Moon Knight adalah serial terbaru dari Marvel Studios yang tayang perdana pada tanggal 30 Maret lalu dan merupakan bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe. Serial yang diprakarsai oleh Jeremy Slater ini digarap oleh Mohamed Diab dan duo sutradara Justin Benson & Aaron Moorhead, serta dibintangi oleh para aktor ternama, seperti Oscar Isaac sebagai Marc Spector / Steven Grant alias Moon Knight / Mr. Knight, Ethan Hawke sebagai supervillain Arthur Harrow, bersama May Calamawy, Karim El Hakim, dan Murray Abraham.

Minggu ini, serial Moon Knight telah memasuki minggu keempat penayangannya dengan episode 4 yang berjudul ‘The Tomb’ alias Makam. Judul episode terbaru ini sangat sesuai dengan apa yang diperlihatkan di serialnya, di mana Marc / Steven dan Layla El-Faouly (Calamawy) diceritakan masuk ke dalam makam legendaris dari Alexander the Great yang berbentuk ‘Eye of Horus’. Sampai sejauh ini, ending dari episode kali ini bisa dibilang adalah yang paling membingungkan penggemar. Karena setelah Marc ditembak sebanyak dua kali oleh Arthur, dia justru malah terbangun di sebuah rumah sakit jiwa.

Banyak Peristiwa Ganjil

Setelah penembakan terjadi, alih-alih pergi ke akhirat, Marc justru bangun di rumah sakit jiwa dalam keadaan terikat di kursi roda. Dia melihat istrinya, Layla, sebagai salah satu pasien dan tidak mengenalnya, sedangkan Marc sendiri masih mempunyai ingatan lamanya sebagai Moon Knight, termasuk ketika ditembak oleh Arthur. Selain itu, di rumah sakit ini dia juga melihat Arthur sebagai kepala dokter dan para pengikutnya sebagai perawat. Setelah melihat sebuah tayangan yang mengungkap bahwa Steven Grant adalah karakter utama di film Tomb Buster, Marc akhirnya bertemu langsung dengan alter egonya tersebut.

Kali ini, tubuh Steven dalam keadaan terpisah dari Marc dan terjebak di sebuah sarkofagus. Setelah Steven berhasil keluar, dia dan Marc untuk pertama kalinya berpelukan, memperlihatkan pemandangan yang cukup mengharukan bagi para penggemar. Setelah mengobrol sebentar dan mengonfirmasi bahwa mereka berdua saling mengingat kejadian sebelumnya, mereka kemudian berjalan ke luar ruangan dan melihat sebuah sarkofagus lain yang bergetar hebat. Meskipun mereka berdua tidak tergoda untuk membukanya, kemungkinan di dalam sarkofagus kedua tersebut ada sosok alter ego ketiga dari Marc.

Menjelang akhir episode, Marc dan Steven berjalan ke sebuah pintu, di mana mereka berdua melihat dewa Mesir kuno lain yang mempunyai penampilan seperti kuda nil humanoid, lengkap dengan pernak-pernik dewa Mesir pada umumnya. Moon Knight episode 4 pun berakhir dengan menyisakan banyak pertanyaan, di mana dewi Kuda Nil tersebut mengatakan “hai,” dengan sangat imut, sementara Marc dan Steven berteriak ketakutan.

Penjelasan Ending Episode 4

Ada banyak sekali yang membuat penggemar penasaran dengan ending Moon Knight episode 4, termasuk apa yang sebenarnya terjadi pada Marc / Steven setelah tertembak, dan mengapa di akhir muncul sesosok dewi Kuda Nil yang suaranya terdengar sangat imut? Meskipun episode keempat baru tayang beberapa jam yang lalu, tetapi duo sutradara Justin Benson & Aaron Moorhead langsung muncul ke permukaan untuk menjelaskan ‘twist‘ yang terlihat di ending episode garapan mereka tersebut.

“Ending episode 4 sebenarnya adalah bukti kehebatan dari naskahnya. Itu memang dimaksudkan untuk membuat penonton kebingungan, sekaligus memperlihatkan sisi asli dari karakter yang telah kami bangun sepanjang empat episode,” kata Moorhead kepada EW. “Serta sebuah kejadian dari komik Moon Knight yang ditulis oleh Jeff Lemire dan digambar oleh [Greg] Smallwood, di mana ada banyak nuansa dan visual yang serupa dengan apa yang terjadi di akhir episode 4. Kami senang bisa menghormati komik aslinya. Dari situlah kami mendapatkan inspirasi untuk visual dan nuansanya.”

Berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh Moorhead ini, cukup jelas bahwa ending Moon Knight episode 4 terinspirasi dari komik Moon Knight Vol. 8 karya Lemire dan Smallwood yang dirilis perdana pada tahun 2016 silam. Di komik ini memang ada halaman yang menceritakan ketika Marc terbangun di sebuah rumah sakit jiwa tanpa kekuatan super, mesikpun dia masih mengingat peristiwa sebelumnya ketika masih menjadi Moon Knight. Menariknya, Marc juga bertemu dengan dewa Ammit sebagai kepala dokter dan akhirnya terungkap bahwa rumah sakit jiwa tersebut adalah dimensi ciptaannya.

Hal serupa kemungkinan besar terjadi juga di serialnya, di mana rumah sakit jiwa yang terlihat di ending episode 4 adalah pocket dimension yang diciptakan oleh Ammit. Sedangkan dewi kuda nil yang terlihat menjelang credit kemungkinan adalah salah satu sekutu Ammit. Meskipun tidak disebutkan siapa sosok yang mengagetkan Marc dan Steven tersebut, terungkap bahwa dia adalah dewi Mesir bernama Taweret yang sering digambarkan sebagai Dewi Kelahiran dan Kesuburan. Diperankan oleh aktris Antonia Salib, kemungkinan latar belakangnya akan dijelaskan pada episode selanjutnya.

Itulah pembahasan tentang ending Moon Knight episode 4. Dengan bagian awal yang memperlihatkan petualangan Marc / Steven di makam, sampai akhirnya dia ditembak oleh Arthur, cukup masuk akal jika para penggemar kebingungan dengan bagian kedua yang memperlihatkan Marc dan Steven terjebak di rumah sakit jiwa. Namun, dengan pembahasan kali ini semoga semuanya menjadi lebih jelas. Jangan lewatkan dua episode terakhir dari serial Moon Knight yang tayang setiap hari Rabu hanya di Disney+.