Sorcerer Supreme adalah sebuah jabatan yang umumnya dipegang oleh penyihir tersakti di Marvel Universe. Siapa pun yang memegang status sebagai Sorcerer Supreme, makhluk tersebut akan diberkahi sumber kekuatan sihir yang tidak terbatas dari universenya. Meskipun terkenal sebagai penyihir yang lebih tangguh dari orang lain, serta mempunyai kemampuan untuk menciptakan portal ke dimensi lain, tetapi seorang Sorcerer Supreme hanya bisa mempertahankan gelar tersebut di universenya sendiri.

Karena masing-masing universe yang ada di Multiverse Marvel, ternyata mempunyai Sorcerer Supremenya sendiri, di mana mereka juga sering terlihat adu kesaktian untuk membuktikan universe mana yang mempunyai Sorcerer Supreme paling hebat. Dan dari sekian banyak Sorcerer Supreme yang tersebar di multiverse, berikut lima di antaranya yang terkenal lebih menonjol dari yang lain karena mempunyai kemampuan sihir paling sakti di Multiverse Marvel!

Aggamon, Sorcerer Supreme Purple Dimension

Memulai debutnya sebagai musuh Doctor Strange, Aggamon dijuluki sebagai ‘The All-Powerfull’ karena kemampuan sihir teleportasinya yang lebih hebat dari penyihir lain. Berasal dari sebuah pocket dimension yang disebut Purple Dimension, Aggamon sering menculik para manusia Bumi untuk menjadikan mereka sebagai budaknya. Terlepas dari perbuatan jahatnya tersebut, Aggamon adalah seorang Sorcerer Supreme di dunianya sendiri. Sampai sekarang, dia masih digambarkan sebagai sosok serakah, yang tengah menunggu kesempatan untuk bisa menguasai Prime Universe dan semua isinya.

Tiboro, Sorcerer Supreme Sixth Dimension

Sama seperti Aggamon, Tiboro sebenarnya adalah musuh dari Doctor Strange yang terkenal karena kehebatannya. Tiboro sendiri awalnya adalah seorang pemimpin hebat yang disembah oleh orang-orang Peru kuno di Prime Universe, tetapi setelah diceritakan kekuasaannya runtuh, dia kemudian melarikan diri ke Sixth Dimension. Ajaibnya, setelah sekian tahun berlalu, dia ternyata telah menjadi Sorcerer Supreme Sixth Dimension yang mempunyai perawakan raksasa. Berbekal sebuah tongkat yang bisa menembakkan sinar ektoplasma, Tiboro menjadi sosok yang disegani di antara para Sorcerer Supreme.

Magik, Sorcerer Supreme Limbo

Illyana Rasputina alias Magik sebenarnya terlahir sebagai seorang mutan di Prime Universe. Terkenal sebagai adik dari Peter Rasputin alias Collosus, Magik diceritakan mengalami masa kecil yang sangat keras dan penuh perjuangan. Hal tersebut bisa terjadi karena sejak usianya masih sangat kecil, dia sudah diceritakan terjebak di dimensi Limbo bersama para iblis di dalamnya. Namun, berkat kemampuan black magic dan peyembuhannya, pada akhirnya Magik tumbuh menjadi sosok yang lebih tangguh dan bahkan mengklaim gelar sebagai Sorcerer Supreme terkuat dari dimensi Limbo.

Doctor Strange, Sorcerer Supreme Prime Universe 

Sorcerer Supreme terhebat berikutnya tidak lain adalah Doctor Stephen Strange alias Doctor Strange yang telah menjaga Prime Universe dari ancaman universe lain selama bertahun-tahun. Mendapatkan gelarnya melalui Turnamen Vishanti yang diselenggarakan oleh para Elder God, Strange dianggap sebagai Sorcerer Supreme paling sakti di Marvel Universe, yang terbukti pernah berhasil mengalahkan Sorcerer Supreme dari universe lain, termasuk Tiboro dan Aggamon. Sayangnya, di kisah terbaru Marvel Universe Strange diceritakan harus mati, setelah berhasil melindungi multiverse bersama Aggamon, Tiboro, Magik, dan Clea dari supervillain Peregrine Child yang terkenal sebagai pemakan penyihir.

Clea, Sorcerer Supreme Dark Dimension

Memulai karier penyihirnya sebagai murid sekaligus kekasih Doctor Strange, Clea yang berasal dari Dark Dimension pada akhirnya berhasil menjatuhkan Dormammu yang telah lama menjadi penguasa dimensi tersebut. Sejak saat itu, Clea kemudian menjadi Sorcerer Supreme Dark Dimension yang terkenal karena sihir kegelapannya. Setelah Strange diceritakan tewas di komik Death of Doctor Strange, saat ini Clea adalah penyihir yang mengambil alih tugas Sorcerer Supreme Prime Universe sebagai orang kepercayaan Strange. Itu artinya, Clea adalah penyihir pertama yang menjabat sebagai Sorcerer Supreme di dua universe sekaligus, Dark Dimension dan Prime Universe.

Itulah lima Sorcerer Supreme terkuat dan tersakti di Multiverse Marvel. Keberadaan dari kelima Sorcerer Supreme ini telah membuktikan bahwa gelar terhebat di suatu universe tidak selalu berlaku di Multiverse Marvel, karena untuk skala yang jauh lebih besar seperti multiverse perlu ada barometernya tersendiri untuk menentukan siapa yang paling kuat di antara semua Sorcerer Supreme yang ada. Dari kelima Sorcerer Supreme yang tersebar di multiverse ini, siapa yang menjadi favorit kalian, Geeks?