Kurang lebih sudah empat tahun arc Wano Country berjalan dalam seri One Piece, dan sepertinya arc ini akan segera selesai dalam waktu dekat. Pertarungan puncak antara dua Yonko dan beberapa nama besar dari kelompok bajak laut Worst Generation menjadi aksi paling epik yang dihadirkan di arc ini, bahkan di serinya.

Namun, semuanya tentu harus berakhir. Seri One Piece selalu bermain-main dengan ekspektasi orang-orang dan juga mengarah pada sesuatu yang tidak terduga. Kejutan adalah sesuatu yang membuat seri ini masih tetap dicintai para fansnya. Namun, tentunya para fans lama dari serinya sudah bisa membaca memprediksi apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Dan berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi pasca arc Wano.

Peningkatan Nilai Buruan Kru Topi Jerami

Satu hal yang selalu terjadi dalam seri One Piece adalah fakta bahwa nilai buruan Luffy dan kru Topi Jerami akan selalu meningkat pasca menghadapi musuh-musuh yang besar dan kuat. Semakin populer dan berbahaya musuh yang mereka hadapi, maka semakin besar pula peningkatan nilai buruan mereka.

Hal ini pernah terjadi pasca arc Enies Lobby. Dan kali ini, Luffy dan kru Topi Jerami menghadapi apa yang orang-orang anggap sebagai salah satu bajak laut paling kuat yang pernah ada dan merupakan salah satu Yonko, Kaido. Bukan hanya Kaido, mereka juga harus menghadapi Yonko lainnya, Big Mom. Dengan adanya dua Yonko sekaligus dalam satu tempat, setelah semuanya selesai, bisa dipasti nilai buruan Luffy dan semua yang terlibat akan meningkat dengan sangat drastis.

Momonosuke Menjadi Shogun Baru Wano

Momonosuke merupakan anak pertama dari Kozuki Oden dan Toki. Oden sendiri merupakan mantan Daimyo di wilayah Kuri. Namun, ayahnya, Kozuki Sukiyaki, adalah Shogun dari Wano. Karena itulah Momonosuke merupakan pewaris sah dari tonggak kepemimpinan di wilayah Wano. Sayangnya, dengan Momo dikirim ke 20 tahun yang akan datang bersama sebagian Red Scabbards, kepemimpinan Wano akhirnya diambil alih oleh Orochi.

Seperti apa yang terjadi di arc Alabasta, Luffy dan yang lain tentunya akan mengembalikan tahta kekuasaan kepada mereka yang memang berhak atau merupakan pewaris sah dari hal tersebut. Misalnya Vivi dari wilayah Alabasta dan juga Rebecca dari Dressrosa. Hal ini pun mungkin akan kembali terjadi di Wano, di mana Momonosuke mungkin akan menjadi Shogun bagi wilayah Wano.

Aliansi Besar Bajak Laut

Salah satu hal yang unik dan juga memorable yang terjadi di akhir arc Dressrosa adalah terbentuknya Straw Hat Grand Fleet atau armada besar Topi Jerami. Hal tersebut pada dasarnya merupakan aliansi yang terbangun antara kru Topi Jerami dan banyak bajak laut lainnya. Bukan hanya itu, kelompok Topi Jerami juga menjalin aliansi tidak resmi dengan keluarga kerajaan Dressrosa.

Di Wano sendiri ada banyak bajak laut besar yang terlibat dalam pertempuran di Onigashima, seperti Eustass Kid dan Trafalgar Law juga X Drake. Mungkin pasca pertempuran, mereka akan menjalin aliansi yang jauh lebih kuat dan solid lagi. Dan bukan hanya itu, keluarga Kozuki dan juga para samurai akan menjadi sekutu bagi kru Topi Jerami.

Yamato Bergabung dengan Topi Jerami

Bergabungnya Yamato dengan kelompok Topi Jerami sebenarnya menjadi salah satu hal yang sering dibahas oleh para fans sejak kemunculan perdana Yamato, bahkan sampai saat ini. Yamato dianggap memiliki hal yang masuk dalam “kualifikasi” untuk menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Contoh nyatanya adalah memiliki masa lalu yang tragis.

Bergabungnya Yamato dengan kelompok Topi Jerami ini pun sering kali disangkut-pautkan dengan kesamaan atau paralel antara kru Roger dan Luffy. Kozuki Oden pernah bergabung dengan kru Roger dan membawa mereka menuju Laugh Tale. Dan Yamato pun dianggap akan mengikuti hal yang sama dengan Oden dan Roger dengan bergabung bersama Luffy.

Robin Pecahkan Poneglyph di Wano

Salah satu hal yang juga sangat dinantikan oleh para fans adalah munculnya informasi baru mengenai petunjuk menuju Laugh Tale atau berbagai hal dan informasi lainnya sesuai dengan apa yang tertulis di Poneglyph. Wano sendiri diyakini menjadi tempat disimpannya Road Poneglyph yang ketiga. Kaido sendiri bahkan memiliki sebuah Poneglyph, namun belum diketahui apakah itu Road Poneglyph atau bukan.

Selain itu, bukan hanya Wano dikonfirmasi memiliki Poneglyph, tetapi negara Wano juga dianggap memiliki sejarah yang panjang dengan setiap kreasi dari Poneglyph. Keluarga Kozuki merupakan pembuat dari Poneglyph. Dengan Nico Robin mampu membaca Poneglyph, kita tentu akan mendapatkan informasi baru mengenai sejarah dunia melalui Poneglyph yang ada di Wano.

Tentunya ada banyak hal yang mungkin saja terjadi setelah arc Wano Country yang sangat panjang ini. Namun, dari berbagai kemunginan yang terjadi pasca Wano, lima hal di atas yang paling besar kemungkinannya terjadi. Namun, tentunya ini hanya sekedar prediksi di mana semuanya Oda Sensei yang memutuskan, sehingga bukan tidak mungkin poin-poin di atas meleset.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.