Sampai sejauh ini para fans dari seri manga One-Punch Man selalu mengetahui bahwa di dunia ini hanya ada para pahlawan yang tergabung di organisasi asosiasi pahlawan untuk menyelesaikan berbagai masalah mereka, dan juga ancaman yang mengintai bumi. Namun, faktanya, selain mereka ada juga para pahlawan lainnya yang ikut menjaga bumi. Mereka adalah para pahlawan antardimensi.

Asosiasi pahlawan adalah organisasi yang menaungi seluruh pahlawan yang ada di bumi, dalam seri One-Punch Man. Mereka membagi kelas para pahlawan mulai dari kelas C sampai kelas S. Orang-orang mengetahui bahwa Blast adalah sosok paling kuat, di mana dia merupakan pahlawan peringkat pertama di kelas S.

Sempat menjadi misteri, di arc Monster Association ini akhirnya Blast menunjukan dirinya. Dia sempat menolong Saitama dan Flashy Flash yang terjebak di bawah tanah, serta Tatsumaki yang tidak sadarkan diri. Yang mengejutkan adalah saat Blast hendak pergi dengan membuka sebuah portal, nampak para pahlawan lain yang sosoknya masih misterius.

Pelindung Antardimensi

Apa yang dihadirkan di chapter 155 kemarin tentunya membuat banyak para fans terkejut dan penasaran mengenai sosok para pahlawan tersebut. Siapa sebenarnya mereka? Dari mana asal mereka? Semuanya masih menjadi misteri untuk saat ini. Berdasarkan dari siluetnya dan bagaimana penjelasan dari Blast, dimensi lain pun memiliki sosok terkuat versi mereka.

Meskipun begitu, para pahlawan dari dimensi lain ini pun tetap membutuhkan bantuan yang mana kemudian Blast membantu mereka. Siapa yang mereka hadapi? Apakah mereka menghadapi satu musuh yang sama? Hal inilah yang masih misterius. Bagaimana kemudian kita melihat para pahlawan terhebat dari berbagai dimensi berkumpul di satu tempat, bisa diasumsikan bahwa mereka sedang menghadapi musuh yang sama.

Namun, terdapat sebuah spekulasi menarik di mana mereka sebenarnya adalah para pahlawan atau pelindung antardimensi. Konsepnya mirip Guardians of the Galaxy dari film Marvel Studios, di mana kelompok tersebut berasal dari berbagai planet yang memiliki tujuan untuk menjaga alam raya Marvel.

Hal ini pun diperkuat dari apa yang diperlihatkan di chapter 164 kemarin, di mana Blast dan para pahlawan tersebut berada di sebuah dimensi mengawasi berbagai planet dan juga alam raya. Blast pun bahkan mengetahui bahwa ada sesuatu yang aneh dengan bumi, tanpa mengetahui bahwa sebenarnya saat itu Garou dan Saitama sedang bertarung. Dalam salah satu panel pun terlihat seorang pahlawan sedang melihat kondisi bumi melalui sebuah media, yang semakin memperkuat spekulasi atau dugaan tersebut.

Ada Multiverse di One-Punch Man?

Berdasarkan apa yang dihadirkan di chapter 155 dan juga 164, bisa diasumsikan bahwa memang serinya mengadaptasi konsep multiverse atau dengan kata lain multiverse memang ada di serinya. Selain bagaimana Blast membuka portal menuju dimensi lain, kita juga melihat adanya “variant” atau versi lain dari para karakter yang ada di serinya.

Misalnya, kita melihat adanya sosok karakter yang mirip dengan Lord Boros. Kemudian, ada juga karakter yang mirip dengan sosok Fubuki. Ada beberapa teori menarik juga yang berkembang di kalangan fans terkait dengan para karakter tersebut. Pertama, mereka adalah sosok terpilih atau yang terkuat di dimensi atau universe mereka di mana kemudian mewakili dimensi mereka seperti halnya Blast.

Kemudian, terdapat teori lainnya yang menyebutkan bahwa para karakter tersebut merupakan berasal dari universe utama serinya seperti karakter lain. Hanya saja keberadaan mereka tidak pernah diketahui atau sengaja disembunyikan, demi keberlangsungan umat manusia dan seluruh alam raya. Kedua teori ini bisa dibilang cukup masuk akal, dan mungkin saja salah satu teorinya benar.

Segel Dimensi

Segel dimensi juga masih menjadi sebuah misteri besar yang belum terjawab. Apakah itu menjadi portal menuju dimensi lainnya? Segel Dimensi ini pertama kali diperlihatkan di chapter 138, setelah Saitama mengangkat kotak hitam misterius yang dianggap sebagai penghubung atau alat komunikasi dengan sosok God.

Terdapat sebuah lubang yang cukup besar di mana Saitama dan Flashy Flash sendiri tidak bisa melihat apa pun akibat sangat gelap. Pencahayaan Manako pun tidak sanggup menyinari “ruangan”tersebut. Karena itulah, mereka tidak memiliki asumsi apa pun mengenai lubang tersebut. Namun, dalam panel terakhir di chapternya kemudian diperlihatkan terdapat sosok misterius dengan ukuran besar sedang meringkuk.

Lubang tersebut kemudian sempat melebar setelah Tatsumaki mengangkat daratan ke udara. Namun, penjelasan di atas tentang bagaimana Flashy Flash, Manako, dan Saitama yang tidak bisa melihat sosok misterius – yang diduga God – memberikan petunjuk bahwa memang hanya mereka yang sudah menerima kekuatan atau menjalin perjanjian dengan God yang bisa melihat dimensinya atau pun sosoknya.

Mengapa kemudian Blast bisa merasakan keanehan di bumi? Bisa jadi melalui Segel Dimensi tersebut. Blast bisa merasakan keanehan di bumi karena Segel Dimensinya mendapatkan serangan yang dahsyat. Dan hal tersebut wajar mengingat pertarungan antara Garou dan Saitama memang menghasilkan energi yang mengerikan.

Bahkan, di chapter 164 pun diperlihatkan bagaimana Garou menghajar Saitama sampai melewati inti bumi dan muncul di bagian bumi lain. Efek dari serangan epik Garou tersebut kemudian dirasakan oleh Blast dan para pahlawan antardimensi lainnya. Momen seperti ini sebenarnya juga pernah terjadi, hanya saja skalanya kecil.

Hal tersebut dikarenakan Saitama yang menarik kembali kotak hitam misterius dengan kekuatannya, serta bagaimana Tatsumaki memperbesar lubang tersebut setelah mengangkatnya kedaratan. Yang menarik adalah hanya Blast yang kemudian muncul di sana, yang artinya mungkin mereka beranggapan bahwa masalahnya bisa diatasi dengan hanya 1 orang saja.

Lain halnya dengan apa yang diperlihatkan di chapter 164 ketika bumi sampai menonjol. Mereka beranggapan bahwa musuh mereka semua sudah mulai mengancam bumi, yang mana hal tersebut membuat para pahlawan antardimensi ini harus bergerak. Apakah  akhirnya God akan mulai muncul dan berhadapan dengan para pahlawan tersebut? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!