Sudah bukan rahasia lagi jika Saitama dari seri One-Punch Man adalah karakter pahlawan terkuat di seluruh seri anime dan manga. Dia adalah satu-satunya karakter yang bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan satu pukulan. Tidak peduli seberapa kuat lawannya, semuanya bisa dikalahkan dengan hanya satu pukulan saja. Itulah mengapa Saitama menjadi karakter terkuat di serinya dan bahkan di seluruh seri manga dan anime.

Masih belum diketahui sebenarnya apa yang membuat Saitama begitu kuat. Meskipun begitu, banyak teori yang kemudian menyebutkan bahwa kekuatan Saitama berasal dari latihan yang dia jalankan selama ini. Dan ternyata, efek latihan keras yang sebelumnya dilakukan oleh Saitama ternyata mengakibatkan rambutnya menghilang atau rontok.

Seperti yang kita ketahui, Saitama merupakan sosok pahlawan berkepala plontos. Meskipun begitu, dalam kilas balik di awal serinya diperlihatkan bagaimana Saitama sebelumnya memiliki rambut. Hal ini pun dibuktikan ketika Saitama muncul mengalahkan monster yang melukai King. Namun, setelah beberapa lama kemudian Saitama muncul dengan kepala plontos.

Meskipun tidak dijelaskan apa yang menjadi alasan rambut Saitama rontok, banyak spekulasi di kalangan fans kemudian menyebutkan bahwa ada kemungkinan rambut Saitama rontoh akibat latihan sebelum dia menjadi pahlawan. Dan sepertinya spekulasi para fans sendiri terbukti benar seperti yang diperlihatkan dalam chapter bonus 163.5 yang dirilis beberapa hari lalu.

Sekitar 1,5 tahun sebelumnya, saat Saitama masih berlatih dengan keras untuk menjadi pahlawan, perlahan rambut Saitama mulai rontok. Hal ini pun disadari betul oleh Saitama di mana dia menyebutkan bahwa semakin hari kerontokan rambutnya semakin banyak. Dan yang menarik adalah saat Saitama mencoba untuk melihat bagian belakang rambutnya, sesuatu yang luar biasa terjadi.

Setelah Saitama menyadari kerontokan parah yang dialami oleh rambutnya dia pun kemudian penasaran dengan bagian belakang kepalanya. Dia pun berusaha untuk melihat bagian belakang kepalanya, namun gagal. Setelah dua kali percobaan, pada upaya ketiga Saitama akhirnya disebut-sebut bisa melihat bagian belakang kepalanya. Ini tentunya menjadi momen pertama Saitama memperlihatkan kekuatan dahsyatnya.

Analisis Dr. Genus

Saat Zombieman berusaha untuk mencari tahu tentang sosok Saitama, Dr. Genus memiliki teori sendiri tentang asal-usul Saitama. Menurut Dr. Genus Saitama mungkin bisa menjadi kuat karena dia berhasil menghancurkan batasan atau limiter dalam dirinya. Dengan hancurnya limiter dalam diri Saitama, membuat seluruh potensi terbesarnya akhirnya terbuka.

Batasan atau limiter tersebut berhasil Saitama hancurkan dengan cara tidak lain adalah berlatih keras. Dan dengan berhasilnya Saitama menghancurkan limiter tersebut membuat rambutnya harus rontok dan dia pun akhirnya tidak memiliki rambut seperti sekarang. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari ONE atau Yusuke Murata, mungkin chapter tambahan tersebut bisa menjadi bukti nyata dari ucapan Dr. Genus tersebut.

Mengapa Saitama Berbeda?

Mungkin Geeks juga penasaran mengapa Saitama dihadirkan berbeda dari para karakter pahlawan di genre Shonen kebanyakan. Hal ini sempat dijawab oleh ONE dalam sebuah wawancara dengan Weekly Shonen Jump. ONE sendiri menjawab bahwa dunia dipenuhi oleh para karakter hero yang terlihat keren dan juga luar biasa.

Karena itulah, karakter yang keren penampilannya bukanlah sesuatu yang ingin dia ciptakan atau hadirkan. ONE juga menjelaskan bahwa menurutnya seorang pahlawan bisa dilihat dari semangat mereka, dan bukan berasal dari penampilannya. Bagi One, penampilan bagi seorang pahlawan itu merupakan sesuatu yang tidak begitu penting. Dan sejauh ini, sepertinya ONE sudah membuktikan poin-poin tersebut.