Setelah Infinity Saga berakhir pada tahun 2019, dengan film Avengers: Endgame dan Spider-Man: Far From Home sebagai penutupnya, banyak sekali kejutan baru yang diperkenalkan oleh Marvel di Fase 4 Marvel Cinematic Universe. Selain kemunculan para superhero baru yang menarik, termasuk All-New Captain America Sam Wilson, Shang-Chi, Kate Bishop, para Eternals, dan masih banyak lagi, pada akhir tahun 2021 Marvel telah menutup tayangannya dengan tema Multiverse di film Spider-Man: No Way Home.

Bukan hanya Multiverse saja yang diceritakan di No Way Home, pada awal film terungkap bahwa jabatan Sorcerer Supreme tidak lagi dipegang oleh Doctor Strange, melainkan oleh sahabatnya yaitu Wong. Meskipun topik tersebut hanya disinggung sekilas saat Peter Parker datang ke Sanctum Sanctorum, banyak penggemar yang penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal seharusnya Sorcerer Supreme bukan merupakan jabatan yang dengan mudah diambil atau diserahkan begitu saja. Dan apakah kedepannya Strange bisa kembali menjadi Sorcerer Supreme? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks.

Wong Telah Lama Menjadi Sorcerer Supreme

Sebenarnya tidak ada masalah jika Wong menjadi Sorcerer Supreme di MCU, karena pada dasarnya dia adalah seorang penyihir Mystic Art yang sangat hebat. Cukup jelas bahwa Wong adalah salah satu senior Doctor Strange di perguruan Mystic Art yang pada saat itu masih dipimpin oleh Sorcerer Supreme Ancient One di film Doctor Strange (2016). Setelah Ancient One tewas saat bertarung melawan minion Dormammu, tanpa banyak perdebatan, Strange langsung terpilih menjadi penggantinya sebagai Sorcerer Supreme, dengan tetap menghargai Wong sebagai salah satu kolega sekaligus sahabatnya.

Selama bertahun-tahun, sampai para Avengers pertama kali bertarung melawan Thanos di film Avenger: Infinity War (2018), Strange tetap membuktikan kapasitasnya sebagai Sorcerer Supreme yang bertugas melindungi Bumi. Namun, saat Thanos berhasil mendapatkan semua Infinity Stones dan memasangkannya ke Infinity Gauntlet, jentikan jari Thanos memusnahkan setengah makhluk hidup di MCU, termasuk salah satu korbannya adalah Doctor Strange yang menjadi debu. Itulah mengapa pada saat itu jabatan Sorcerer Supreme menjadi kosong dan Wong terpaksa menggantikannya.

Sorcerer Supreme adalah jabatan yang tidak bisa dikosongkan begitu saja, karena secara fungsi, Sorcerer Supreme adalah salah satu pertahanan Bumi yang harus menghalau segala jenis ancaman, baik ancaman nyata maupun gaib. Pada saat itu, Wong adalah penjaga perpustakaan Kamar-Taj yang paling mengenal dan mengerti tugas-tugas Sorcerer Supreme. Selama lima tahun, sampai jentikan jari Hulk mengembalikan semuanya, mungkin Wong terpaksa mengambil alih jabatan Sorcerer Supreme karena tidak ada pilihan lain.

Dan meskipun Strange telah kembali, posisinya tidak bisa dipindah tangan begitu saja. Pada titik tersebut, Wong hanya mempunyai pilihan untuk terus melanjutkan tugasnya sebagai Sorcerer Supreme dengan tetap didukung oleh Doctor Strange. Kurang lebih seperti itu dijelaskan di film No Way Home, saat Wong memperingati Strange yang ingin merapal Machina de Kadavus untuk membuat semua orang lupa identitas Peter Parker. Hal tersebut menjawab juga mengapa Wong terlihat aktif di film Shang-Chi, dan Strange dapat dengan bebas merapal mantra semaunya di No Way Home.

Sorcerer Supreme akan Kembali Dipegang Doctor Strange?

Selain penggemar, kemungkinan Wong juga sebenarnya sangat ingin jabatan Sorcerer Supreme kembali diambil oleh Doctor Strange, karena walau bagaimana pun Strange adalah penyihir terhebat di semesta untuk saat ini. Dengan masalah Multiverse yang akan lebih “menggila” di film Doctor Strange in the Mutiverse of Madness mendatang, skenario terbaik adalah jabatan Sorcerer Supreme harus dipegang kembali oleh Doctor Strange. Sejauh yang sudah terungkap di teaser Multiverse of Madness, masalah Multiverse akan memaksa Strange untuk berhadapan dengan banyak villain.

Teaser Multiverse of Madness sendiri telah mengonfirmasi kehadiran beberapa karakter kuat yang berpotensi menjadi villain di filmnya nanti, termasuk Karl Mordo dan Evil Strange yang dipercaya sebagai Strange Supreme dari serial What If…?. Banyak penggemar yang mulai khawatir dengan kehadiran para karakter tersebut, dan juga skenario jabatan Sorcerer Supreme yang harus kembali ke tangan Strange, pada suatu titik di filmnya Wong akan “mati”. Karena mungkin hanya dengan begitu jabatannya benar-benar bisa diambil alih kembali oleh Strange.

Pada salah satu cuplikan di teaser Multiverse of Madness, Wong terlihat sangat terluka dan berdarah, mengindikasikan bahwa dia akan terlibat dalam pertarungan mematikan. Meskipun tidak ada aturan jelas yang menyebutkan bahwa jabatan Sorcerer Supreme diwariskan setelah pendahulunya mati, dan juga bisa saja Wong mengembalikan jabatan Sorcerer Supreme pada Strange yang dinilai telah lebih layak, tetapi fakta bahwa bahaya di Multiverse of Madness bisa mengancam Wong tidak bisa kita kesampingkan begitu saja. Kita lihat saja nanti kebenarannya ya, Geeks, saat filmnya dirilis pada 6 Mei 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.