doflamingo dan Crocodile mungkin adalah dua karakter yang peluang dibuatkan Seraphimnya paling tinggi dari ketiga ini. Mengapa? Doflamingo dan Crocodile adalah dua karakter yang memiliki kekuatan dahsyat di ceritanya.

Sedangkan, Moria adalah karakter yang dianggap sebagai Shichibukai paling lemah sehingga kecil kemungkinan dibuatkan Seraphimnya. Kedua, mungkin juga Vegapunk mengambil DNA dari para Shichibukai lainnya. Seperti yang Geeks ketahui, posisi Shichibukai sempat kosong dan diisi beberapa karakter. Misalnya, Blackbeard, Law, dan juga Buggy.

Dari ketiga karakter dalam kemungkinan ketiga, Blackbeard dan Law adalah karakter yang paling besar peluangnya untuk dibuat versi Seraphim. Vegapunk dan World Government tentunya sudah mengetahui sedahsyat apa sosok Blackbeard, yang mana dia jadi satu-satunya manusia yang bisa miliki dua kekuatan buah iblis sekaligus. Apalagi, momen tersebut sempat juga tersiarkan ke seluruh dunia saat perang di Marineford.

Kemudian, Law adalah sosok yang memiliki kekuatan buah iblis Ope Ope no Mi yang mana buah iblis tersebut menjadi salah satu buah iblis yang paling diincar oleh World Government. Hal ini karena kekuatan Youth Surgery yang membuat seseorang bisa hidup abadi. Dengan menirukan kekuatan buah iblisnya, Seraphim Law bisa jadi sama mengerikannya dengan versi asli.

Ada Sosok Legendaris?

Selain dua kemungkinan di atas, ada juga kemungkinan ketiga di mana Seraphim sisanya yang belum muncul bukan menirukan sosok Shichibukai melainkan sosok legendaris lain. Contohnya adalah Shimotsuki Ryuma. Di dunia One Piece, nama Ryuma sangat tersohor sebagai dewa pedang dan juga pelindung Wano. Dalam sebuah cerita, dia bahkan sanggup untuk membunuh seekor naga.

Kepopuleran Ryuma bahkan sampai ke telinga orang-orang di luar Wano. Karena itulah, bisa jadi Vegapunk membuat Seraphim versi sosok legendaris seperti Ryuma. Selain Ryuma, sosok legendaris lainnya yang mungkin dibuat Seraphimnya adalah Rocks D. Xebec. Dalam artikel sebelumnya, ada penjelasan mengenai teori bahwa bisa jadi Rocks belum tewas seperti yang diceritakan.

Sosok Rocks mungkin diawetkan atau disimpan di level 5 penjara Impel Down agar suatu saat bisa kembali “dimanfaatkan” kekuatannya oleh World Government. Jika memang demikian, bukan hal mustahil bagi Vegapunk dan World Government untuk menciptakan Seraphim Rocks. Mereka bisa mengambil DNA milik Rocks dengan mudah dan kemudian menciptakan kloningnya.

Jadi, kesimpulannya adalah sejauh ini tersisa tiga Seraphim yang belum muncul. Dan ada beberapa kemungkinan karakter yang akan muncul sebagai tiga sosok Seraphim yang belum Oda perkenalkan dalam ceritanya. Kemungkinan pertama Vegapunk akan menghadirkan karakter Shichibukai lainnya atau bisa jadi Vegapunk memiliki Seraphim dari karakter legendaris. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.