Sosok Nika sang dewa matahari sepertinya masih menjadi perbincangan hangat di kalangan fans One Piece sampai saat ini. Fakta mengejutkan yang diungkapkan oleh Who’s Who ini merupakan sosok legendaris lainnya selain Joy Boy. Untuk saat ini, kita masih belum mengetahui siapa Nika sang dewa matahari tersebut. Dan kita juga masih belum mengetahui apakah itu merupakan sosok asli atau hanya sekedar titel.

Nama Nika sang dewa matahari sendiri pertama kali disebutkan di chapter 1018 kemarin, di mana Who’s Who menjelaskan tentang sosok legendaris bernama “Nika” yang memiliki julukan “Sun God” atau dewa matahari saat bertarung melawan Jinbe. Sosok tersebut diketahui oleh Who’s Who ketika dia dipenjara setelah gagal dalam tugasnya.

Who’s Who sendiri mengetahui cerita tentang sosok Nika setelah dia diberitahu oleh salah satu penjaga bahwa ada sosok misterius bernama Nika, yang selalu menolong para budak. Sayangnya, sang penjaga tersebut tidak memberikan penjelasan lain mengenai sosok Nika. Selain itu, setelah cukup lama dinantikan, Nika ternyata tidak kunjung muncul dan menyelamatkan Who’s Who.

Yang menarik adalah dalam penjelasan Who’s Who mengenai sosok Nika, Who’s Who sempat menyinggung bahwa Nika juga kemungkinan memiliki koneksi dengan para kru bajak laut Matahari. Karena itulah Who’s Who mencoba menggali informasi lebih dalam mengenai sosok Nika kepada Jinbe yang merupakan mantan kru bajak laut tersebut.

Meskipun begitu, yang perlu dicatat dan diingat adalah masih belum diketahui dan belum ada konfirmasi dari Oda Sensei terkait apakah memang ada koneksi antara Nika dan juga kelompok bajak laut Matahari. Kemungkinan keyakinan dari Who’s Who tersebut muncul mengingat julukan dari Nika dan juga nama dari kelompok bajak laut tersebut.

Seperti yang diketahui, kelompok bajak laut Matahari adalah kelompok bajak laut yang dibentuk oleh legenda manusia ikan, Fisher Tiger. Fisher Tiger merupakan mantan budak yang berhasil kabur dan kemudian bersama dengan manusia ikan lainya dia pun membentuk kelompok bajak laut Matahari. Tujuan utamanya adalah membantu manusia ikan lain dan membebaskan para budak dari kaum naga langit.

Simbol atau lambang dari kelompok bajak laut ini berbentuk matahari, yang mana sebenarnya lambang tersebut merupakan modifikasi dari lambang budak yang diberikan oleh kaum naga langit kepada budak-budak mereka. Modifikasi tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat seperti matahari.

Kecurigaan Who’s Who bahwa kelompok bajak laut Matahari memiliki koneksi dengan Nika kemungkinan muncul karena hal tersebut, di mana mereka sering membebaskan para budak. Tetapi, sayangnya, sampai saat ini belum ada tanda atau petunjuk yang mengonfirmasi bahwa memang Nika memiliki koneksi dengan kelompok bajak laut tersebut.

Jinbe sendiri pada saat pertarungan tersebut tidak memberikan jawaban yang jelas mengenai hal tersebut. Dia mengatakan kepada Who’s Who untuk mencari tahu sendiri terkait hal tersebut. Ada dua kemungkinan yang terjadi terkait dengan pertanyaan Who’s Who itu. Pertama, Jinbe memang tahu tentang sosok Nika tetapi lebih memilih untuk menyembunyikan faktanya.

Dari ekspresi yang dihadirkan oleh Jinbe saat Who’s Who menyebutkan dan bercerita tentang sosok Nika, sepertinya Jinbe memang mengetahui atau mengenal atau pernah mendengar nama tersebut. Jinbe mungkin terkejut karena Who’s Who menyebutkan nama yang sudah tidak lama dia dengar. Mengapa kemudian dia tidak mau menceritakan hal tersebut? Bisa jadi itu merupakan wasiat dari Fisher Tiger.

Kemungkinan lainnya, Jinbe tidak mau menceritakan hal tersebut kepada pihak musuh karena informasinya memang sangat penting dan juga rahasia. Kemungkinan kedua, Jinbe sama sekali tidak tahu menahu tentang Nika. Nama Nika mungkin menjadi sosok legendaris yang hanya diketahui atau pernah didengar oleh sebagian orang saja.

Jinbe merupakan salah satu orang yang belum pernah mendengar atau baru pertama kali mendengar nama tersebut. Sehingga, dia pun menyuruh Who’s Who untuk mencari tahu sendiri tentang Nika karena dia tidak tahu apa pun mengenai sosok legendaris tersebut. Jadi, kesimpulannya, belum diketahui secara pasti apakah Nika memang memiliki koneksi dengan kelompok bajak laut matahari. Meskipun begitu, kemungkinan besar bahwa kepercayaan Who’s Who itu berdasarkan dari kesamaan simbol dan nama dari kelompok bajak laut tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.