Salah satu elemen menarik yang dihadirkan dalam cerita One Piece adalah keberadaan buah iblis yang menjadi salah satu sumber kekuatan para karakter. Buah iblis memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya, sekaligus juga menghadirkan sebuah kelemahan di mana penggunanya akan kehilangan kemampuan berenangnya. Namun, selain itu, ada satu hal menarik lainnya dari buah iblis.

Ketika seorang penggunanya tewas, maka kekuatan dari buah iblis akan kembali ke sirkulasinya. Dengan kata lain, saat penggunanya tewas maka kekuatan buah iblis dari pemilik sebelumnya akan masuk ke buah terdekat dan kemudian buah tersebut biasanya dimakan oleh orang yang baru. Namun, ada beberapa buah iblis yang saat ini statusnya tidak diketahui keberadaanya. Apa saja?

Yuki Yuki No Mi

Yuki Yuki no mi atau Snow Snow Fruit adalah buah iblis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi salju. Buah iblis ini sempat digunakan oleh Monet, asisten dari Caesar Clown di Punk Hazard. Dengan buah iblis ini, Monet mampu menciptakan salju atau badai salju di sebuah ruangan. Hal ini diperlihatkan dalam pertarungannya melawan Zoro, di mana seluruh tempat tersebut dipenuhi oleh salju.

Monet sendiri sebenarnya merupakan salah satu karakter yang cukup kuat, namun saat berhadapan dengan Zoro, memang kekuatan Monet harus diakui tidak cukup kuat untuk bisa mengalahkan Zoro. Apalagi, Zoro dispekulasikan menggunakan Conqueror Haki yang membuat Monet pun dinyatakan “tewas.” Setelah Monet, tidak diketahui siapa yang kemudian memiliki kekuatan buah ibli Yuki Yuki no Mi.

Nagi Nagi No Mi

Nagi Nagi no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia di mana penggunanya bisa mengeluarkan semacam kubah pelindung, yang bisa menolak suara apa pun yang masuk. Mereka yang berada di luar kubah tersebut tidak akan bisa mendengar suara apa pun yang dihadirkan dari dalam kubah tersebut.

Begitu juga sebaliknya, di mana orang yang ada di dalam kubahnya tidak akan bisa mendengar suara dari luar. Penggunanya juga bisa menghilangkan suaranya atau suara orang lain. Buah iblis ini sebelumnya dimiliki oleh Donquixote Rosinante. Namun, seperti diperlihatkan dalam ceritanya, Rosinante tewas setelah dibunuh oleh Doflamingo. Dan pasca kematian Rosinante belum ada lagi karakter yang diketahui memiliki kekuatan buah iblis ini.

Toki Toki No Mi

Toki Toki no Mi merupakan buah iblis jenis Paramecia yang unik, sebab memiliki kekuatan untuk bisa melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Pemilik sebelumnya dari kekuatan ini adalah Kozuki Toki. Toki sempat mengirimkan dirinya ke masa depan dan kemudian bertemu dengan Kozuki Oden.

Toki juga pernah menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan Kinemon dan kawan-kawan, termasuk Momonosuke. Dalam kilas balik Oden, Toki sempat diperlihatkan menghilang. Meskipun begitu, banyak yang meyakini bahwa Toki sudah tewas setelah ditembak oleh kelompok bajak laut Beast yang menyerang istananya. Dan setelah kematian Toki, masih belum diketahui siapa yang memiliki kekuatan unik ini.

Gutsu Gutsu No Mi

Sebenarnya, buah iblis ini bukan termasuk buah iblis kanon dalam cerita One Piece. Buah iblis berjenis Paramecia ini sempat dimiliki dan digunakan oleh dua karakter berbeda. Namun, pengguna terakhir dari buah iblis ini adalah Bill yang merupakan karakter non kanon yang muncul dalam arc filler Silver Mine di seri anime One Piece.

Buah iblis ini membuat penggunanya bisa melakukan hal yang berkaitan dengan peleburan. Sang pengguna juga bisa memanfaatkan bagian dalam tubuhnya untuk digunakan sebagai senjata, atau membentuknya menjadi berbagai hal yang dia inginkan. Bill pun diceritakan tewas, dan akhirnya kekuatan buah iblis ini kembali ke sirkulasinya. Tetapi, belum diketahui apakah ada orang lain yang sudah memiliki kekuatan ini lagi.

Sara Sara No Mi, Model: Axolotl

Smiley merupakan binatang peliharaan dari penguasa Punk Hazard, Caesar Clown. Smiley diciptakan dengan cara mengumpulkan dan mengompresi seluruh gas beracun yang tersebar di penjuru Punk Hazard dan dengan menggunakan hasil penemuan dari Dr. Vegapunk untuk menciptakan buah iblis Zoan buatan. Dan akhirnya Caesar pun berhasil menciptakan sosok Smiley.

Smiley kemudian mengonsumsi buah iblis Sara Sara no Mi, Model: Axolotl, yang mana buah iblis tersebut membuat Smiley bisa berubah menjadi seekor axolotl atau salamander. Buah iblis ini juga memberikan Smiley nyawa dan kehidupan. Konyolnya Smiley tewas karena salah satu hasil penemuan Caesar yaitu permen racun raksasa. Permen tersebut lebih berbahaya, karena efeknya sendiri bukannya membunuh korbannya melainkan mengubahnya menjadi bentuk lain. Karena itulah Smiley tewas dengan kembali ke wujud asalnya yaitu gas. Setelah itu, tidak diketahui lagi siapa yang memiliki buah iblis tersebut.

Keberadaan buah iblis menjadi incaran banyak orang di dunia One Piece. Mereka berlomba-lomba untuk berubah menjadi kuat dengan memanfaatkan buah iblis. Meskipun begitu, keberadaan sebagian buah iblis saat ini misterius karena setelah kembali ke sirkulasinya tidak diketahui apakah sudah ada pemilik/pengguna lainnya dari buah iblis tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.