Phase 4 dari Marvel Cinematic Universe akan berlanjut dengan dirilisnya film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Film yang menjadi sekuel dari film Doctor Strange ini akan menyajikan sesuatu yang sangat berbeda dan skala cerita yang jauh lebih masif. Trailer perdana untuk film tersebut sudah resmi dirilis. Dan ada hal yang menarik yang akan muncul di filmnya.

Salah satunya adalah kita akan menyaksikan berbagai varian atau variasi lain dari versi Doctor Strange yang ada di MCU. Konsep tentang varian atau variasi ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan dalam seri Loki, di mana dalam multiverse MCU ada banyak variasi dari satu karakter. Berikut adalah beberapa variasi Doctor Strange yang sudah dikonfirmasi muncul di film Doctor Strange 2.

Doctor Strange Versi Utama

Versi pertama yang jelas akan muncul adalah Doctor Strange versi utama alias versi MCU. Tidak ada yang berbeda atau berubah dari sosok Doctor Strange versi MCU ini, kecuali dia sudah tidak ingat siapa sosok Peter Parker. Hal ini merupakan hasil dari apa yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home kemarin. Strange juga akan mencoba untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Meskipun Peter Parker sudah melakukan sebuah pengorbanan besar di akhir filmnya, masih belum diketahui apakah multiverse Marvel benar-benar dalam keadaan yang baik-baik saja. Namun, dari apa yang dihadirkan dalam trailer resminya diketahui bahwa dunia sepertinya tidak sedang baik-baik saja, dan ada varian Doctor Strange dari universe lain yang muncul.

Strange Supreme Alias Evil Doctor Strange

Salah satu hal yang mungkin mengejutkan para fans dari trailer perdana film Doctor Strange 2 adalah munculnya versi jahat dari Doctor Strange. Dia adalah Strange Supreme alias Doctor Strange versi jahat. Karakter ini diperkenalkan dalam seri What If…? yang mana karakter ini merupakan versi di mana Strange berubah menjadi “gila” setelah berusaha membangkitkan kembali kekasihnya, Christine Palmer.

Strange melakukan berbagai cara, termasuk dengan menyerap energi para makhluk-makhluk jahat yang ada di multiverse. Efeknya, Strange pun berubah menjadi sosok yang jahat. Masih belum diketahui apakah memang Strange Supreme akan menjadi villain utama di serinya, atau justru dia akan menjadi sekutu bagi Strange versi MCU. Kita juga masih belum tahu apakah latar belakang karakternya akan sama dengan apa yang dihadirkan di seri What If…?

Defender Strange

Kemunculan sosok Defender Strange ini pertama kali diketahui melalui bocoran pernak-pernak untuk filmnya. Figur dari Defender Strange sendiri diperlihatkan menggunakan kostum perpaduan antara hitam dan merah. Deskripsinya sendiri menyebutkan: “Doctor Strange adalah penyihir pelindung bumi paling populer, menjaga dimensi kita dari berbagai ancaman supranatural yang berasal dari multiverse.”

Masih belum diketahui dari mana asal-usul dari karakter Defefender Strange ini, meskipun ada dugaan bahwa Strange versi ini merupakan pahlawan yang pernah bergabung dengan tim pahlawan Defenders dalam cerita komiknya. Perannya di film Doctor Strange 2 sendiri masih belum diketahui, namun ada kemungkinan Defender Strange akan memberikan petunjuk tentang masa depan MCU.

Pasalnya, Marvel sendiri sudah menghadirkan beberapa para pahlawan yang menjadi bagian dari tim Defenders, misalnya Daredevil. Dan berdasarkan informasi yang ada, MCU juga berencana menghadirkan berbagai karakter lainnya yang pernah tergabung dengan tim Defenders, yang mana artinya mungkin kita akan diperkenalkan dengan tim pahlawan ini pada masa yang akan datang.

Zombie Strange

Kemunculan varian Zombie Strange ini baru saja dikonfirmasi dalam trailer terbaru yang dirilis hari ini. Dalam acara Super Bowl, Marvel Studios merilis trailer terbaru untuk filmnya yang mana banyak hal dihadirkan di trailernya, seperti salah satunya adalah kemunculan dari Zombie Strange. Kemunculan Zombie Strange sendiri bisa dilihat di akhir trailernya.

Karakter Zombie Strange ini sebenarnya ada dua versi. Bisa jadi versi pertama adalah versi yang muncul di seri What If…? kemarin, dan yang kedua adalah versi komik yang berasal dari Earth-2149. Untuk Zombie Strange versi What If…? diceritakan bahwa New York terkena sebuah virus mematikan bernama Quantum Virus atau virus Quantum. Wong dan Strange pun harus terkena virus ini dan berubah menjadi zombie.

Untuk versi komiknya, tidak terlalu banyak yang diketahui mengenai apa yang terjadi sebelum wabah zombie menyerang Earth-2149, karena Marvel tidak memberikan kejelasan mengenai asal-usulnya. Zombie Strange ini punĀ  baru muncul di dua komik, yaitu Ultimate Fantastic Four #22 dan Marvel Zombies: Dead Days #1.

Sang sutradara Sam Raimi sepertinya berhasil untuk bermain-main dengan menghadirkan berbagai varian dari Doctor Strange. Di sisi lain, kemunculan dari berbagai varian Doctor Strange ini pun membuat para fans tidak sabar untuk segera menyaksikan filmnya. Dengan situasi multiverse yang diambang kehancuran, apakah Strange akan berhasil menyelamatkan semuanya? Kita nantikan saja kelanjutan cerita pada Mei mendatang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.