Seperti yang sudah kita ketahui jika angsuran ketujuh dalam seri Mission: Impossible dijadwalkan untuk rilis pada akhir tahun 2022 ini, namun sayangnya harus mengalami penundaan hingga tahun 2023 mendatang. Sementara itu, dalam Mission: Impossible 8, yang rencananya rilis di tahun 2024 nanti, Ethan Hunt (Tom Cruise) kemungkinan besar akan pensiun sebagai agen mata-mata, dan ia nampaknya bakal menjadi bos organisasi Impossible Mission Force (IMF).

Mission: Impossible sendiri telah menjadi salah satu franchise film bergenre action spy terlama, dan masih berjalan sampai sekarang. Tom Cruise memimpin projek film ini dengan terlibat sebagai produser dan juga aktor selama bertahun-tahun. Di setiap sekuel berikutnya, Cruise selalu meningkatkan intensitas filmnya melalui aksi-aksinya yang sangat berani, dan juga menegangkan.

Karakter Ethan Hunt pun berevolusi secara memikat dari yang awalnya hanya menjadi agen mata-mata untuk IMF kini telah menjadi asset yang sangat berhaga bagi organisasi. Perjalanan karir Ethan untuk menuju titik itu tidak mudah, dan ia mesti mengalami beberapa ujian seperti konflik personal, kehilangan orang-orang, dan juga pengkhianatan. Namun, ini tidak menghentikan Ethan dan timnya untuk mengambil misi yang semakin berisiko tinggi di sekuel mendatang.

Ada teori yang menyebutkan bahwa nantinya Ethan Hunt akan pensiun. Langkah tersebut rasanya menjadi jalan yang baik untuk mengakhiri perjalanan Ethan dengan cara yang tepat. Selain itu, karena sekuel kedelapan mungkin menjadi seri yang terakhir dalam franchise Mission: Impossible, ada kemungkinan juga bahwa sutradara Christopher McQuarrie akan mengambil jalan itu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa teori ini layak dipertimbangkan untuk masa depan Ethan Hunt.

Ethan Hunt Pensiun Sebagai IMF

Dalam Mission: Impossible 7, Tom Cruise diyakini masih tetap memainkan perannya sebagai Ethan Hunt lewat suguhan aksi-aksinya yang mencengangkan. Karena ia sering melakukan adegan berbahaya seorang diri di setiap franchise, angsuran kedelapan bisa membuatnya pensiun, dan mengambil peran sebagai Sekretaris IMF yang baru.

Selain itu juga, pada tahun 2024 saat perilisan Mission: Impossible 8, Cruise sebagai Ethan akan berusia lebih dari 60 tahun. Rasanya akan sangat masuk akal bagi Ethan untuk mengambil peran sebagai sosok seperti mentor, dan meneruskan estafet ke agen lapangan yang lebih gesit darinya.

Selama momen itu, Cruise tentunya masih bisa melakukan aksinya sendiri, dan kemungkinan dia akan menyerahkan estafet tersebut kepada agen lain sebelum franchise ini berakhir. Dengan cara seperti itu, narasi Mission: Impossible akan berkembang ke arah yang lebih baru, dan segar.

Ethan Hunt Menjadi Mentor

Peran sebagai mentor ternyata bukan hal yang baru untuk Ethan Hunt, karena pada Mission: Impossible 3 dirinya sempat melatih rekrutan anyar setelah pensiun sebentar dari kerja lapangan. Alur cerita tersebut memang belum sepenuhnya terselesaikan, dan akan menjadi premis yang sempurna untuk direalisasikan ke dalam Mission: Impossible 8. Narasi seperti itu dapat menyebabkan Ethan untuk mengevaluasi kembali prioritasnya, dan memainkan peran yang jauh lebih halus dalam melatih anak didik baru, atau bahkan membentuk tim IMF berikutnya.

Di Mission: Impossible 7 nanti, mantan direktur IMF, Eugene Kittridge, dipastikan akan kembali lagi. Hal itu pun meningkatkan kemungkinan Ethan untuk melakukan misi yang menghubungkan kembali ke masa lalunya. Di lain sisi, Ethan pun dapat mendapatkan peran dalam skema yang lebih besar karena IMF rentan untuk disusupi oleh musuh. Ethan akan mengambil peran sekretaris atau mentor dalam organisasi, yang memungkinkan dia untuk lebih memahami implikasi sosiopolitik yang lebih dalam di dunia spionase internasional yang suram.

Dalam Alternatif Ending Ghost Protocol, Ethan Menjadi Bos IMF

Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011) memiliki alternatif ending, dimana Ethan seharusnya menjadi sekretaris IMF baru, dan menyerahkan tugas agen lapangan ke William Brandt (Jeremny Renner), yang sebelumnya adalah seorang ajudan Sekretaris IMF, dan analis intelijen.

Pada saat itu, rencana ending tersebut dibuat oleh studio film Paramount Pictures untuk transisi ke dalam karakter baru dengan tujuan keuntungan. Keberhasilan Ghost Protocol secara global menegaskan kembali kehadiran penting Tom Cruise dalam franchise Mission: Impossible.

Dilansir dari Collider, Robert Elswit, sinematografer film Ghost Protocol, mengungkapkan bahwa ending asli dari film tersebut melibatkan Cruise mengawasi unit IMF Baru, dan kemungkinan Renner memimpin franchise Mission: Impossible selanjutnya. Namun, hal itu tidak pernah terjadi berkat penulisan ulang dari McQuarrie, yang memastikan bahwa Cruise masih tetap sebagai Ethan Hunt untuk melanjutkan petualangannya sebagai agen mata-mata IMF yang Tangguh.

Meskipun begitu, tidak terlalu aneh jika Mission: Impossible 8 nantinya akan berakhir dengan Ethan pensiun, dan menjadi bos IMF. Selanjutnya, kita pun tentunya akan melihat wajah baru yang bakal meneruskan perjalanan Ethan Hunt sebagai agen IMF jika franchise ini masih tetap berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.