Sudah bukan hal yang aneh jika Eiichiro Oda sering kali mengadaptasi berbagai hal untuk kemudian menjadi inspirasi di cerita One Piece. Salah satu contohnya Oda Sensei mengadaptasi berbagai hal dalam ajaran agama Hindu dan Buddha. Contohnya adalah teknik Asura milik Roronoa Zoro yang diadaptasi dari ajaran Hindu. Atau juga Zunesha yang diadaptasi dari sosok Ganesha.

Selain dari agama, Oda Sensei juga sering mengadaptasi kebudayaan dan mitologi populer terutama yang ada di wilayah Asia. Contoh paling nyata adalah bentuk naga dari Kaido, yang terinspirasi dari naga timur (Eastern Dragon) yang sangat populer. Meskipun ada yang sudah dikonfirmasi, ada juga berbagai hal lainnya yang belum dikonfirmasi mengenai inspirasi atau kemiripan dari berbagai elemen dalam cerita dengan hal di dunia nyata.

Contohnya adalah banyak teori yang menyebutkan bahwa cerita di salah satu arc terinspirasi dari cerita lainnya, misalnya cerita tentang mitologi Nordik. Berdasarkan hal tersebut, para fans mencoba bertanya kepada Oda Sensei apakah ada inspirasi dari Oda ketika dia menciptakan para karakter yang muncul di ceritanya.

Dan dalam kolom SBS Oda menjelaskan bahwa ada banyak sekali karakter-karakter di cerita One Piece yang terinspirasi dari sosok selebritis, artis, atau bintang terkenal. Sebagian ada yang sudah dikonfirmasi oleh Oda, tetapi ada juga sebagian lainnya yang masih belum dikonfirmasi. Beberapa contoh dari hal ini adalah Bartolomeo yang terinspirasi dari penyanyi legendaris David Bowie.

Kemudian Crocodile terinspirasi dari sosok aktor kawakan John Travolta. Bahkan sikap dan gayanya pun mirip dalam penampilan John di film Pulp Fiction. Contoh lainnya, sosok karaker Sabo mirip seperti Leonardo diCaprio saat masih muda. Kemudian sosok Yasopp yang terinspirasi dari penyanyi Bob Marley, atau karakter Smoker yang terinspirasi dari sosok Arnold Schwarzenegger.

Salah satu yang cukup populer di kalangan fans adalah God Enel yang terinspirasi dari rapper Eminem. Kemudian Jim Carrey yang menginspirasi terciptanya dua karakter sekaligus, Bon Clay dan Franky. Selain para karakter atau tokoh populer dunia, Oda Sensei juga terinspirasi aktor-aktor lawas di Jepang untuk menjadi inspirasi para karaktenya.

Contohnya, karakter Kinemon dari Red Scabbards merupakan karakter yang terinspirasi dari aktor Namaura Kinnosuke. Kemudian karakter admiral Fujitora, yang terinspirasi dari aktor kawakan lainnya, Shintaro Katsu. Untuk tiga admiral sebelumnya – Kuzan, Sakazuki, dan Borsalino – terinspirasi dari Bunta Sugawara, Yusaku Matsuda, dan Kunie Tanaka.

Yang menjadi catatan penting dalam hal ini adalah bagaimana Oda Sensei secara jenius berhasil membuat karakter yang terinspirasi dari sosok-sosok tersebut. Banyak dari para karakter ini menjadi sangat populer di kalangan fans One Piece, sama seperti sosok aslinya yang banyak memiliki penggemar. Dan mengetahui fakta bahwa Oda Sensei terinspirasi dari para selebritas tersebut tentunya sangat luar biasa.

Para karakter One Piece ini seolah menjadi perwujudan dari para tokoh-tokoh terkenal itu dalam bentuk anime dan manga. Mungkin, jika para karakter ini mengetahui bahwa dirinya menjadi inspirasi bagi manga paling populer di dunia, mereka pun akan merasa sangat senang. Namun, tidak semuanya karakter yang muncul dalam cerita One Piece terinspirasi dari sosok populer.

Karakter protagonis seperti Luffy, Nami, dan Usopp, serta berbagai karakter lainnya adalah karakter orisinal buatan Oda Sensei. Apakah akan ada sosok karakter lainnya yang terinspirasi dari sosok terkenal lain? Kita nantikan saja ya Geeks!Karakter protagonis seperti Luffy, Nami, dan Usopp, serta berbagai karakter lainnya adalah karakter orisinal buatan Oda Sensei. Apakah akan ada sosok karakter lainnya yang terinspirasi dari sosok terkenal lain? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.