Kozuki Momonosuke adalah sosok penting yang muncul di arc Wano Country dalam seri One Piece. Dia adalah anak dari Kozuki Oden dan juga Toki. Oden sendiri merupakan pewaris sah dari Shogun Wano, sebelum kemudian dia tewas karena eksekusi mati yang Kaido lakukan. Semenjak Orochi dan Kaido kemudian berkuasa, para penduduk Wano pun hidup dalam penderitaan.

Hal inilah yang kemudian membuat Momonosuke bersumpah untuk mengembalikan semua kejayaan Wano. Dia juga bertekad untuk mengembalikan semua hal seperti semula, seperti semua orang bebas untuk melakukan apa pun. Meskipun begitu, perjuangan Momo tersebut tidaklah mudah. Karena, yang dia hadapi adalah makhluk paling kuat di dunia.

Momonosuke sangat beruntung untuk kemudian bisa bertemu dengan Luffy dan juga kru Topi Jerami, di mana mereka pun kemudian membantu Momo dengan misi besarnya tersebut. Meskipun begitu, Momo sendiri sebenarnya bukan sosok yang terlalu diperhitungkan, setidaknya untuk saat ini. Mengapa demikian? Karena, tubuh dan usia Momo yang masih kecil.

Ketika Toki mengirim Momo dan sebagian Red Scabbards ke 20 tahun yang akan datang – saat ini – usia Momo saat itu masih 8 tahun. Artinya Momo masih belum memiliki pengalaman apa pun, baik dalam hal bertarung atau dalam hal lainnya. Inilah yang kemudian membuat banyak fans beranggapan bahwa Momonosuke merupakan sosok yang kurang berguna selama di arc Wano.

Namun saat ini, Momonosuke telah mendapat bantuan dari Shinobu agar bisa merubahnya menjadi laki-laki dewasa berumur 28 tahun. Berkat teknik bernama Juku juku no Jutsusebuah teknik yang bisa menambah umur seseorang, akhirnya Momonosuke bertambah dewasa. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa mental dari Momonosuke masih berusia 8 tahun.

BACA JUGA: One Piece: Ini Anggota Topi Jerami Paling Underrated!

Bentuk Permanen Momonosuke di One Piece?

Ketika Momonosuke menjadi dewasa, banyak “keuntungan” yang bisa dia rasakan. Contohnya adalah ukuran naga dari Momo mampu menyamai ukuran dari bentuk naga Kaido. Bahkan, hal ini pun banyak membuat orang-orang terkejut dan terheran karena ukuran mereka mirip. Hal ini pun bisa kita lihat dalam beberapa momen di beberapa chapter. Contohnya di chapter 1050 kemarin, di mana penduduk ibu kota Bunga menduga ada sosok Kaido yang muncul.

Sebagian Geeks mungkin bertanya, apakah kemudian Momonosuke bisa kembali ke ukuran semula? Jawabannya adalah tidak. Momonosuke tidak akan bisa kembali ke ukuran tubuh semula, karena hal tersebut merupakan ‘efek’ dari buah iblis Shinobu. Menurut Shinobu, siapa pun yang terkena teknik ini tidak akan bisa kembali ke tubuh asalnya. Mereka akan tetap dalam bentuk tersebut.

Artinya, dengan kata lain, bentuk Momonosuke saat ini adalah bentuk permanennya. Momonosuke tidak akan lagi berubah kembali menjadi sosok anak kecil, seperti saat pertama kali karakternya muncul. Namun, ada sebuah pertanyaan besar yang muncul. Dengan Momonosuke yang akan terus tumbuh dan berkembang, apakah kemudian tubuhnya juga akan menyesuaikan?

Seperti yang dijelaskan di atas, usia Momo sendiri saat ini sebenarnya adalah 8 tahun. Namun, Shinobu kemudian merubah Momonosuke menjadi sosok pria berusa 28 tahun. Artinya ada jarak 20 tahun antara kondisi mental Momonosuke dan juga kondisi fisiknya. Karena itulah, hal ini menjadi menarik untuk melihat apa yang akan terjadi kepada Momonosuke. Meskipun usianya secara teknis masih 8 tahun, sepertinya Momo perlahan mulai bisa beradaptasi seperti sosok dewasa.

Juga, menarik untuk kita nantikan bagaimana peran besar Momonosuke kedepannya. Momonosuke kemungkinan masih akan memiliki peran besar dalam cerita One Piece selanjutnya. Apalagi, dalam narasi di panel terakhir di chapter 1051 menjelaskan bahwa Momonosuke akan menjadi Shogun paling kuat dan paling hebat yang pernah Wano miliki.  Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa sosok Momonosuke pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.