Sejak arc Wano dalam seri One Piece dibuka dengan munculnya tirai yang dibuka, banyak para fans yang kemudian menyamakan cerita di arc ini dengan pertunjukan Kabuki. Kesamaan dari kedua hal ini terus terlihat seiring berjalannya cerita, dengan menghadirkan berbagai elemen lainnya, seperti di chapter 924 di mana chapter tersebut dianggap sebagai akhir babak pertama.

Berdasarkan hal inilah banyak para fans One Piece yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa arc Wano kemungkinan akan memiliki lima babak, dengan mengacu pada struktur di pertunjukan Kabuki. Dan sejauh ini sepertinya dugaan atau spekulasi para fans tersebut memang masuk akal, dengan akhir babak kedua kemarin yang bukan menjadi akhir ceritanya.

Saat ini, kita sedang berada di babak ketiga di mana Luffy dan yang lain sedang menghadapi para villain utamanya yaitu Kaido dan Big Mom. Masih belum diketahui apakah babak ketiga akan menjadi babak terakhir di arc ini. Namun, kemungkinan arcnya sendiri sudah mulai mendekati klimaksnya. Yang perlu dicatat adalah tidak ada petunjuk bahwa cerita di arc ini akan selesai.

Seluruh pasukan Kaido diperlihatkan sudah berhasil dikalahkan, seperti yang muncul di chater 1036 kemarin. Hanya Kaido yang masih berdiri saat ini, dan King menjadi sosok terakhir dari kelompok Beast yang dikalahkan. Jika kita melihat arc sebelumnya di seri One Piece, pertarungan antara Kaido melawan Luffy sudah menjadi tanda bahwa arc tersebut akan selesai.

Itu artinya arc Wano memang hanya akan memiliki tiga babak. Namun, ada sebagian fans beranggapan bahwa akan ada babak lainnya yang muncul. Apa alasannya? Salah satu alasan utama mengapa mungkin serinya akan memiliki babak lain adalah serangan Luffy dan kelompok aliansi ke Onigashima dianggap berjalan terlalu mulus. Sebagian fans berpendapat bahwa dalam peristiwa Kabuka, sang protagonis utamanya gagal dalam rencana yang sudah disiapkan.

Dalam penyerangan di Onigashima, kita melihat Luffy dan yang lain justru berjalan dengan mulus meskipun ada kendala yang harus mereka lalui. Hal itulah yang dianggap “mencurigakan” oleh sebagian fans. Selain dari Kanjuro yang kemudian diperlihatkan ternyata adalah pengkhianat, tidak ada halangan atau kendala berarti dalam rencana yang sudah mereka bangun.

Justru pihak aliansi mendapatkan banyak bantuan, mulai dari Denjiro, Yamato, X Drake, Jinbei, Marco dan Izo. Bagaimana kemudian Queen menembakan virus Ice Demon dan kemudian sebagian anak buah Big Mom yang dikalahkan oleh Marco dan King, dianggap terlalu awal untuk muncul dalam cerita di arcnya. Apa pun hal yang terbaik untuk sang protagonis utama sudah terjadi.

Dalam chapter 989 kemarin, Hyogoro pun sempat melontarkan pendapat bahwa tidak mungkin pihak aliansi kalah dalam pertempuran di Onigashima ini. Bagaimana semua orang hampir tewas akibat Ice Demon atau pengkhianatan Kanjuro dianggap bukanlah konflik yang bisa dianggap besar dalam ceritanya. Artinya, secara tidak langsung teorinya mengatakan bahwa masih ada ancaman besar yang akan muncul, dan ancaman itulah  yang sebenarnya.

Dalam pertunjukan Kabuki, akhir dari babak ketiga sering kali menjadi momen di mana diperlihatkan tragedi yang sangat menyedihkan dan mendalam. Dan di babak keempat atau kelima barulah kita melihat penyelesaian dari konflik atau berbagai masalah yang terjadi di babak sebelumnya. Arc Wano pun sama, di mana diyakini bahwa akan ada lima babak yang hadir.

Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, pertunjukan kabuki terbagi menjadi Jo-Ha-Kyu, di mana Jo sendiri merupakan pembuka dengan alur yang lambat, kemudian Ha yang merupakan konflik dengan alur cerita cepat, dan Kyu merupakan akhir dari cerita dengan alur yang sedang. Jika memang arc Wano akan berakhir dengan tiga arc saja, maka di babak ketiga ini kita masih belum melihat elemen Kyu dari ceritanya.

Dengan sudah berjalan selama 78 chapter, babak ketiga ini menjadi babak yang paling panjang di arc Wano. Bahkan, jauh lebih banyak dibandingkan babak pertama dan kedua digabung. Berdasarkan pertimbangan bahwa belum ada elemen Kyu dalam babak ketiga ini, artinya Oda Sensei masih belum akan menyelesaikan arc Wano di babak ketiga.

Mungkin, Oda Sensei pada awalnya memang ingin mengikuti alur yang biasa dihadirkan dalam pertunjukan Kabuki. Namun, bukan tidak mungkin idenya kemudian direvisi atau disesuaikan dengan cerita yang ada karena seperti yang Oda katakan bahwa ada banyak hal penting yang muncul di arc ini. Lalu, dengan tragedi utamanya yang belum muncul, dan berbagai kejadian seperti kematian Ashura Doji dan terlukanya Kiku serta Kinemon, bukan dianggap sebagai tragedi utamanya, apa yang kemudian menjadi tragedi utama di arc ini?

Cerita apa lagi yang akan dihadirkan di arcnya nanti? Diyakini bahwa kekalahan Luffy dari Kaido yang akan menjadi tragedi utamanya. Namun, bisa juga ada antagonis lainnya yang muncul di babak keempat dan kelima nanti. Kita melihat bagaimana Big Mom masih menjadi ancaman besar bagi para aliansi Luffy, dan begitu juga para agen Cipher Pol.

Bagaimana Oda menghadirkan arc Wano di seri One Piece sepertinya sudah membuat dia sendiri kerepotan dengan cerita yang muncul. Oda sebelumnya memberikan pesan di Jump Festa tentang berbagai hal terkait arc Wano, yang mana belum ada yang kemudian terwujud atau terbukti. Belum lagi serinya yang disebut-sebut mengincar tahun 2025 untuk bisa selesai.

Dengan ada banyaknya hal yang harus dihadirkan oleh Oda di arc Wano Country, sepertinya Oda memang ingin segera menyelesaikan ceritanya secepat mungkin. Apakah babak ketiga akan menjadi babak terakhir? Akankah Oda Sensei menghadirkan babak tambahan lainnya? Menarik untuk dinantikan mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya.