Home SERIES SERIES FEATURES Ada Markas Doctor Doom di Serial Moon Knight?

Ada Markas Doctor Doom di Serial Moon Knight?

Sebagai tayangan terbaru Marvel Studios, serial Moon Knight adalah bagian dari Marvel Cinematic Universe yang berfokus pada karakter superhero baru bernama Steven Grant/Marc Spector (Oscar Isaac). Berdasarkan episode perdana yang telah tayang pada Rabu lalu, terungkap bahwa musuh yang harus dihadapi oleh Moon Knight adalah sosok Arthur Harrow, yang digambarkan sebagai pemimpin sebuah sekte penyembah dewa Mesir Ammit.

Yang tidak kalah menarik dari episode perdana kemarin adalah sebuah lokasi di pegunungan Alpen yang mirip seperti markas dari supervillain populer Marvel yang bernama Doctor Doom, yaitu Latveria. Dalam salah satu adegan, Steven diperlihatkan tiba-tiba bangun di sebuah desa kecil di Alpen, di latar belakang terlihat sebuah permukiman yang mirip seperti Doomstadt, ibu kota Latveria. Bagaimana teori ini bisa muncul? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Wilayah Kekuasaan Doctor Doom

Di Marvel Comics sendiri, Latveria adalah negara fiktif berbentuk kerajaan yang pertama kali diceritakan pada tahun 1964 melalui komik Fantastic Four Annual #2 karya Jack Kirby dan Stan Lee. Letaknya yang berada di bagian timur Eropa membuat Latveria menjadi salah satu negara kecil yang wilayah kekuasaannya terbentang sangat luas. Dipimpin oleh musuh bebuyutan Fantastic Four, yaitu Dr. Victor von Doom alias Doctor Doom, Latveria mempunyai ibu kota yang diberi nama Doomstadt.

Secara spesifik, Latveria terletak di antara Romania, Hungaria, dan Serbia, di mana letak dari berbagai negara Eropa ini sangat dekat dengan pegunungan Alpen. Di berbagai kisah Marvel Comics, Doomstadt dari Latveria sering digambarkan sebagai sebuah kota bergaya asitektur Eropa Timur yang di atasnya terdapat sebuah kastil raksasa milik Doctor Doom. Awalnya Doomstadt adalah sebuah kota kecil yang bernama Hassenstadt, di mana letaknya cukup dekat dengan Transylvania tempat Dracula Marvel dan Symkaria yang saat ini tengah dikuasai juga oleh Doom di Marvel Comics.

Meskipun Doctor Doom adalah villain yang sering muncul dalam kisah Fantastic Four, tetapi dia juga pernah berhadapan dengan avatar Khonshu ini di komik Moon Knight yang dirilis pada tahun 90-an. Menariknya, cerita di komiknya sendiri mempertemukan mereka di Latveria, saat Marc Spector diceritakan mengambil sebuah artefak yang menurut Doctor Doom adalah miliknya. Premis kisah yang cukup familier bukan, Geeks? Mirip seperti yang terjadi di serial Moon Knight Episode 1.

Masa Depan Latveria di Serial Moon Knight

Kehadiran kastil dan pemukiman di pegunungan Alpen yang muncul di serial Moon Knight episode 1, telah membuat banyak penggemar yang merasa bahwa lokasi tersebut sangat mirip dengan kastil Doom dan Doomstadt dari Marvel Comics, dari mulai gaya arsitektur sampai komposisi kastil dan pemukiman yang nyaris tidak ada bedanya. Ditambah lagi, kisah komik ketika Moon Knight mengambil suatu artefak dari Doom, sangat mirip seperti premis episode perdana Moon Knight yang memperlihatkan Steven mengambil artefak kumbang emas Mesir dari Arthur Harrow.

Mengingat Doctor Doom sendiri adalah karakter komik yang sangat tertarik pada sains dan juga sihir, cukup masuk akal jika dia bekerja sama dengan Arthur Harrow untuk mengetahui hubungannya dengan dewa-dewa Mesir. Meskipun Doom belum muncul di MCU, di Marvel Comics cukup jelas bahwa dia adalah sosok yang sangat berambisi terhadap kekuatan, termasuk dengan mencari tahu siapa leluhurnya demi mengukuhkan posisinya sebagai orang terkuat di Marvel Universe.

Jika teori ini benar, bukan tidak mungkin bahwa Doctor Doom akan muncul di akhir serial Moon Knight sebagai pemimpin negara Latveria. Baru setelah itu dia bisa melanjutkan kisah sendiri sebagai supervillain utama di film Fantastic Four mendatang yang saat ini tengah dikembangkan oleh sutradara No Way Home, Jon Watts, bersama Kevin Feige. Itulah pembahasan mengenai kemunculan sebuah lokasi di serial Moon Knight yang mirip seperti markas Doctor DoomKelanjutan serialnya sendiri bisa segera disaksikan pada hari ini, tepatnya pukul 15.00 WIB hanya di saluran streaming Disney+.

Exit mobile version