Dalam seri One Piece yang berfokus pada cerita petualangan bajak laut, bertarung menjadi hal yang lumrah terjadi dalam ceritanya. Mereka akan saling adu kekuatan dan kemampuan untuk menentukan siapa yang terbaik. Dan biasanya, para karakter tersebut saling bertarung satu lawan satu seperti yang terjadi di atap istana Onigashima, di mana Luffy bertarung menghadapi Kaido.

Namun, tidak jarang juga para karakter tersebut membentuk atau membangun aliansi untuk bekerja sama mengalahkan satu musuh yang sama. Dalam cerita One Piece, ada beberapa aliansi yang sudah terbangun dengan baik. Mereka memperlihatkan bahwa bekerja sama bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Berikut adalah aliansi terkuat sepanjang masa.

Aliansi Garp dan Roger

Dalam cerita One Piece, bajak laut merupakan musuh dari angkatan laut. Mereka sering kali diburu oleh pihak bajak laut untuk ditangkap, karena dianggap meresahkan. Namun, ternyata bajak laut dan angkatan laut pernah menjalin aliansi dalam sebuah peristiwa. Tepatnya peristiwa tersebut adalah insiden God Valley yang terjadi 38 tahun yang lalu.

Pada saat itu, kelompok bajak laut terkuat di lautan, kelompok Rocks, menyerang pulau tersebut untuk menghabisi kaum naga langit. Garp yang bertugas menjaga kaum naga langit harus menghadapi kedahsyatan dari kelompok Rocks. Beruntung, Garp tidak sendiri saat itu, dia dibantu oleh rivalnya, Gol D. Roger, dan akhirnya aliansi ini berhasil mengalahkan Rocks dan kelompok bajak laut tersebut pun bubar.

Aliansi Topi Jerami

Aliansi ini muncul di arc Wano Country, sebagai bentuk upaya untuk mengalahkan Kaido. Seperti yang diketahui, bahwa Kaido sudah sejak lama menyerang dan menguasai wilayah Wano. Hal tersebut membuat para penduduk Wano menderita. Kozuki Oden sempat berusaha mengalahkan Kaido, namun gagal. Sekitar 20 tahun kemudian upaya mengalahkan Kaido kembali dilakukan.

Yang berbeda adalah kali ini ada kelompok Topi Jerami yang bergabung. Dan bukan hanya Topi Jerami, ada juga kelompok lainnya seperti suku Minks, ninja, samurai, dan kelompok bajak laut lain – kelompok Kid dan Law – yang bersatu untuk mengalahkan satu musuh yang sama yaitu Kaido. Dan dalam ceritanya diperlihatkan meskipun mereka kalah jumlah, pada akhirnya situasi mulai berbalik menguntungkan pihak aliansi Topi Jerami.

Aliansi Kaido dan Orochi

Kurozumi Orochi merupakan salah satu villain utama yang muncul di arc Wano Country. Dia merupakan bagian dari klan Kurozumi, yang berusaha untuk mengambil alih kekuasaan Wano dari tangan klan Kozuki. Orochi melakukan segala cara untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari menipu Kozuki Sukiyaki, yang merupakan pemimpin Wano saat itu, sampai bekerja sama dengan Kaido.

Orochi sadar bahwa dia butuh kekuatan yang lebih besar lagi untuk bisa menguasai Wano. Karena itulah, dia pun kemudian menjalin aliansi atau kerja sama dengan pihak Kaido. Selama 20 tahun kerja sama diantara mereka begitu solid, menjadikan Wano sebagai wilayah kekuasaan mereka. Sayangnya, Kaido kemudian mengkhianati Orochi dan fakta sebenarnya terungkap bahwa Kaido tidak membutuhkan Orochi untuk tujuannya.

Aliansi Tahanan Impel Down

Sebenarnya ini bukan termasuk aliansi yang resmi, karena para tahanan saling bekerja sama untuk bisa kabur dari Impel Down. Dan sebagai gantinya, mereka akan membantu Luffy dengan misinya. Pada saat itu, Luffy berusaha menyelamatkan Ace yang hendak dieksekusi pihak angkatan laut dengan membebaskannya dari tahanan level 6 Impel Down.

Namun, Luffy terlambat karena Ace sudah terlebih dahulu dibawa oleh pihak angkatan laut yang mencoba untuk mempercepat waktu eksekusi. Saat Luffy hendak kembali atas dan pergi menuju Marineford, Luffy bertemu banyak karakter lain yang kemudian bekerja sama untuk membantu Luffy. Mereka adalah Crocodile, Inazuma, Ivankov, Jinbe, Buggy, Mr. 3, dan bahkan Bon Clay.

Aliansi Big Mom dan Kaido

Bisa dibilang aliansi dua Yonko ini menjadi aliansi paling kuat yang pernah ada. Bahkan, kabar tentang Kaido dan Yonko yang menjalin aliansi atau bekerja sama tersebut membuat banyak orang khawatir, seperti Garp dan Fujitora. Menurut mereka, aliansi dari Big Mom dan Kaido ini bisa dipastikan akan mengganggu keseimbangan kekuatan dunia.

Harus diakui bahwa Big Mom dan Kaido merupakan dua Yonko kuat. Mereka juga merupakan salah satu saksi sejarah yang pernah terjadi, karena Big Mom dan Kaido adalah mantan kru bajak laut Rocks. Para Yonko tidak seharusnya menjalin aliansi demi menjaga keseimbangan New World. Dan ketika mereka melakukannya, wajar jika banyak orang kemudian khawatir.

Meskipun pertarungan satu lawan satu menjadi hal lumrah dalam seri One Piece, tidak jarang juga menjalin aliansi dibutuhkan untuk sebuah alasan tertentu. Dengan membentuk aliansi, kekuatan mereka pun akan semakin bertambah besar dan hebat. Menarik tentunya untuk melihat apakah akan ada aliansi lainnya pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.