Jika berbicara tentang karakter Marvel paling kuat, Thor Odinson adalah salah satunya. Sebagai anak Odin sang penguasa Nine Realms, Thor diberkahi kekuatan super dan pengendalian petir yang membuat dia dijuluki sebagai Dewa Petir. Dan untuk memaksimalkan pengendalian kekuatan petirnya, Thor sering terlihat menggunakan katalis berupa senjata dewa yang tidak terkalahkan. Sepanjang sejarahnya di Marvel Universe, Thor asli tercatat pernah menggunakan lebih dari satu senjata sakti. Berikut lima senjata sakti yang pernah digunakan oleh Thor Odinson di Marvel Universe.

Mjolnir

Ditempa dari batuan bintang yang sangat langka, Odin menyerahkan Mjolnir kepada Thor sebagai simbol kelayakan atas dirinya yang digadang-gadang akan menjadi penerus kekuasan Nine Realm. Selama bertahun-tahun penggemar melihat bagaimana Thor sangat membanggakan senjata pertamanya ini, karena sangat jarang yang bisa menggunakannya selain dirinya. Dengan palu Mjolnir ini, bisa dibilang hampir semua musuh yang dihadapi oleh Thor pasti akan kalah. Selain bisa dipanggil ketika bertarung serta bisa membuatnya terbang, Mjolnir juga terbukti menjadi katalis petir yang sempurna bagi Thor.

Odinsword

Sesuai dengan namanya, Odinsword sebenarnya adalah pedang raksasa milik Odin yang dahulu digunakan ketika dia berusaha mengembangkan kekuasaannya di Nine Realm. Konon jika pedang ini dikeluarkan dari sarung pedangnya, malah dapat memicu kiamat Asgard yang disebut Ragnarok. Selama bertahun-tahun banyak villain yang berusaha mencurinya dari Odin, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil merenggutnya dari Odin, sampai akhirnya Odin menyerahkannya sendiri kepada Thor. Hal tersebut bisa terjadi karena pada saat itu Thor diramalkan untuk mengalahkan paman jahatnya yang bernama Cul Borson, dan Odinsword adalah satu-satunya senjata yang bisa membunuhnya.

Ultimate Mjolnir

Meskipun Thor asli tidak pernah menggunakan Stormbreaker di Marvel Universe, karena senjata tersebut hanya digunakan oleh Beta Ray Bill, tetapi ada satu kapak raksasa yang bentuknya sangat mirip seperti Stormbreaker versi Marvel Cinematic Universe, yaitu Ultimate Mjolnir. Alih-alih ditempa oleh para dwarf kosmik, Ultimate Mjolnir ditempa langsung oleh Odin sebelum memberikannya kepada Thor sebagai satu-satunya senjata yang akan membangkitkan kembali Asgard setelah Ragnarok terjadi. Bedanya dari Mjolnir biasa, versi Ultimate ini bisa digunakan oleh siapa saja, serta mempunyai sumber kekuatan yang tidak terbatas melebihi fungsi utamanya sebagai katalis petir.

Jarnbjorn

Dari sekian banyak senjata sakti yang pernah digunakan oleh Thor, Jarnbjorn adalah yang paling sering dia gunakan selain Mjolnir. Sebelum dirinya layak menggunakan Mjolnir, Thor pernah diceritakan menggunakan Jarnbjorn sebagai senjata andalannya ketika bertempur, salah satunya ketika dia menghadapi mutan pertama bernama En Sabah Nur alias Apocalypse. Alasan mengapa senjata ini sangat sakti adalah karena ketika darah Thor menyentuh Jarnbjorn, hampir semua benda dan mahkluk di Marvel Universe bisa dia belah dengan mudah, termasuk entitas kosmik seperti Celestial.

Crowbar

Ketika Thor kehilangan kelayakannya atas Mjolnir, dia pernah diceritakan kembali melakukan petualangan di Bumi untuk mencari jawaban mengapa dia tidak bisa mengangkat palu andalannya. Pada saat yang sama, dia berhadapan dengan villain bernama Wrecker dan tim supervillainnya yang disebut Wrecking Crew. Karena dirinya masih tetap dewa meskipun tanpa Mjolnir, Thor bisa merebut senjata Crowbar Wrecker dan menggunakannya. Ternyata Crowbar tersebut adalah salah satu senjata yang mengandung sihir Asgardian, sehingga Thor bisa menggunakannya seperti Mjolnir, di mana dia bisa melemparkan dan memanggil Crowbar sesuka hatinya.

Kelima senjata ini membuktikan bahwa Thor tampaknya kurang percaya diri jika dirinya tidak mememegang senjata seperti palu atau kapak. Itulah mengapa sepanjang sejarahnya di Marvel Universe dia selalu membawa senjata ke mana pun dia pergi, dari mulai Mjolnir asli sampai senjata sementara seperti Crowbar. Walaupun begitu, bukan berarti Thor adalah superhero yang lemah, karena pada kenyataannya semua senjata yang dibawanya akan jauh lebih sakti ketika digunakan oleh Thor. Itulah lima senjata sakti yang pernah digunakan oleh Thor di Marvel Universe. Yang mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.