Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Haki Resmi Kalahkan Buah Iblis?

One Piece: Haki Resmi Kalahkan Buah Iblis?

Perdebatan mengenai mana yang lebih unggul antara buah iblis dan Haki memang tidakakan pernah ada habisnya untuk didiskusikan oleh para fans dari One Piece. Baik Haki atau pun buah iblis memang adalah dua sumber kekuatan utama yang ada di serinya. Kedua kemampuan ini banyak dimiliki oleh para karakter di ceritanya.

Ada yang memiliki salah satu diantaranya, namun ada juga yang memiliki kedua kekuatan tersebut sekaligus. Oda Sensei mungkin sengaja menciptakan konsep Haki untuk bisa menandingi kekuatan dahsyat dari buah iblis. Dan sepertinya Oda Sensei sudah memperlihatkan jawaban dari perdebatan panjang mana yang lebih unggul antara Haki dan juga buah iblis.

Jawabannya sendiri diperlihatkan pada chapter 1047 kemarin. Dalam chapter tersebut kita melihat kelanjutan pertarungan antara Kaido melawan Luffy.  Kaido saat itu menyebutkan kepada Luffy bahwa buah iblis yang kuat tidaklah cukup untuk bisa menaklukan seluruh lautan. Kaido pun sempat menyinggung nama Gol D. Roger, sang raja bajak laut, terkait hal ini.

Menurut Kaido, Roger diperlihatkan berhasil menaklukan lautan dan menjadi raja bajak laut tanpa ada bantuan dari kekuatan buah iblis. Kaido pun kemudian menegaskan bahwa untuk bisa menaklukan lautan yang perlu dimiliki oleh seorang bajak laut adalah kekuatan Haki. Karena, Haki mampu melampaui semuanya. Dan jika dilihat dari apa yang dihadirkan oleh Oda mengenai Haki sejah ini, ucapan dari Kaido mungkin ada benarnya.

Ada beberapa hal yang membuat Haki unggul dari buah iblis:

  • Haki mampu membuat penggunanya merasakan sekitarnya meskipun tidak mengandalkan kemampuan panca indera.
  • Haki mampu membuat penggunanya melihat ke masa depan.
  • Haki mampu membuat penggunanya terlindung dari berbagai serangan, baik serangan langsung atau menggunakan senjata.
  • Haki mampu membuat penggunanya meningkatkan kekuatan serangannya dan juga melampaui kekuatan buah iblis. Bahkan, daya tahan penggunanya pun akan meningkat.
  • Haki mampu membuat penggunanya memaksakan kekuatan tekad tersebut kepada makhluk hidup lainnya.
  • Haki membuat penggunanya bisa melapisi sebagian tubuh atau seluruh tubuhnya dengan kekuatan tekad tersebut. Bisa juga kekuatan Haki dilapisi kepada senjata dan memengaruhi keadaan sekitarnya.

Sebenarnya, baik Haki level tinggi – seperti Advanced Conqueror Haki – atau pun awakening dari buah iblis memang sama-sama luar biasa, seperti yang diperlihatkan dalam pertempuran di Onigashima ini. Namun, sering kali Oda memperlihatkan bahwa Haki level tinggi sedikit lebih epik dan lebih dahsyat dibandingkan kekuatan awakening buah iblis.

Dan dilihat dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, mungkin hal tersebut ada benarnya. Misalnya, Doflamingo diketahui sudah berhasil membangkitkan kekuatan Ito Ito no Mi, namun dia jauh lebih lemah dibandingkan Luffy atau sosok yang jauh di atasnya. Katakuri juga menjadi salah satu karakter yang mengandalkan Awakening buah iblis sebagai sumber kekuatannya.

Namun, meskipun Katakuri adalah sosok yang kuat dan sama sekali belum pernah terkalahkan, dia terbukti tidak termasuk deretan para karakter yang dianggap paling kuat atau berada di level di atasnya. Katakuri dan Doflamingo memang berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, dan juga mereka bisa menggunakan Conqueror Haki.

Sayangnya, pada kenyaatannya, meskipun mereka bis miliki kemampuan Haki tersebut mereka tidak bisa menggunakan Advanced Conqueror Haki. Oda sendiri bahkan menghadirkan dialog yang bisa dibilang menjadi bukti bahwa kemampuan Advanced Conqueror Haki lebih unggul dibandingkan Awakening. Contohnya adalah bagaimana para fans sangat hype dengan bagaimana Luffy mengaktifkan Advanced Conqueror Haki dibandingkan dengan momen dari Law dan Kid yang membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Kaido sendiri bahkan mengatakan bahwa hanya mereka yang dianggap paling kuat – dan hanya sedikit orang yang dianggap paling kuat tesebut –  yang bisa menggunakan Advanced Conqueror Haki. Meskipun tidak semua para karakter kuat dalam serinya menggunakan Advanced Conqueror Haki, namun biasanya mereka yang menggunakan Advanced Conqueror Haki masuk dalam jajaran yang paling kuat, misalnya Luffy dan Kaido serta Roger.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa memang kekuatan Haki jauh lebih unggul dibandingkan kekuatan buah iblis. Hal ini pun diakui oleh makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Meskipun Awakening buah iblis memiliki kedahsyatan yang luar biasa, seperti yang diperlihatkan oleh beberapa orang, namun tetap saja Haki Tingkat Tinggi masih lebih unggul.

Hal ini terbukti dengan hanya beberapa orang saja yang mampu menggunakan kekuatannya, dan beberapa orang tersebut merupakan karakter yang dianggap paling kuat di serinya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Exit mobile version