Cerita manga tentang tema keluarga memang bukan menjadi tema yang sepopuler tema pahlawan super atau sihir atau tema lainnya. Hal ini bisa dilihat dari kepopuleran seri Boruto: Naruto Next Generation, Jujutsu Kaisen, Chainsaw Man, atau bahkan One-Punch Man. Namun, hal ini berubah semenjak manga karya Tatsuya Endou, Spy X Family, meledak di kalangan pecinta manga.

Berkisah tentang sebuah keluarga “unik” yaitu keluarga Forger, para pembaca diajak dalam berbagai situasi keluarga yang tidak biasa namun dibungkus dengan aksi menegangkan dan hal romantis serta lucu. Namun, tentunya ada manga bertema keluarga lainnya yang mungkin bisa menjadi referensi baca untuk Geeks semua. Apa saja?

A Bride Story

Bersetting di abad ke 19 di sepanjang Jalur Sutra yang menghubungkan wilayah Eropa dan Asia, manga A Bride’s Story menghadirkan sesuatu yang berbeda dari cerita manga kebanyakan. Pada intinya, manga ini berkisah tentang cerita berbagai pasangan keluarga atau pengantin di sepanjang Jalur Sutra serta tradisi mereka yang unik dan menarik. Salah satunya adalah pasangan Amira dan Karluk.

Amira adalah wanita berusia 20 tahun yang sangat ahli dalam berkuda dan memanah. Sedangkan suaminya, Karluk, adalah anak berusia 12 tahun yang tinggal di sebuah wilayah terpencil di dekat laut Kaspia. Cerita tentang pasangan muda yang terikat oleh dua keluarga menjadi salah satu elemen menarik di manganya. Juga ada elemen kebudayaan Asia Tenggara yang dimunculkan dalam ceritanya. Detail art yang menawan membuat Geeks tidak akan bosan melihatnya.

Sweetness and Lightning

Kouhei Inuzuka adalah seorang ayah tunggal dan juga guru yang sibuk. Di tengah-tengah kesibukannya, Kouhei masih berusaha untuk bisa memberikan kehangatan keluarga yang diinginkan oleh putrinya, Tsumugi, setelah kematian dari sang istri. Karena tidak bisa memasak, Kouhei sering kali membeli makanan dari toko swalayan yang mana hal ini pun sering membuat Kouhei sedih.

Kouhei akhirnya menerima tawaran dari salah satu muridnya, Kotori Iida, untuk belajar memasak di restoran keluarga miliknya. Manga ini menghadirkan contoh kehangatan keluarga melalui memasak di rumah, yang sering kali tidak diperhatikan dalam kehidupan nyata atau pun di cerita manga. Melalui memasak ini juga Kouhei menghadirkan sebuah hubungan keluarga yang sempat hilang.

Love so Life

Semenjak kematian ibunya, Shiharu sudah tumbuh di sebuah panti asuhan yang mana ini menjadi awal mula munculnya rasa cinta terhadap anak-anak. Shiharu bermimpi untuk memiliki penitipan anaknya sendiri, dan dia pun bahkan sampai bekerja paruh waktu di sebuah sekolah perawat. Suatu hari, Shiharu menerima tawaran untuk menjaga sepasang anak berusia dua tahun dengan bayaran yang cukup tinggi.

Tawaran tersebut berasal dari sang paman, Seiji Matsunuga. Dengan mengandalkan pengalamannya untuk mengurus anak-anak di panti asuhan, serta ingatannya akan sang ibu, Shiharu pun mencoba membangkitkan nuansa keluarga di kedua anak tersebut. Dengan bantuan dari Shiharu, Seiji pun akhirnya bisa sedikit bernafas lega. Dan hubungan mereka berdua pun cukup dekat.

The Ancient Magus’ Bride

Chise Hatori, gadis berusia 15 tahun, mendapatkan kemampuan untuk bisa melihat makhluk dari dunia/alam lain. Akibat kekuatan tersebut hidupnya berubah menjadi sangat menderita. Kemampuan ini juga yang membuat Chise akhirnya ditinggalkan oleh kedua orang tuanya saat masih kecil. Tanpa berpikir panjang Chise memutuskan untuk menjual dirinya sendiri demi menemukan sebuah tempat yang dia anggap sebagai rumah.

Chise kemudian terjual kepada makhluk mengerikan bernama Elias Ainsworth, di mana Chise kemudian dianggap sebagai asistennya dan juga tunangannya. Chise dan Elias pun kemudian pergi ke dunia fantasi di mana sosok seperti Elias berada. Meskipun begitu, Chise belajar sesuatu bahwa keluarga bisa ditemukan di mana saja meskipun keluarga itu bukanlah keluarga yang sebenarnya.

Somali and The Forest Spirit

Hubungan cinta keluarga bisa melampaui banyak batasan. Dalam cerita Somali nad the Forest Spirit, hubungan cinta keluarga tersebut bahkan melampaui batasan antar spesies. Di sebuah dunia di mana manusia bisa dibilang sudah musnah dan makhluk misterius menjadi penguasa, salah satu makhluk misterius tersebut kemudian bertemu dengan seorang anak manusia di hutan yang dia jaga.

Makhluk tersebut memutuskan untuk meninggalkan perannya sebagai sosok penjaga hutan dan ikut mencari keberadaan manusia lainnya, dengan harapan dia bisa menemukan kedua orang tua Somali. Keduanya membangun hubungan ayah-anak melalui petualangan yang terjadi dalam ceritanya.

Keluarga mungkin sering kali dikaitkan atau diidentikan dengan sebuah tempat atau orang-orang di mana kita lahir. Namun, sebenarnya, keluarga tidak harus seperti itu. Seperti halnya cerita manga di atas, keluarga bisa muncul atau dibentuk oleh siapa pun dan kapan pun melalui hubungan yang hangat, tidak peduli apakah itu normal atau tradisional.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.