Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang pada akhirnya berhasil membangkitkan kemampuan Haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat dalam diri mereka untuk digunakan berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain, melapisi serangan, atau menjadi baju pelindung.

Dua Haki yang paling umum digunakan dalam cerita di serinya adalah Observation Haki alias Haki Pengamatan dan Armament Haki atau Haki Senjata. Conqueror Haki atau Haki Penguasa merupakan tipe Haki yang paling langka, karena dari sekian banyak orang di dalam cerita One Piece hanya orang-orang tertentu – yang memiliki kualitas seorang raja atau pemimpin – yang bisa memiliki kemampuan tersebut.

Dengan semangat yang luar biasa dari penggunanya, dia bisa melakukan apa pun seperti memanipulasi, mengintimidasi, dan membuat orang lain tunduk akan keinginan dari si pengguna. Bahkan, mereka juga bisa menambah kekuatan serangan dengan penggunaan semangat tersebut. Mereka yang lemah atau tidak terbiasa dengan hawa semangat yang besar, akan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri.

Berbicara mengenai Conqueror Haki, meskipun Haki jenis ini sangat jarang dimiliki orang, namun ada beberapa orang yang sudah diketahui memiliki kemampuan tersebut. Contohnya adalah Monkey D. Luffy, yang berasal dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Sejauh ini, kelompok bajak laut Roger menjadi kelompok yang “terkonfirmasi” memiliki kru dengan kemampuan Conqueror Haki terbanyak.

Selain Gol D. Roger, beberapa kru lainnya juga diketahui memiliki kemampuan ini seperti Shanks, Rayleigh, dan Kozuki Oden. Juga, selain kelompok Roger, kelompok bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec, diketahui memiliki tiga orang yang sudah “terkonfirmasi” memiliki kemampuan Conqueror Haki. Mereka adalah Charlotte Linlin alias Big Mom, Kaido, dan Whitebeard.

Sejauh ini, di kelompok Topi Jerami baru diketahui ada 2 orang yang memiliki Conqueror Haki tersebut yaitu Monkey D. Luffy dan juga Roronoa Zoro. Namun, banyak fans yang kemudian berasumsi bahwa kelompok Topi Jerami akan memiliki kru lainnya yang mampu menggunakan Conqueror Haki. Banyak teori yang kemudian menyebutkan bahwa ada beberapa nama yang bisa menjadi kandidat selanjutnya. Contohnya adalah Usopp, Nami, dan yang paling banyak digaungkan para fans adalah Sanji. Jika diperhatikan Sanji memang mungkin memiliki potensi besar untuk memiliki Haki Penguasa.

Sanji Akan Bangkitkan Conqueror Haki?

Setelah Zoro dan Luffy, para fans meyakini bahwa akan ada sosok lain yang mampu memiliki Conqueror Haki yaitu Sanji Vinsmoke. Ada dua hal yang harus diperhatikan ketika seseorang ingin memiliki kemampuan Conqueror Haki. Pertama, apakah mereka mampu membuat orang lain terintimidasi akan kehadiran mereka, seperti halnya Zoro atau Shanks. Kedua, apakah mereka mampu memiliki kemampuan untuk bisa membuat orang lain bergabung dengan mereka seperti Oden dan Luffy.

Lalu, apakah Sanji sudah memiliki dua kualitas tersebut? Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Sanji sudah memiliki dua kualitas di atas. Sudah sering kali Sanji mampu membuat musuh menjadi sekutu. Contohnya ketika Duval berupaya membunuh Sanji karena merasa dirugikan akibat gambar poster Sanji yang lebih mirip dirinya. Tetapi, Duval justru pada akhirnya berubah menjadi sekutu kelompok Topi Jerami setelah Sanji berhasil “mengoperasi” wajahnya menjadi tampan.

Bahkan, Duval dan kelompoknya adalah orang-orang yang menjaga Thousand Sunny ketika mereka melakukan Time-Skip, selain Kuma. Duval justru sekarang menjadi pengikut dari Sanji, dan menjadi sosok yang rela berkorban demi Sanji. Kemudian contoh lainnya adalah ketika Sanji menolong Gin, anak buah dari kelompok bajak laut Don Krieg. Dia dan kelompoknya pernah menyerang kapal Baratie.

Meskipun mereka musuh, Sanji merasa iba dengan sosok Gin yang kelaparan. Akhirnya dia pun memberikan makanan kepada Gin sampai dia kenyang. Gin sendiri kemudian merelakan nyawanya demi Sanji yang sudah menolongnya, ketika kapal Baratie diserang oleh gas beracun. Gin memberikan topeng oksigen kepada Sanji, yang mana membuat Gin pun kemudian tidak sadarkan diri.

Selain dua kualitas di atas yang sudah berhasil Sanji miliki, sebenarnya ada hal lainnya yang menjadi poin penting mengapa kemudian Sanji akan memiliki atau membangkitkan Conqueror Haki miliknya. Seperti yang dijelaskan oleh Nico Robin dalam pertarungan melawan Black Maria, Sanji merupakan salah satu “sayap” dari Luffy, selain Zoro, yang akan membawa Luffy mewujudkan impiannya sebagai raja bajak laut.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak heran jika di kemudian hari nanti Oda Sensei akan memperlihatkan bagaimana Sanji mampu membangkitkan Conqueror Haki miliknya. Mungkin sebuah peristiwa atau pertarungan, seperti yang terjadi kepada Luffy, akan mampu menjadi jalan untuk bisa membangkitkan Conqueror Haki tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.