Selain menghadirkan berbagai karakter kuat, seri One Piece juga menghadirkan banyak sekali villain yang muncul dalam ceritanya dan menjadi tantangan yang harus dilewati oleh Luffy dan kru Topi Jerami. Mulai dari sosok Rob Lucci yang luar biasa, sampai sosok Kaido yang sangat sulit untuk dikalahkan. Para villain ini terus menghadirkan rintangan yang harus Luffy lewati.

Meskipun ada beberapa villain yang muncul memiliki kekuatan dahsyat dan mengerikan, ada juga ternyata villain yang justru mengundang tawa dan sama sekali tidak menghadirkan unsur intimidasi. Mereka juga cenderung lemah dalam hal kekuatan, terbukti dengan mampu dikalahkannya para villain tersebut dengan mudah. Lalu, siapa saja para villain tersebut?

Wanze

Wanze merupakan juru masak bagi CP-9 dan juga musuh pertama yang dihadapi oleh Sanji di arc Enies Lobby. Kemampuan unik dari Wanze adalah menciptakan mie dari hidungnya dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan, mie yang dia hasilkan dari hidungnya tersebut mampu dibentuk atau dibuat menjadi sesuatu. Sayangnya, Wanze sepertinya bukan villain yang cukup kuat untuk bisa menghadapi Sanji.

Terlepas dari kecepatannya yang sangat luar biasa, Wanze berhasil dikalahkan dengan mudah oleh Sanji di dapur tempat dia muncul untuk pertama kalinya. Wanze sendiri diingat sebagai satu-satunya sosok villain yang memaksa Sanji menggunakan senjata untuk menghadapi musuhnya. Penampilannya yang konyol membuat Wanze justru tidak terlihat seperti seorang villain.

Foxy

Foxy merupakan pemimpin dari sebuah kru bajak laut yang sangat besar. Namun, berbeda dengan kebanyakan bajak laut lainnya, dia hanya tertarik untuk “mencuri” kru bajak laut lainnya dalam sebuah permainan yaitu Davy Back Fight. Jika Luffy menolak tawaran dari Foxy untuk bermain dalam permainan tersebut, mungkin arc Long Ring Long Island bisa dilewati dengan mudah.

Foxy sendiri sebenarnya tidak lemah, dengan kemampuan buah iblisnya yang membuat dia memiliki keuntungan selama sepersekian detik dari musuhnya. Sayangnya, dia tidak bisa memanfaatkan kemampuan buah iblisnya tersebut dalam situasi pertarungan. Selain itu, Foxy juga tidak memberikan ancaman serius bagi musuhnya, apalagi dia bisa dengan mudah dikalahkan dengan hanya melontarkan kata-kata ejekan.

Caesar Clown

Pada awalnya, Caesar Clown diperlihatkan seperti seorang villain yang sangat kuat. Apalagi, buah iblisnya, Gasu Gasu no Mi, membuat dia unggul dalam pertarungan. Bahkan, dia juga yang bertanggung jawab dalam bisnis yang dijalani oleh Donquxiote Doflamingo serta bajak laut Beast. Namun, Luffy mampu mengalahkannya dalam sebuah pertarungan, dan semenjak dia kalah dari Luffy, Caesar benar-benar tidak sanggup lagi menantang Luffy.

Caesar Clown justru sering kali meminta perlindungan dari kelompok Topi Jerami dari ancaman Big Mom dan pasukannya. Caesar juga sering kali melakukan hal-hal konyol yang membuatnya tidak terlihat seperti layaknya villain pada umumnya. Penampilan Caesar juga tidak terlalu mengintimidasi. Berbeda seperti sosok Crocodile atau para villain kuat lainnya yang memiliki penampilan mengintimidasi.

Pearl

Pearl merupakan salah satu anggota dari kelompok bajak laut Dn Krieg dan juga merupakan salah satu villain yang menyerang Baratie. Sayangnya, berbeda dengan Don Krieg atau pun sosok villain lainnya yang menyerang Baratie, seperti Gin, sosok Pearl bisa dibilang menjadi karakter yang terlupakan di kalangan fans. Dan hal tersebut wajar mengingat ada beberapa faktor yang mendukung hal tersebut.

Pertama, dari segi penampilannya. Penampilan Pearl bisa dibilang sangat aneh dan tidak efektif. Dengan adanya mutiara besar di kepalanya dan juga pada bagian perisainya, sama sekali tidak ada unsur “estetik” yang muncul di desain dari Pearl. Kemudian Pearl juga tidak memiliki kedalaman emosional dengan karakter utama. Pearl juga dikalahkan dengan dalam arc ini.

Buggy

Buggy si badut adalah musuh pertama yang dihadapi oleh Luffy dalam petualangannya di East Blue. Buggy sendiri sebenarnya merupakan pengguna buah iblis, di mana dia bisa memisahkan tubuhnya dalam jangkauan tertentu. Kemampuannya ini mirip dengan Gomu Gomu milik Luffy, hanya saja buah iblis Bara Bara no Mi milik Buggy ini tidak seefektif buah iblis Luffy.

Buggy sebenarnya sempat menjadi kru bajak laut Gol D. Roger bersama dengan sosok Shanks. Namun, yang menarik adalah hanya Shanks yang sukses dengan karirnya sebagai bajak laut. Buggy memiliki kecenderungan untuk menganggap dirinya sebagai sosok yang hebat dibandingkan orang lain. Dia juga sering kali terbawa suasana, apalagi ketika Buggy disanjung oleh para pengikutnya. Sering kali sosok Buggy menjadi bahan lelucon para fans dari One Piece. Dan jika bukan karena keberuntungannya, dia mungkin tidak akan menjadi Shichibukai.

Ternyata tidak selamanya para villain di seri One Piece merupakan sosok yang kuat dan mengerikan. Ada juga para villain yang justru lemah dan juga konyol, berdasarkan kekuatan atau pun penampilan mereka. Dengan seri One Piece yang juga penuh dengan komedi, mungkin rasanya wajar jika para villain ini muncul. Mungkin Oda Sensei sengaja menghadirkannya untuk menyeimbangkan para karakter villain yang muncul dalam cerita.