Jougan masih menjadi salah satu misteri besar yang ada di seri Boruto: Naruto Next Generation. Doujutsu eksklusif milik Uzumaki Boruto ini masih tetap menjadi perbincangan di kalangan para fans. Hal ini rasanya wajar mengingat sampai detik ini, kita masih belum tahu tentang asal-usul dari Doujutsu tersebut. Meskipun begitu, ada banyak teori dan spekulasi yang bermunculan terkait Jougan.

Misalnya, Jougan merupakan Doujutsu yang diberikan oleh Toneri Otsutsuki saat Hinata diculik. Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Doujutsu Boruto muncul berkat bertemunya dua chakra Otsutsuki dalam tubuhnya yaitu chakra Asura Otsutsuki dan juga chakra Hamura Otsutsuki. Namun, masih belum ada satu pun teori atau spekulasi yang terbukti atau dikonfirmasi.

Berbicara mengenai Jougan, sampai saat ini Masashi Kishimoto masih belum memperlihatkan bagaimana kemampuan dari Doujutsu ini atau pun kita masih belum lihat bagaimana Boruto membangkitkan kemampuannya. Masih belum diketahui apa yang kemudian menjadi alasan atau penyebab dari hal tersebut. Namun, terdapat sebuah teori menarik mengenai hal ini.

Berdasarkan teorinya, Boruto harus berada di sekitar atau berada di dekat seorang Otsutsuki atau mereka yang memiliki koneksi dengan Otsutsuki untuk kemudian membangkitkan Jougan miliknya. Teori ini bisa dibilang masuk akal mengingat sampai sejauh ini Boruto masih belum membangkitkan atau menggunakan Jougan, meskipun ada juga sisi lainnya.

Sisi lainnya adalah meskipun Boruto berada di dekat Otsutsuki – misalnya Isshiki – pada kenyataanya Boruto masih tetap belum diperlihatkan mampu membangkitkan kekuatan tersebut. Tetapi, saat ini, Boruto sudah resmi menjadi seorang Otsutsuki baru seperti diungkapkan langsung oleh Momoshiki dalam chapter 67 kemarin. Jika kemudian kita merujuk kepada teorinya, artinya hanya tinggal masalah waktu bagi Boruto untuk membangkitkan Jougan miliknya.

Lagipula, Momoshiki kembali mengingatkan Boruto tentang ramalan yang akan dia alami dalam hidupnya, di mana “mata biru” yang dia miliki tersebut akan membawa petaka besar dalam hidupnya. Apakah artinya Jougan justru akan menghadirkan sengsara bagi Boruto? Apakah Jougan yang kemudian yang akan membunuh Naruto pada masa yang akan datang?

Satu hal yang pasti, dengan bangkitnya Doujutsu Jougan ini bisa dipastikan level kekuatan Boruto akan meningkat lagi secara drastis. Apa yang terjadi pasca momen di chapter 67 kemarin memberikan kita petunjuk bahwa Boruto sudah mengalami peningkatan kekuatan, dengan memiliki kekuatan Karma dari Momoshiki. Dan dengan bangkitnya Jougan, bukan tidak mungkin Boruto akan menjadi yang terkuat diantara Otsutsuki lain.

Selain dengan Boruto yang sekarang sudah “menyatu” dengan Momoshiki, mungkin akan ada cara lainnya bagaimana kemudian Boruto membangkitkan Jougan miliknya. Bagaimana jika cara Boruto untuk membangkitkan Jougan miliknya adalah dengan kehilangan semua yang sudah dia miliki? Hal ini pun terjadi kepada Sasuke, di mana dia berhasil membangkitkan Sharingan miliknya setelah dia melihat seluruh klannya tewas.

Saat ini, Momoshiki sudah tidak lagi ditakuti oleh Boruto. Meskipun Boruto masih khawatir dengan ancamannya, namun sepertinya Boruto sudah tidak lagi gentar dengan ancaman-ancaman dari Momoshiki. Sehingga, mungkin cara lainnya bagi Boruto untuk kemudian membangkitkan Jougan miliknya adalah dengan kehilangan sesuatu atau semua yang dia miliki.

Bagaimana Reaksi Klan Otsutsuki Lain?

Para fans tentunya berharap bahwa spekulasi di atas bisa benar terjadi, di mana Jougan Boruto akan bangkit setelah Boruto kini benar-benar menjadi seorang Otsutsuki baru. Namun, yang menjadi pertanyaannya kemudian bagaimana reaksi klan Otsutsuki lainnya menanggapi hal tersebut. Kebangkitan dari Jougan Boruto rasanya akan diketahui oleh semua orang termasuk semua yang ada di klan Otsutsuki.

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Isshiki menunjukan kepada Code tentang sosok dewa Otsutsuki yang memiliki Jougan. Jika kemudian apa yang diperlihatkan oleh Isshiki tersebut benar, maka ada kemungkinan jika reaksi para klan Otsutsuki lainnya akan berusaha mencegah Boruto membangkitkan Jougan miliknya.

Bukan tidak mungkin jika akan ada Otsutsuki lainnya yang datang ke bumi dan berusaha untuk mencegah Boruto membangkitkan Jougan miliknya. Dan itu menjadi awal mula kehancuran dari Konoha dan seluruh dunia, seperti yang kita lihat di awal serinya. Jika memang demikian, maka mungkin itulah bencana atau petaka yang selama ini dibicarakan oleh Momoshiki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.