Seri Naruto yang dibuat oleh Masashi Kishimoto merupakan salah satu seri populer yang mengangkat tema besar tentang ninja. Fokus ceritanya sendiri adalah perjuangan dan petualangan dari Uzumaki Naruto, seorang anak kecil yang bercita-cita untuk menjadi Hokage agar dia bisa diakui oleh seluruh penduduk desanya. Dengan tema cerita tentang ninja, tentu akan ada banyak pertarungan yang muncul di sepanjang serinya.

Selama bertahun-tahun, Masashi Kishimoto tidak pernah berhenti menghadirkan berbagai pertarungan dahsyat dan luar biasa yang membuat para fans menahan nafas mereka. Misalnya pertarungan antara Naruto dan Zabuza, pertarungan melawan Akatsuki, dan sebagainya. Namun, sayangnya, ada beberapa pertarungan yang meskipun sudah dinantikan oleh para fans, tetapi Kishimoto tidak pernah menampilkannya karena terjadi secara off screen (tidak diperlihatkan) dalam cerita. Siapa saja?

Might Guy vs Hatake Kakashi

Dikenal sebagai rival abadi sekaligus dua sahabat yang selalu bersama, Guy dan Kakashi adalah dua ninja Jonin yang ada di desa Konoha. Mereka berdua tumbuh bersama, dan diperlihatkan memiliki hubungan yang menarik satu sama lain. Inilah yang kemudian memunculkan rivalitas yang sehat diantara keduanya. Sudah sering Kakashi dan Guy saling menantang satu sama lain, dalam berbagai hal.

Mulai dari hal-hal yang konyol sampai hal serius pernah mereka lakukan. Sayangnya, untuk masalah pertarungan, Masashi Kishimoto tidak pernah menghadirkannya dalam cerita. Kishimoto lebih sering memperlihatkan mereka melakukan hal konyol, seperti berjalan dengan tangannya. Padahal, pertarungan diantara mereka tentu sangat dinantikan para fans.

Tiga Sannin Legendaris vs Hanzo

Perang besar ninja kedua menjadi salah satu pertempuran shinobi yang paling luar biasa, dengan banyaknya shinobi-shinobi hebat dari seluruh dunia berkumpul untuk saling bertarung satu sama lain. Dan pertarungan yang paling epik yang terjadi di perang tersebut adalah tim Hiruzen menghadapi Hanzo dari desa Hujan.

Meskipun ketiga Sannin legendaris saat itu sedang berada di puncak kekuatan mereka, namun pengalaman dari Hanzo dan juga kekuatannya masih cukup untuk menghadapi ketiganya sekaligus. Para fans hanya melihat hasil akhir dari pertarungan tersebut. Padahal, jika pertarungan tersebut diperlihatkan tentunya pertarungan tersebut akan sangat spektakuler.

Might Duy vs Tujuh Ahli Pedang Desa Kabut

Dikenal sebagai Genin abadi, Might Duy merupakan seorang shinobi dengan tingkat Genin dari desa Konoha. Duy juga merupakan ayah dari dari Might Guy. Sama halnya seperti Guy, Might Duy juga memiliki keterbatasan dalam hal menguasai Ninjutsu dan Genjutsu. Duy lebih fokus pada teknik Taijutsu, yang kemudian diwariskan kepada sang anak.

Duy juga berlatih jutsu terlarang yang disebut sebagai Eigh Inner Gates.  Dalam perang besar ninja ketiga, Duy diketahui berhadapan dengan tujuh ahli pedang dari desa kabut. Dengan menggunakan teknik terlarang tersebut, Duy berhasil mengalahkan semua ahli pedang dari desa kabut itu. Sayangnya, para fans tidak bisa melihat pertarungan epik itu.

Jiraiya vs Orochimaru

Jiraiya dan Orochimaru merupakan dua anggota dari tim Hiruzen Sarutobi selain Tsunade. Bisa dibilang, keduanya nampak sama seperti Sasuke dan Naruto ketika berada di bawah pengawasan Kakashi di Team 7. Meskipun Orochimaru adalah sosok yang jenius – dan kuat tentunya – tetapi, talenta dari Jiraiya tidak mampu diimbangi oleh Orochimaru.

Hal tersebut menjadi dasar dari rivalitas keduanya. Diyakini bahwa Jiraiya dan Orochimaru sudah sering terlibat dalam sebuah pertarungan, apalagi saat Orochimaru berusaha untuk kabur dari desa. Sangat disayangkan memang para fans tidak bisa melihat salah satu pertarungan dari mereka saat berada di puncak kekuatannya.

Madara Uchiha vs Mu dan Onoki

Sama seperti rival abadinya, Hashirama Senju, Madara Uchiha juga sudah bertarung menghadapi banyak sekali shinobi kuat dalam hidupnya. Hal ini wajar karena Madara hidup di era saat peperangan masih sangat sering terjadi, di mana semua desa ninja masih saling membenci. Beberapa orang berhasil dia kalahkan adalah Mu dan Onoki.

Diketahui bahwa Madara Uchiha berhasil mengalahkan Mu dan Onoki sekaligus. Mengingat Mu dan Onoki memiliki salah satu Kekkei Genkai terkuat, yaitu teknik pelepasan pasir/debu atau Dust Release, tentunya mereka berdua adalah sosok yang kuat. Bagaimana kemudian Madara bisa mengalahkan mereka masih menjadi misteri.

Masashi Kishimoto tentunya memiliki alasan mengapa dia memutuskan untuk tidak menghadirkan berbagai pertarungan tersebut. Mungkin, salah satunya adalah keterbatasan waktu dan tentu tidak mudah untuk menghadirkan pertarungan yang epik, apalagi jika ceritanya dihadirkan di manga. Namun, tetap para fans sangat menyayangkan pertarungan tersebut tidak muncul sampai akhir serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.