Pada tahun 2022 ini, Marvel Studios telah membuka tayangan Marvel Cinematic Universe-nya dengan serial Moon Knight yang baru saja tayang di saluran streaming Disney+. Serial yang diciptakan oleh Jeremy Slater ini telah memperkenalkan sisi kelam dari MCU yang sebelumnya jarang dibahas. Dan di tangan sutradara Mohamed Diab, Aaron Moorhead, dan Justin Benson, serial yang tengah digilai oleh banyak penggemar ini digadang-gadang akan menjadi salah satu tayangan Marvel yang sarat dengan unsur-unsur psikologis.

Serial Moon Knight ini dibintangi oleh Oscar Isaac yang berperan sebagai penderita kepribadian ganda bernama Steven Grant. Selain Steven, di dalam tubuhnya ternyata ada juga alter ego bernama Marc Spector yang sebelumnya telah mengadakan perjanjian dengan dewa Bulan Khonshu untuk menjadi avatarnya. Sementara Marc bisa berubah menjadi Moon Knight, episode 2 kemarin telah mengungkap bahwa Steven juga bisa berubah menjadi Mr. Knight yang lebih rapi secara penampilan.

Dan sekarang, sebuah kabar terbaru mengungkap bahwa akan ada lebih banyak lagi alter ego dalam tubuh Steven/Marc. Kabar ini bahkan pernah disampaikan langsung oleh Isaac pada saat dia melakukan sesi wawancara dengan seorang reporter Spanyol dalam acara premier Moon Knight. Ketika reporter tersebut bertanya dalam bahasa Spanyol apakah dia merasa kesulitan untuk memerankan dua karakter sekaligus, Oscar menjawab, “Mungkin akan lebih dari dua. Bisa saja. Kalian harus melihat serialnya [sampai selesai].”

Berdasarkan apa yang sudah terungkap dari dua episode perdananya, sejauh ini ada dua alter ego yang bersemayam di dalam tubuh karakter protagonisnya. Yang pertama adalah Steven Grant, orang Inggris yang bekerja di sebuah museum. Dan yang kedua adalah Marc Spector, tentara bayaran dari Amerika yang ternyata mempunyai seorang istri bernama Layla. Jika melihat sejarah Moon Knight di Marvel Comics, sebenarnya masih ada satu alter ego lagi yang belum muncul, dia adalah seorang sopir taksi bernama Jake Lockley.

Sampai berita ini dirilis, Marvel sendiri masih belum mengonfirmasi apakah Jake akan muncul di serial MCU-nya atau tidak. Yang jelas jika ada alter ego lain yang akan muncul di serial Moon Knight, Jake adalah sosok yang paling berpotensi. Di Marvel Comics sendiri, alter ego Marc, Steven, Moon Knight, Mr. Knight, dan Jake adalah para alter ego yang memang saling saling melengkapi satu sama lain. Kita lihat saja kebenarannya nanti, saat episode Moon Knight selanjutnya tayang di Disney+ setiap hari Rabu pukul 15.00 WIB.