Sebagai serial animasi robot yang sangat populer pada tahun 80-an, Voltron bercerita tentang lima orang pilot luar angkasa yang mengendarai lima robot, di mana mereka bisa bergabung menjadi sebuah robot raksasa yang disebut Voltron. Diproduksi pertama kali oleh Ted Koplar melalui perusahaan produksinya, World Events Productions, Voltron sendiri telah berkembang dengan beberapa versi, dari mulai Voltron pertama (1984–1985), The Third Dimension (1998–2000), sampai yang terbaru Legendary Defender (2016–2018).

Dengan mengambil inspirasi dari anime mecha Jepang, seperti Beast King GoLion dan Armored Fleet Dairugger XV, Voltron telah berhasil menjadi salah satu animasi yang terkenal di Hollywood bahkan di dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Dan karena popularitasnya tersebut, sejak tahun 2016, Voltron sudah diincar untuk dijadikan tayangan live action. Apalagi dengan keadaan seperti sekarang ini, di mana banyak perusaan film Hollywood yang mulai berlomba-lomba untuk mengadaptasi tayangan animasi.

Dan sekarang, tampaknya perebutan adaptasi Voltron oleh berbagai perusahaan film sudah tidak terelakan lagi, setelah seorang sutradara mengemukakan niatnya untuk membuat film live action Voltron. Menurut THR, sutradara Rawson Marshall Thurber yang sebelumnya mengerjakan film Red Notice, saat ini tengah berencana untuk membawa waralaba Voltron ke layar lebar. Bertindak sebagai sutradara, Thurber juga rencananya akan terlibat dalam penulisan naskahnya bersama Ellen Shanman.

Ide tentang film live action Voltron ini langsung disambut baik oleh berbagai perusahaan film Hollywood yang berebut untuk mendapatkan hak produksi dan penayangan filmnya. Adapun berbagai perusahaan film yang dimaksud di antaranya adalah Warner Bros. yang terkenal dengan berbagai tayangan DC Extended Universe-nya, kemudian Universal Pictures yang saat ini tengah mengembangkan waralaba Transformers, dan tidak ketinggalan juga Amazon yang akhir-akhir ini cukup aktif dalam mengembangkan berbagai tayangan menarik.

Sampai berita ini dirilis, masih belum diketahui perusahaan film mana yang akan berhasil menaungi film live action Voltron. Di sisi lain, saluran streaming raksasa Netflix yang biasanya sangat aktif dalam menggarap tayangan adaptasi, tampaknya belum memperlihatkan ketertarikannya. Kita ikuti saja terus perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks. Jika semuanya berjalan lancar, mungkin dalam waktu dekat ini akan ada kabar pembaruan terkait film live action Voltron ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.