Dalam dunia One Piece yang sangat luas dan luar biasa ini, kita diperkenalkan dengan berbagai macam karakter yang muncul di ceritanya. Mereka memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai segi, mulai dari desain sampai sifat dan karakternya. Dan yang menarik adalah di cerita One Piece sendiri terdapat beberapa ras atau suku, contohnya ras manusia duyung atau manusia ikan.

Namun, selain manusia dan juga para ras yang ada dalam ceritanya, seri One Piece juga menghadirkan berbagai spesies untuk para hewannya seperti dalam kehidupan nyata. Misalnya mamalia atau hewan melata. Meskipun begitu, Oda juga ternyata memperkenalkan spesies hewan lainnya yang tidak kalah menarik dari ras yang ada di serinya.

Harudako

Harudako merupakan kata dalam bahasa Jepang yang berarti “Springtopus” atau gurita musim semi. Ukurannya sangat besar, bahkan melampaui ukuran manusia pada normalnya. Habitat Harudako sendiri ada di wilayah pantai Wano dan hanya bis kita temui sejauh ini hanya di Wano. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai berapa jumlah mereka di Wano atau di luar Wano atau informasi lainnya.

Yang unik adalah Harudako memiliki kemampuan untuk memanggil sekelompok ikan koi dengan suara khas mereka, yang mirip dengan suara dalam pertunjukan Kabuki. Yang juga tidak kalah unik adalah beberapa Harudako memiliki profesi sebagai pembasuh badan atau kepala di pemandaian umum. Misalnya ketika Shinobu pergi ke pemandian umum, nampak Harudako membantunya untuk membersihkan diri.

Yumegoi (Dreamkoi)

Yumegoi merupakan sebuah spesies ikan Koi yang memiliki ukuran tubuh raksasa. Bahkan, ukuran mereka jauh lebih besar dari sebuah kapal. Ikan koi ini ada di air terjung perbatasan Wano. Biasanya, mereka akan membantu para bajak laut atau siapa pun yang hendak memasuki wilayah Wano dengan membiarkan kapalnya berada di atas tubuh mereka. Sesuai namanya, ikan Koi ini memiliki mimpi besar.

Di dalam lubuk hati terdalam mereka, ikan Koi tersebut bermimpi untuk menjadi seekor naga. Hal ini mengacu pada cerita mitologi kuno di wilayah Timur tentang seekor ikan yang berubah menjadi naga. Di sisi lain, hal ini juga banyak membuat para fans berpikir bahwa Kaido bisa jadi merupakan perwujudan dari hal tersebut. Dia merupakan pengguna buah iblis air pertama di serinya.

Madsaurus

Sebuah spesies dari dinosaurus yang merupakan milik dari kelompok bajak laut Beast. Mereka sengaja mendatangkan langsung dinosaurus ini dari luar Wano. Mereka memiliki taring dan gigi yang sangat tajam untuk memangsa buruan mereka. Badan mereka juga mirip seekor dinosaurus raptor dengan bentuk kepala yang mirip ular. Yang menarik adalah Madsaurus mampu bergerak dengan sangat cepat.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Madsaurus menjadi alat transportasi bagi kelompok bajak laut tersebut. Bahkan, kelompok Hawkins juga mengendarai spesies ini. Luffy pernah menghajar salah satu anggota Beast yang kemudian tidak sengaja menembak Madsaurus. Ledakan pun kemudian muncul pasca tembakan tersebut.

Berbagai macam spesies binatang yang ada di One Piece merupakan salah satu hal yang menjadi keunikan sendiri bagi serinya. Mereka memberikan warna yang berbeda bagi serinya, yang mana seri lainnya mungkin belum tentu bisa melakukannya. Menarik tentunya untuk melihat ada spesies apa lagi yang akan Oda hadirkan di pulau selanjutnya atau di arc selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.