Ketika berbicara tentang superhero Marvel, kebanyakan penggemar pasti akan langsung memikirkan para superhero tangguh yang umumnya menjadi anggota Avengers, termasuk Captain America, Spider-Man, Iron Man, bahkan Fantastic Four. Dari sekian banyak superhero yang ada di Marvel Comics, mereka memang sangat terkenal dan mempunyai sejarah yang sangat panjang di Marvel Universe. Namun, populer bukan berarti mereka adalah karakter yang diperkenalkan lebih awal dari yang lain.

Pada kenyataannya, Marvel adalah semesta komik Amerika yang pertama kali berdiri pada tahun 1939, dan para anggota Avengers sebagian besar adalah para superhero yang debut pada tahun 1940. Lantas, siapa superhero Marvel paling pertama? Sebenarnya ada dua karakter menarik yang menyandang posisi tersebut, mereka adalah Namor the Submariner dan Human Torch versi android, yang melakukan debutnya pada tahun 1939 di Marvel Comics #1. Untuk lebih mengenal siapa mereka, mari kita bahas lebih, Geeks.

Hammond the Humah Torch

Sebelum nama “Human Torch” dipopulerkan oleh Johnny Storm dari Fantastic Four, Jim Hammond adalah karakter pertama yang memegang identitas superhero tersebut. Diciptakan oleh penulis sekaligus ilustrator, Carl Burgos, Jim diceritakan sebagai android canggih yang bisa berpikir dan bertindak seperti manusia. Di komiknya diceritakan bahwa Professor Phineas T. Horton adalah orang yang telah membuat Jim, di mana dia telah melakukan suatu kesalahan yang pada akhirnya membuat Jim akan langsung terbakar saat terkena udara, tetapi sama sekali tidak merusak tubuh androidnya.

Kesalahan tersebut pada akhirnya membuat Jim menjadi sosok yang menakutkan bagi orang lain, karena pada awal kemunculannya dia sering tidak sengaja membakar benda-benda di sekitarnya. Namun, setelah dia berhasil mengalahkan seorang penjahat bernama Anthony Sardo, pada akhirnya dia diterima sebagai seorang superhero bernama Human Torch. Dan setelah berhasil menemukan cara untuk mengendalikan kobaran api di tubuhnya, dia kemudian mulai menyamar sebagai seorang polisi di New York City Police Department.

Dari segi kekuatan, Human Torch sebenarnya mempunyai kekuatan yang kurang lebih sama seperti Johnny Storm, di mana kemampuannya dalam memanipulasi api telah memungkinkan dia untuk terbang, kebal terhadap panas, menembakan api dari kedua tangannya, dan membuat tubuhnya sepanas matahari. Sedangkan untuk kelemahannya, Human Torch hanya mampu mempertahankan energinya selama 17 jam sebelum kembali ke tubuh normal dan mengisi ulang dayanya. Selain itu, sebagai superhero berkekuatan api, dia bisa langsung padam jika di sekitarnya tidak ada oksigen.

Namor the Sub-Mariner

Debut di komik yang sama, Namor adalah kebalikan dari Human Torch yang kehidupannya sangat erat dengan air. Namor McKenzie, atau yang sering dipanggil Sub-Mariner, adalah seorang mutan anti-hero yang diciptakan oleh penulis sekaligus ilustrator Marvel bernama Bill Everett. Sebagai anak dari seorang manusia yang menikahi ratu kerajaan bawah laut Atlantis, Namor pada akhirnya menjadi raja Atlantis yang sangat dihormati oleh bangsanya. Masa kecil Namor diisi dengan bermain dan berlatih di Atlantis bersama para teman dan sepupunya, seperti Meranno, Dorma, Namora, dan Byrrah.

Karena tumbuh di Atlantis, Namor akhirnya menjadi sosok yang sangat setia kepada kerajaannya sekaligus membenci para manusia permukaan. Dalam petualangan awalnya dia diperlihatkan sebagai musuh manusia yang tidak akan segan-segan menghancurkan banyak kapal selam dan kapal perang milik Nazi yang melintasi wilayah kekuasaannya. Itulah mengapa pada saat itu dia tidak digambarkan sebagai supervillain, karena Namor telah membuat pasukan koalisi Eropa-Amerika memenangkan banyak pertempuran pada era Perang Dunia II.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Namor adalah mutan yang kehidupannya sangat erat dengan air, begitu juga kekuatannya. Sebagai seorang anak dari orang tua manusia dan Atlantean, Namor menjadi satu-satunya sosok yang bisa hidup di dalam air dan juga bernafas di permukaan. Adapun kemampuan super yang dimiliki oleh Namor adalah terbang, kekuatan fisik super, penyembuhan air, telepati di dalam air, dan juga indra yang sangat tajam. Di balik kekuatan hebat tersebut, Namor mempunyai beberapa kelemahan, termasuk emosi yang tidak stabil dan akan melemah jika terkena polusi air.

Di Mana Mereka Sekarang?

Saat ini Human Torch dan Namor masih tetap eksis di Marvel Universe, di mana mereka mendapatkan peran yang lebih besar serta terlibat dalam pertempuran dengan banyak supervillain kuat. Untuk Human Torch, selain menjadi polisi di Kota New York, sampai saat ini dia tercatat pernah menjadi bagian dari S.H.I.E.L.D., Invaders, Secret Avengers, dan West Coast Avengers. Adapun villain tangguh yang pernah dia hadapi di antaranya adalah penjelajah waktu seperti Immortus, dan entitas kosmik seperti Korvac.

Sedangkan Namor, karena emosinya yang tidak stabil, dia pernah bertarung dengan banyak superhero sebelumnya, termasuk Human Torch sendiri, kemudian Black Panther dan para anggota Avengers lain. Walaupun begitu, dia juga merupakan aset berharga dari Avengers dan berbagai tim superhero lainnya, seperti Defenders, X-Men, Illuminati, dan Invaders. Ada banyak villain yang pernah merasakan murka Namor sebagai superhero, sebagian besar di antara mereka adalah villain dari dasar laut, termasuk Leviathan, Attuma, dan Tiger Shark.

Pada era Golden Age, Human Torch dan Namor the Sub-Mariner termasuk dalam trio karakter Marvel Comics yang sangat populer, bersama Captain America. Kehadiran mereka bahkan telah menjadi inspirasi bagi Stan Lee, Jack Kirby, dan Steve Ditko, yang pada akhirnya menciptakan lebih banyak lagi karakter Marvel yang populer sampai sekarang. Sekian pembahasan mengenai superhero pertama Marvel yang ternyata ada dua karakter. Di antara Human Torch dan Namor the Sub-Mariner, siapa yang paling kalian suka, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.