Seri Naruto merupakan salah satu seri bergenre Shonen yang tidak pernah ragu menghadirkan kematian bagi para karakternya. Kematian tersebut bisa terjadi karena banyak, mulai dari pertarungan sampai upaya pembunuhan. Kematian para karakter tersebut biasanya sudah diprediksi atau dispekulasikan oleh para fans sejak jauh-jauh hari. Dan biasanya prediksi tersebut terbukti memang tepat.

Namun, meskipun ada banyak kematian para karakter yang sudah diduga sebelumnya, tidak sedikit juga kematian yang muncul dalam ceritanya tidak diduga sebelumnya. Para fans benar-benar dibuat terkejut dengan kematian tersebut. Lalu, siapa saja karakter yang kematiannya tidak diduga dan membuat banyak fans terkejut? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Asuma Sarutobi

Asuma Sarutobi merupakan mentor bagi trio Ino-Shika-Cho. Sosok Asuma mungkin tidak terlalu banyak muncul dalam cerita, namun popularitasnya tidak kalah dengan beberapa Jonin lainnya. Asuma sendiri tewas di tangan salah satu anggota Akatsuki, Hidan, dalam seri Naruto Shippuden. Banyak fans yang bependapat bahwa Asuma akan kalah dalam pertempuran tersebut.

Namun, faktanya, bukan hanya kalah. Nyawa Asuma juga ternyata harus melayang di tangan Hidan dalam pertarungan tersebut. Tidak ada yang menyangka bahwa Asuma akan tewas di tangan Hidan. Dan yang membuat kematian Asuma ironis dan lebih menyedihkan adalah para fans kemudian mengetahui fakta bahwa Asuma saat itu akan menjadi ayah. Ternyata Kurenai sedang hamil anak dari Asuma.

Neji Hyuga

Neji Hyuga merupakan salah satu shinobi terkuat dari Konoha Eleven. Banyak para fans yang kemudian berharap bahwa neji kemudian akan menjadi kepala atau pemimpin di klan Hyuga. Bahkan, Hiashi Hyuga sendiri sangat menginginkan Neji untuk kemudian mewarisi Kekkei Genkai klan tersebut, meskipun Neji bukan berasal dari klan utama.

Neji sendiri tewas dalam perang besar ninja keempat. Neji tewas saat dia berusaha melindungi Hinata dan juga Naruto. Kematian Neji tersebut benar-benar sangat mengejutkan dan membuat para fans bersedih. Bahkan, kematian Neji ini dianggap sebagai salah satu kematian paling tragis dan menyedihkan di serinya. Di sisi lain, banyak fans yang berpendapat bahwa kematian Neji ini sedikit dipaksakan.

Kakashi Hatake

Salah satu karakter populer dari seri Naruto adalah Hatake Kakashi, mentor dan guru dari Naruto, Sakura, dan Sasuke. Sayangnya, Kakashi harus mengalami nasib yang tragis di mana dia tewas dalam arc Pain. Dengan situasi Konoha yang kacau balau akibat Pain menyerang, Kakashi pun bertanggung jawab untuk menghentikannya. Dan Kakashi hampir berhasil melakukan tugasnya.

Sayangnya, Kakashi lengah dan hal tersebut harus dibayar mahal oleh nyawanya. Kematian Kakashi ini menjadi salah satu kematian yang tidak diduga oleh para fans, mengingat Kakashi adalah salah satu karakter utama dalam serinya. Namun, Kakashi sendiri kemudian berhasil dibangkitkan bersama penduduk Konoha lainnya oleh Uzumaki Nagato dengan menggunakan teknik Rinne Tensei.

Gaara

Gaara merupakan salah satu shinobi terkuat dari desa Sunagakure. Meskipun pada awalnya Gaara diperkenalkan sebagai villain, namun seiring berjalannya cerita Gaara pun mulai berubah menjadi sosok yang lebih baik. Dalam arc awal di seri Naruto Shipuuden diperlihatkan bagaimana Gaara berhasil diculik oleh kelompok Akatsuki. Tujuan mereka tidak lain adalah untuk mengambil Shukaku alias monster berekor satu yang ada di dalam tubuh Gaara.

Team Kakashi dan Team Guy sendiri bergegas untuk bisa menyelamatkan sang Kazekage. Sayangnya, upaya mereka terlambat karena saat mereka tiba mereka hanya menemukan tubuh Gaara yang sudah tidak berdaya. Namun, melihat kesedihan yang ditunjukan oleh Naruto membuat nenek Chiyo akhirnya mengorbankan seluruh chakranya untuk membangkitkan kembali Gaara.

Madara Uchiha

Madara Uchiha merupakan salah satu antagonus utama dalam cerita Naruto yang tewas dalam perang besar ninja keempat. Meskipun Madara adalah seorang villain atau antagonis, yang notabene kematiannya pasti sudah diramalkan, tetapi tetap saja saat kematian Madara dihadirkan dalam cerita para fans benar-benar sangat terkejut. Apalagi, saat itu Madara sedang berada di puncak kekuatannya.

Meskipun sedang dalam performa terbaiknya, Zetsu berhasil menyerang dan melumpuhkan Madara sehingga membuatnya menjadi wadah bagi kebangkitan Kaguya Otsutsuki. Dengan kekalahan dari Kaguya, Madara Uchiha kemudian tewas bersama para shinobi yang berasal dari eranya yang berhasil dibangkitkan kembali, seperti Hashirama Senju.

Kurama

Kurama merupakan merupakan karakter yang muncul di franchise Naruto yang kematiannya baru saja diperlihatkan. Kurama merupakan monster berekor sembilan yang sejak lama ada di tubuh Naruto. Kurama pada awalnya tidak mau dan mencoba untuk berontak saat dia berada di tubuh Naruto. Namun, perlahan kemudian Kurama mulai memahami sosok Naruto dan hubungan yang terjalin diantara mereka pun sudah sangat dekat.

Kurama sendiri tewas dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. Kurama tewas setelah dia berbohong kepada Naruto tentang penggunaan Baryon Mode. Kurama awalnya mengatakan bahwa Baryon Mode akan mengambil nyawa Naruto, namun kenyataanya Baryon Mode merupakan mode di mana Kurama mengaktifkan seluruh chakra yang dia miliki untuk digunakan oleh Naruto.

Masashi Kishimoto adalah salah satu mangaka yang tidak pernah ragu untuk memperlihatkan cerita tentang kematian para karakternya. Namun, meskipun sebagian karakter berhasil diprediksi kematiannya, kematian para karakter di atas sangat di luar ekspektasi. Namun, hal ini tentunya menjadi poin yang bagus dan menarik karena memberikan elemen lainnya dari seri Naruto.