Dalam seri One Piece biasanya para karakter menggunakan kekuatan mereka untuk bertarung. Kekuatan tersebut biasa berasal dari buah iblis, atau pun berasal dari kemampuan Haki. Keduanya merupakan sumber kekuatan yang mayoritas karakter miliki dan gunakan. Namun, tidak jarang juga para karakter tersebut menggunakan senjata dalam pertarungan mereka.

Senjata yang paling banyak digunakan dalam ceritanya adalah pedang, untuk pertarungan jarak dekat. Zoro merupakan karakter yang menjadi contoh pengguna pedang saat bertarung. Atau bisa juga menggunakan senjata api, untuk jarak jauh. Izo adalah contoh nyata dari hal tersebut. Tetapi, terdapat beberapa senjata unik yang hadir dalam seri One Piece ini. Apa saja?

Clima Tact

Clima Tact merupakan tongkat yang dimiliki oleh Nami dan menjadi senjata andalan yang selalu dia gunakan untuk menghadapi musuh. Dalam ceritanya, Clima Tact sempat beberapa kali mengalami perubahan. Sekilas, Clima Tact mungkin terlihat seperti tongkat biasa. Namun, Clima Tact mampu melakukan sesuatu yang sangat luar biasa yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Contohnya adalah mengeluarkan awan hitam yang mampu menurunkan hujan, atau mampu meledak. Kemudian, Clima Tact juga bisa mengeluarkan awan yang bisa mengeluarkan petir dahsyat. Sesuai dengan sosok Nami, memang kekuatan Clima Tact semuanya berkaitan dengan cuaca. Meskipun begitu, serangan dari Clima Tact tidak bisa diremehkan, apalagi saat ini Clima Tact sudah menyatu dengan salah satu Homies Big Mom, Zeus.

Neko no Te

Salah satu villain yang muncul di seri One Piece, tepatnya saat di arc Syrupp Village, Captain Kuro menggunakan senjata yang unik dalam ceritanya. Dalam arc tersebut, Luffy bertemu dengan sosok Usopp. Dan di arc ini juga kita diperkenalkan dengan Captain Kuro. Dia adalah pelayan dari orang terkaya di desa Syrupp, yaitu Kaya. Namun, sebenarnya dia adalah sosok jahat.

Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut Black Cat. Captain Kuro bertarung dengan senjata yang unik, yang disebut Neko no te atau Cat Claws. Senjata ini sebenarnya merupakan sarung tangan yang dipasangi pisau atau pedang kecil pada bagian jari-jarinya. Senjata ini mirip dengan lengan dari Freddy Krueger yang sangat lancip di bagian ujung jarinya. Senjata ini cukup ampuh untuk merusak kapal Merry dan melukai Luffy.

Mogura

Bisa dibilang mungkin Mogura adalah senjata yang paling sesuai dengan tema laut yang diusung oleh One Piece, karena Mogura adalah senjata trident yang dimiliki oleh Charlotte Katakuri. Seperti yang kita ketahui, senjata trident erat kaitannya dengan sosok pahlawan Aquaman atau Namor dan sosok mitologi laut seperti Neptunus atau Neptune.

Mogura sendiri memiliki bentuk yang mirip seperti tombak, dengan dua pisau atau bagian tajam lainnya di kedua sisinya. Katakuri menyimpan Mogura di dalam tubuhnya, karena kelebihan dari buah iblis Mochi Mochi no Mi. Dengan kemampuan buah iblisnya ini juga penggunaan Mogura oleh Katakuri benar-benar dahsyat. Dengan kekuatannya, dia bisa menghancurkan tembok tebal atau menciptakan lubang besar dengan Mogura.

Kogatana

Seperti namanya, Kogatana bisa diartikan sebagai katana kecil atau pedang kecil. Senjata ini dimiliki oleh Dracule Mihawk ahli pedang terbaik di dunia. Mihawk menggunakan senjata ini di arc Baratie, di mana saat itu Mihawk diperlihatkan bertarung menghadapi Zoro, yang terlebih dahulu menantangnya bertarung. Geeks tentu tahu bahwa Mihawk memiliki pedang Yoru.

Namun, Mihawk menganggap Zoro bukanlah ancaman besar yang mengharuskannya menggunakan Yoru. Akhirnya, Mihawk pun menggunakan Kogatana. Meskipun hanya menggunakan pedang kecil, nyatanya kemampuan Mihawk sangatlah luar biasa. Zoro bahkan tidak mampu mengalahkan Mihawk meskipun sudah menggunakan ketiga pedangnya.

Kiribachi

Mantan kru bajak laut Matahari, Arlong merupakan salah satu villain lainnya yang muncul di awal seri One Piece. Arlong diperlihatkan menyekap satu wilayah, yang menjadi rumah bagi Nami. Dia juga memaksa semua warga untuk membayar sejumlah uang agar bisa selamat. Untuk melindungi dirinya dari serangan luar Arlong memiliki sebuah senjata bernama Kiribachi.

Kiribachi merupakan pedang dengan bagian tajamnya mirip seperti gigi hiu. Desainnya mirip seperti senjata Hidan dalam seri Naruto. Dengan ada banyaknya bagian tajam pada Kiribachi, serta ukurannya yang panjang, membuat serangan Arlong menjadi sangat efektif untuk memotong atau menghancurkan objek-objek keras.

Eisen Whip

Eisen Whip menjadi senjata unik lainnya yang muncul di seri One Piece. Eisen Whip pertama kali diperkenalkan kepada para fans di arc Skypiea, di mana Eisen Whip merupakan senjata unik yang dimiliki oleh salah satu dari empat Priest yang menjadi wakil dari Enel, Ohm. Yang menarik dan unik dari Eisen Whip adalah ini merupakan salah satu pedang paling ringan yang pernah ada.

Selain menjadi salah satu pedang paling ringan, Eisen Whip juga menjadi pedang yang memiliki kemampuan untuk bisa berubah bentuk. Misalnya, pedang tersebut bisa berubah menjadi tembok atau benda keras lainnya. Sehingga, selain bisa digunakan untuk menyerang musuh, Eisen Whip juga bisa digunakan oleh Ohm untuk bertahan. Hal ini bisa dilihat saat Ohm bertarung menghadapi Zoro.

Dengan kemampuan dahsyat dari buah iblis dan juga Haki, yang banyak ditampilkan dalam cerita One Piece, ternyata serinya memiliki juga berbagai senjata unik dan menarik yang digunakan oleh para karakter dalam ceritanya seperti beberapa contoh di atas. Bagaimana menurut kalian Geeks, mana yang paling unik?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.