Dari sekian banyak karakter di DC Universe, The Dark Knight alias Batman adalah salah satu superhero yang terkenal karena kemisteriusannya. Meskipun semua penggemar tahu bahwa Bruce Wayne adalah orang di balik topeng Batman, tetapi hal tersebut tidak berlaku di semestanya. Karena Bruce selalu berusaha menutupi identitas rahasianya dari semua lawan maupun kawan. Hanya orang-orang terdekatnya saja yang bisa mengetahui identitas asli Batman. Walupun begitu, ternyata dalam sejarah DC ada sejumlah villain yang cukup beruntung karena berhasil menguak identitasnya. Siapakah mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Kenali Justice Society of America, Tim Super Pertama DC!

Lex Luthor

Dari sekian banyak villain di DC Universe, Lex Luthor adalah orang yang berani mengungkap identitasnya ke publik. Dan musuh bebuyutan Superman ini ternyata mencoba menerapkan hal serupa kepada Batman. Di mana dengan kekayaan dan kecerdasannya, Lex akhirnya dapat mengungkap siapa orang di balik topeng Batman. Setelah dia bersama tim Crime Syndicate-nya lebih dahulu menculik dan mengungkap identitas Dick Grayson sebagai Nightwing, dengan cepat Lex langsung menyadari bahwa ayah angkatnya, Bruce Wayne, adalah sang Caped Crusader di Kota Gotham.

Bane

Siapa yang tidak mengenal Bane? Supervillain berotot ini adalah orang pertama yang berhasil mematahkan punggung Batman. Meskipun banyak orang mengira Bane sebagai sosok yang hanya mengandalkan otot, tetapi pada kenyataanya dia cukup cerdas untuk bisa mengetahui identitas asli The Dark Knight. Di kisah Knightfall, hanya dengan melihat garis rahang The Dark Knight, Bane dapat mengetahui bahwa orang di balik topeng tersebut tidak lain adalah Bruce. Sejauh ini hanya Bane saja yang terbukti bisa menggunakan metode ini untuk mengetahui identitas Bruce Wayne di DC Universe.

BACA JUGA: Mengenal God Squad, Tim Dewa di Marvel!

Riddler

Dari sekian banyak musuh, Edward Nygma alias Riddler adalah villain yang terkenal karena kecerdasannya dalam menciptakan teka-teki sulit. Karena hal tersebutlah dia juga dapat dengan mudah menjawab teka-teki di balik indentitas Batman. Peristiwa pengungkapannya ini terjadi di komik Hush, di mana Riddler menggunakan segenap kecerdasannya untuk mengungkap identitas asli Batman dan mulai mengancamnya. Bruce Wayne sendiri sampai mengakui kecerdasan Riddler karena dia telah berhasil mengetahui identitasnya.

Deathstroke

Slade Wilson alias Deathstroke adalah karakter yang sejak awal debutnya sudah menjadi rival bagi Batman. Dalam salah satu kisah pada tahun 1992, Deathstroke pernah tiba-tiba muncul di rumah Bruce, Wayne Manor, untuk meminta bantuan kepada Batman. Sementara DC tidak menjelaskan bagaimana Deathstroke bisa mengetahui identitas asli Batman, tetapi kemungkinan dia menyadarinya setelah mengetahui identitas Robin di kisah Teen Titans ‘The Judas Contract’. Pada titik inilah dia mungkin akhirnya menyadari bahwa Bruce Wayne adalah ayah angkat Robin sekaligus Batman.

BACA JUGA: Marvel: 7 Dewa yang Paling Banyak Membunuh!

Joker

Terakhir, villain yang terbukti mampu menguak identitas asli Batman tidak lain adalah musuh bebuyutannya, yaitu Joker. Banyak sekali kisah DC yang menceritakan bahwa Joker tiba-tiba bisa mengetahui identitas asli Batman. Hal tersebut sebenarnya cukup masuk akal, mengingat Joker adalah villain gila yang sulit untuk diprediksi tindak-tanduknya. Apalagi dia adalah musuh yang paling sering berurusan dengan Batman, sehingga cukup masuk akal jika akhirnya Joker mengetahui bahwa Batman adalah Bruce Wayne. Walaupun begitu, bagi Joker sendiri, tidak penting mengetahui siapa Bruce Wayne, karena satu-satunya yang menarik perhatian dia hanyalah The Dark Knight bukan orang di balik topengnya.

Itulah para villain di DC Universe yang mengetahui siapa identitas asli Batman. Menariknya, para vilain ini sama sekali tidak pernah dengan sengaja mengumumkannya ke publik. Melainkan sengaja menyimpannya sendiri sambil membuktikan bahwa mereka lebih unggul setelah mengetahui identitas rahasianya. Dan bagi The Dark Knight sendiri, terkuaknya identitas ini sering kali membuatnya kewalahan, karena dia tahu bahwa identitas aslinya merupakan dinding pertahanan terakhir. Sehingga dia cenderung akan lebih berhati-hati ketika menghadapi para villain yang ada di daftar ini.