Buah iblis sempat kembali menjadi pembicaraan hangat dalam kalangan fans One Piece. Dalam chapter 1030, Eustass Kid dan Trafalgar Law mendapatkan kemampuan baru yaitu ‘awakening’ atau kebangkitan dari buah iblis mereka yaitu Jiki Jiki no Mi dan Ope Ope no Mi.

Dengan kebangkitan buah iblis tersebut, mereka mampu menghajar Big Mom. Bahkan, beberapa waktu lalu kita melihat bagaimana Big Mom akhirnya kalah oleh kedua Worst Generation tersebut. Membahas mengenai kebangkitan buah iblis ini tentunya menarik mengingat kompleksitas dari mekanisme terkait dengan buah iblis yang masih menjadi sebuah misteri besar.

Awakening atau kebangkitan sendiri pada intinya adalah sebuah proses saat pengguna buah iblis mampu menggunakan seluruh kekuatan atau menggunakan kekuatan penuh dari buah iblis yang mereka miliki. Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana pengguna buah iblis membangkitkan kekuatannya?

Kita masih belum mengetahui bagaimana mekanisme pasti dari buah iblis. Artinya kita pun belum tahu tahapan apa saja yang harus dilalui oleh pengguna buah iblis sebelum kemudian mereka bisa membangkitkan kemampuan buah iblisnya. Sehingga tidak ada penjelasan pasti mengenai kebangkitan buah iblis. Namun, chapter 1047 kemarin mungkin memberikan kita petunjuk jelas mengenai hal ini.

Syarat Bangkitkan Buah Iblis

Dalam chapter tersebut nampak Kaido masih terkejut dengan perubahan drastis Luffy, setelah sebelumnya Luffy tidak sadarkan diri akibat terkena serangannya. Setelah beberapa saat, dan melihat apa yang terjadi kepada Luffy, akhirnya Kaido menyadari bahwa Luffy sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis yang ada dalam dirinya dan menggunakan seluruh potensinya.

Kaido pun menyebutkan bahwa awakening merupakan sesuatu yang luar biasa, apalagi jika kemudian melihat awakening dari kekuatan buah iblis Luffy. Dan Kaido juga menyebutkan bahwa ketika tubuh, jiwa, dan pikiran bersatu dan sejalan dengan buah iblisnya maka pengguna buah iblis tersebut bisa menggunakan seluruh potensi yang dimiliki dari buah iblisnya, seperti yang kita lihat dari sosok Luffy sekarang.

Hal ini menarik karena salah satu Gorosei pun sempat mengatakan bahwa buah iblis, khususnya buah iblis Zoan, memiliki pola pikir atau jalan pikirannya sendiri. Dengan kata lain, buah iblis mampu untuk berpikir mandiri. Hal inilah yang menurut mereka menjadi alasan mengapa pemerintah dunia selalu gagal mengambil buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Salah satu alasan bagaimana Luffy pada akhirnya mampu untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya adalah karena tekad Luffy sejalan dengan buah iblis tersebut, yaitu membebaskan para penduduk Wano dari penderitaan. Dalam spekulasinya, jiwa atau semangat dari sosok Nika akhirnya terwariskan kepada sosok Luffy melalui buah iblis tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Haki Resmi Kalahkan Buah Iblis?

Nika adalah sosok yang sering membebaskan para budak. Luffy adalah sosok yang ingin menciptakan dunia yang terbebas dari belenggu yang mengikat, sehingga semuanya sama dan sejalan. Jadi rasanya masuk akal memang jika kemudian Luffy mampu membangkitkan kekuatan buah iblis. Karena memang pikiran, jiwa, dan tubuhnya sudah saling bersinergi dengan buah iblisnya.

Bagaimana Pengguna Lain

Merujuk pada apa yang Kaido ungkap, pertanyaannya kemudian bagaimana pengguna yang lain? Apakah artinya mereka yang sudah membangkitkan buah iblisnya memiliki pikiran yang jahat seperti buah iblisnya? Hal ini tentunya masih butuh penjelasan lebih detail lagi dari Oda Sensei. Namun, kemungkinan bukan itu yang dimaksud dengan menyatukan jiwa, pikiran, dan tubuh dengan buah iblis.

Seperti yang disebutkan di atas, semuanya berjalan seiring dalam harmoni. Artinya, tidak peduli apa niat dari sang pengguna buah iblis mereka harus menyatukan semuanya agar bisa membangkitkan buah iblis. Meskipun lamanya kepemilikian buah iblis mungkin tidak memberikan pengaruh besar, namun hal ini bisa menjadi salah satu faktor.

Jadi, memang tidak mudah untuk bisa membangkitkan buah iblis. Karena, membutuhkan persyaratan yang cukup berat agar mereka mampu melakukannya. Inilah mungkin alasan mengapa tidak banyak orang yang berhasil membangkitkan buah iblisnya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?