Obi-Wan Kenobi adalah series baru dari franchise Star Wars yang akan dirilis 25 Mei mendatang di Disney+. Seriesnya kembali menceritakan petualangan Obi-Wan Kenobi, seorang Jedi Master yang pernah menjadi guru bagi Luke Skywalker dan Anakin Skywalker. Seriesnya mengambil latar tempat Tatooine, sebuah gurun yang juga menjadi planet asal bagi Luke Skywalker.

Series ini dibintangi oleh deretan nama besar seperti Ewan McGregor sebagai Obi-Wan Kenobi, Joel Edgerton sebagai Owen Lars, Bonnie Piesse sebagai Beru Lars, dan beberapa nama baru seperti Maya Erskine, Rupert Friend, Moses Ingram, O’Shea Jackson Jr., Simone Kessell, Kumail Nanjiani, Indira Varma, Simone Kessell, dan Sung Kang. Beberapa waktu lalu, Darth Maul sudah dikonfirmasi kembali dalam series Darth Maul, namun sepertinya rencana tersebut berubah.

THR melaporkan bahwa Darth Maul batal tampil di series Obi-Wan Kenobi. Padahal sebelumnya, aktor Ray Park, yang pernah memerankan Maul di Star Wars: Episode I – The Phantom Menace dan Solo: A Star Wars Story sudah bersiap kembali memerankan karakter tersebut. Namun karena adanya perubahan dari sisi kreatif dalam series Obi-Wan Kenobi, Maul batal ditampilkan. Menurut kabar yang ada, Maul digantikan oleh Darth Vader.

Sekedar mengingatkan, Maul dianggap tewas di film The Phantom Menace. Namun dalam Star Wars: The Clone Wars, terungkap bahwa sebenarnya Maul masih hidup, yang memberikannya peluang untuk kembali bertemu dengan Kenobi. Series Obi-Wan Kenobi sendiri mengambil latar waktu sebelum Star Wars: Rebel. Nah, Star Wars: Rebels adalah kemunculan terakhir Darth Maul, karena di sana ia benar-benar tewas setelah melakukan duel Lightsaber dengan Obi-Wan Kenobi.

Sangat masuk akal jika Maul batal ditampilkan dalam series Obi-Wan Kenobi. Pasalnya, kisah Darth Maul sudah ditutup sempurna di Star Wars: Rebels. Walaupun banyak penggemar yang menantikan kembalinya Maul, tapi sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Kita tunggu aja, apalagi rencana Lucasfilm dalam membuat film-film baru Star Wars. Bisa saja mereka membuat film solo Maul, yang menceritakan perjalanannya sebelum tewas di Star Wars: Rebels.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/