Awalnya tidak ada yang mengira bahwa film Avatar yang dirilis pada tahun 2009 silam akan mempunyai film sekuel. Kisah film pertamanya sendiri sebenarnya sudah ditutup dengan cukup baik, memperlihatkan penduduk asli yang disebut Na’vi akhirnya berhasil menghentikan eksploitasi manusia di Planet Pandora dan mengusirnya kembali ke Bumi. Namun, tampaknya James Cameron mempunyai rencana yang jauh lebih besar dari itu, sekarang dia sedang menggarap Avatar 2 dan Avatar 3 secara bersamaan, sekaligus berharap kesuksesannya nanti akan membuka jalan untuk Avatar 4 dan Avatar 5.

Proses syuting film Avatar 2 dan 3 sendiri sudah digarap selama kurang lebih tiga tahun, dari tahun 2017 sampai akhir tahun 2020 lalu. Film ini kembali menghadirkan Jake Sully dan Neytiri dengan petualangan baru, di mana tempat tinggal mereka akan kembali diserang oleh manusia, sehingga mereka harus melarikan diri ke klan Na’vi bawah laut Pandora yang disebut Metkayina. Menariknya, sutradara James Cameron mengungkapkan bahwa latar film Avatar selanjutnya tidak hanya akan berlangsung di Planet Pandora saja, tetapi di Planet Bumi juga.

Baru-baru ini, dalam acara “Directors on Directors” yang diselenggarakan oleh Variety, James Cameron berbicara pada sutradara Dune Denis Villeneuve bahwa latar film Avatar akan terjadi di dua dunia yang berbeda. “Ini [sekuel Avatar] adalah keputusan yang menantang karena saya ingin melakukannya dengan benar, atau tidak sama sekali,” kata Cameron. “Saya dapat mengatakan bahwa dalam kerangka alam semesta, ini bisa saja terjadi. Sama seperti Dune yang terjadi di banyak planet, Avatar selanjutnya terjadi di dua dunia, beberapa di antaranya terjadi di Bumi saat ceritanya berkembang”

Dalam acara yang sama, James Cameron juga mengabarkan perkembangan produksi filmnya yang hampir rampung. “Avatar 2 sepenuhnya sudah rampung. Kami sudah mengisinya dengan efek visual. Saya merasa cukup percaya diri dengan filmnya,” tambah Cameron. “Sedangkan Avatar 3 masih dalam proses. Saya belum benar-benar mengubah energi saya untuk menyelesaikannya. Saya sudah melakukan semua pengambilan gambar dan adegan live action-nya. Masih ada sedikit yang terkait beberapa karakter dewasa [di filmnya].”

Dengan perkembangan kabar terbaru ini, walaupun masih banyak misteri terkait filmnya, sepertinya penggemar hanya bisa memercayakan sepenuhnya pada sutradara James Cameron. Dari pengalaman kariernya sendiri, James Cameron sangat berpengalaman dalam menggarap film sci-fi, selain Avatar, sebelumnya juga dia terkenal dengan karya populernya seperti Aliens, Terminator, dan Terminator 2. Jika tidak ada halangan, film Avatar 2 akan dirilis pada 16 Desember 2022.