Setelah sempat banyak dispekulasikan oleh para fans One Piece, akhirnya Eiichiro Oda pun mengonfirmasi mengenai peningkatan kekuatan terbaru dari Luffy yaitu Gear 5. Sosok Kaido saat ini sedang menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, karena menjadi villain utama dalam arc Wano Country bersama dengan Yonko lainnya yaitu Big Mom.

Kaido sebelumnya diperlihatkan sedang bertarung melawan Luffy di atas atap istana Kaido, sedangkan Big Mom diperlihatkan berhasil dikalahkan oleh Law dan juga Eustass Kid. Perjuangan Luffy terbukti tidak mudah untuk menghadapi seorang Yonko karena mereka bukanlah bajak laut biasa. Kaido sendiri dikenal sebagai “makhluk paling kuat di seluruh dunia” dan memiliki nilai buruan yang sangat fantastis, yaitu 4,611,100,000 Belly.

Nilai buruan tersebut membuatnya saat ini menjadi buronan Pemerintah Dunia paling mahal setelah Gol D. Roger dan juga Whitebeard. Mengalahkan Kaido menjadi misi utama Luffy di arc Wano ini. Meskipun Luffy diperlihatkan mampu menandingi kekuatan dari Kaido, tetapi sebagian fans sendiri menyadari bahwa Luffy masih butuh lebih banyak lagi kekuatan untuk bisa mengalahkan Kaido.

Karena itulah, mereka pun berspekulasi mengenai kemungkinan Luffy yang akan membangkitkan kemampuan Gear 5 miliknya. Dan berbicara mengenai Gear 5, dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 yang mungkin dipersiapkan untuk menghadapi Kaido.

Ternyata, petunjuk tersebut mulai berubah menjadi kenyataan. Dalam bocoran untuk chapter 1044 diketahui bahwa kemampuan terbaru – yang berupa awakening – dari tubuh Luffy disebut oleh Luffy sendiri sebagai kekuatan terbesar dan terkuatnya saat ini. Selain itu, Luffy pun menyebutkan bahwa kekuatan terkuatnya tersebut sebagai Gear 5. Sampai sejauh ini memang masih belum banyak diperlihatkan bagaimana kekuatannya.

Dalam Gear 5 ini, Luffy baru diperlihatkan mampu melompat dengan sangat tinggi. Meskipun begitu, tubuh Luffy tetap saja masih elastis seperti karet. Yang luar biasa juga adalah seperti dijelaskan oleh Gorosei, bahwa dengan kemampuan Gear 5 atau awakening dari buah iblis Luffy ini membuat tubuh Luffy akan mampu memiliki “kebebasan” tersendiri dan juga “kekuatan” yang jauh lebih besar.

Bahkan, Gorosei sendiri mengatakan dengan jelas bahwa awakening dari buah iblisnya akan menjadi sebuah kekuatan yang mengerikan di dunia ini. Oda sepertinya masih belum memberikan lebih banyak lagi karena ini masih dalam tahap awal. Namun, berbagai spekulasi mengenai Gear 5 ini sebenarnya sudah sejak lama muncul di kalangan fans.

Misalnya, ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa Gear 5 terinspirasi dari sosok Kaido dalam bentuk naga, di mana Luffy akan mampu membentuk kulitnya menjadi lebih kuat dan lebih padat. Kekuatan tersebut juga akan dipadukan dengan kemampuan Haki Penguasa tingkat lanjut, yang baru saja berhasil didapatkan oleh Luffy.

Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa saat awakening Luffy muncul, dia bukan akan merubah sekelilingnya menjadi karet. Melainkan tubuh karetnya bisa membentuk senjata apapun yang ada dalam pikirannya. Contoh yang paling simpel adalah tubuh/tangannya bisa berubah menjadi bentuk kapak atau palu. Mungkin juga nantinya Luffy akan mampu merubah tubuhnya menjadi sebesar sebuah pulau kecil, mirip seperti buah iblis yang dimiliki oleh Sanjuan Wolf.

Selain dari bentuknya, dengan Luffy berhasil membangkitkan kemampuan buah iblisnya dan juga mendapatkan kekuatan baru, Luffy pun kini bisa dengan mudah mengakses Gear 4 tanpa perlu menggunakan Haki. Artinya, kini Luffy pun sudah mampu menguasai dengan penuh Gear 4 tanpa perlu lagi khawatir akan kehabisan Haki dalam tubuhnya. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan selanjutnya Oda Sensei mengenai Gear 5 ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.