Young Avengers adalah nama sebuah tim superhero dari Marvel Comics yang akhir-akhir ini santer dibicarakan oleh para penggemar setia tayangan Marvel Cinematic Universe. Hal itu bukan tanpa sebab, karena dengan absennya tim Avengers asli yang telah memainkan peran penting di Infinity Saga, banyak penggemar yang penasaran dengan rencana Marvel selanjutnya terkait tim superhero terbaik Bumi.

Sementara tim Avengers yang beranggotakan para superhero senior, termasuk Thor, Hulk, Hawkeye, dan sebagainya tidak memperlihatkan tanda-tanda kembalinya Avengers, khususnya setelah Iron Man dan Black Widow tewas serta Captain Amarica pensiun. Di Fase 4 MCU kali ini justru Marvel sepertinya lebih aktif dalam memperkenalkan para superhero muda yang di Marvel Comics sendiri adalah anggota Young Avengers.

Sekarang pertanyaannya, jika Young Avengers benar-benar dibentuk, siapa yang akan memimpin mereka? Karena seperti yang kita tahu, pemimpin adalah sosok yang sangat dibutuhkan oleh tim superhero, di mana Iron Man dan Captain America adalah sosok yang bergantian untuk mengisi posisi tersebut di Avengers. Sebelum menjawabnya mari kita bahas terlebih dahulu siapa saja superhero muda yang telah diperkenalkan dan akan muncul di MCU.

Roster Young Avengers di MCU

Di Marvel Comics, Young Avengers adalah tim superhero yang dibentuk tidak lama setelah Avengers diceritakan bubar setelah peristiwa Avengers Disassembled. Diperkenalkan pertama kali melalui komik Young Avengers #1 (2005) karya Allan Heinberg dan Jim Cheung, sampai saat ini superhero muda yang tercatat sebagai bagian dari Young Avengers, di antara lain adalah Iron Lad (Nathaniel Richards), Hawkeye (Kate Bishop), Patriot (Eli Bradley), Miss America (America Chavez), Speed (Tommy), Wiccan (Billy), Stinger (Cassie Lang), Kid Loki, Emperor Dorrek VIII, Marvel Boy, Jonas, dan Prodigy.

Menariknya, di MCU sendiri beberapa anggota Young Avengers di Marvel Comics sudah dipastikan akan muncul di MCU. Sejauh ini yang sudah hadir adalah Billy (Julian Hilliard) dan Tommy Maximoff (Jett Klyne) di serial WandaVision, Eli Bradley (Elijah Richardson) di serial The Falcon and the Winter Soldier, Kid Loki (Jack Veal) di serial Loki, dan Kate Bishop (Hailee Steinfeld) di serial Hawkeye. Selain mereka, America Chavez (Xochitl Gomez) juga sebentar lagi akan melakukan debutnya di film Doctor Strange 2, begitu juga Cassie Lang (Kathryn Newton) yang dipastikan akan kembali di film Ant-Man 3.

Marvel Studios sendiri saat ini tengah mempersiapkan beberapa superhero muda lain, termasuk Kamala Khan alias Ms. Marvel (Iman Vellani) dan Riri Williams (Dominique Thorne) yang di komiknya menjadi superhero penerus Iron Man bernama Ironheart, mereka berdua akan melakukan debut live action-nya secara berurutan di serial Ms. Marvel dan film Black Panther 2. Kabarnya, karakter Iron Lad juga akan dimunculkan pada suatu titik di MCU, mengingat versi dewasanya yang bernama Kang the Conqueror sudah pasti akan diperankan oleh aktor Jonathan Majors.

Siapa Pemimpin Young Avengers

Setelah mengetahui siapa saja superhero muda yang telah diperkenalkan dan siapa saja yang akan melakukan debut pada masa depan MCU, lantas siapa sosok yang sangat masuk akal untuk menjadi pemimpin Young Avengers nanti? Mengingat banyaknya karakter di film Eternals yang tidak terlalu berkesan, karena tidak dihubungkan oleh karakter lama MCU, mungkin Marvel harus melibatkan satu sosok yang akan menghubungkan Young Avengers dengan semestanya. Dan sosok yang sangat cocok untuk mengambil tugas tersebut tidak lain adalah Peter Parker alias Spider-Man.

Diperankan oleh Tom Holland yang berusia 25 tahun, sebenarnya Spider-Man di MCU sendiri adalah karakter yang digambarkan berusia kurang lebih 18 tahun, karena di akhir film No Way Home dia baru mulai berkuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Selain cukup muda untuk menjadi bagian dari Young Avengers, Spider-Man juga mempunyai hubungan yang cukup baik dengan Avengers. Meskipun saat ini semua orang melupakan identitas Peter Parker sebagai Spider-Man, tetapi seluruh dunia tidak akan lupa bahwa Spider-Man adalah anggota Avengers yang terlibat dalam pertempuran melawan Thanos.

Jika Spider-Man benar-benar menjadi pemimpin Young Avengers yang akan mengumpulkan para anggota mudanya, ada banyak keunggulan yang didapatkan oleh tim superhero muda tersebut. Yang pertama mereka akan mempunyai figur yang membuat posisi Young Avengers di MCU cukup valid, yang kedua usia Spider-Man yang tidak terlalu jauh dapat membuat mereka bersahabat, dan yang ketiga mereka bisa belajar dari pengalaman Spider-Man sebagai salah satu anggota Avengers yang pernah terbang ke planet Titan.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, walaupun Spider-Man bukan anggota Young Avengers di Marvel Comics, tetapi cukup masuk akal dan terasa sangat layak jika dia menjadi pemimpin Young Avengers sekaligus penghubung dengan para superhero senior di MCU. Itulah pembahasan mengenai siapa sosok yang akan menjadi pemimpin Young Avengers versi MCU, bagaimana menurut kalian? Kita lihat saja nanti kebenarannya pada masa yang akan datang ya, Geeks

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.