Membahas tentang masa lalu sebuah karakter merupakan sesuatu yang sangat lumrah di kalangan fans One Piece. Hal ini wajar, karena Eiichiro Oda sangat jarang menghadirkan asal-usul dari sebuah karakter. Atau mungkin perlu waktu lama untuk sebuah karakter terungkap masa lalunya. Roronoa Zoro adalah salah satu karakter yang paling banyak dispekulasikan mengenai masa lalunya.

Seperti halnya Luffy, tidak banyak diketahui mengenai informasi masa lalu Zoro. Kita tidak pernah tahu mengenai siapa orang tua Zoro. Yang diungkapkan oleh Oda Sensei dalam ceritanya, Zoro berasal dari desa Shimotsuki di East Blue. Dia sudah belajar berpedang bersama Kushina dan Koushiro. Sampai kemudian arc Wano Country dimulai.

Dengan berbagai petunjuk yang ada, banyak fans yang menduga bahwa Zoro memang berasal dari Wano. Tepatnya, dia berasal dari klan Shimotsuki. Tetapi, sepertinya klan Shimotsuki bukan hanya menjadi klan yang diduga kuat menjadi asal-usul garis keturunan Zoro. Ada sesuatu yang jauh lebih besar yang mungkin belum terungkap mengenai klan Shimotsuki.

Apa yang pernah diungkapkan oleh Kawamatsu menjadi salah satu petunjuk mengapa Zoro kemungkinan berasal dari klan Shimotsuki. Kawamatsu sempat mengatakan bahwa klan Shimotsuki dikenal karena ketangguhan mereka. Dan seperti yang kita ketahui dari cerita yang ada, Zoro pun dikenal memiliki ketangguhan yang dahsyat, dan bahkan dia selalu bisa bertahan dari serangan kuat.

Contohnya, dia pernah terkena tebasan pedang Mihawk di arc Baratie. Ajaibnya adalah dia berhasil hidup dari serangan pedang Mihawk tersebut. Kemudian di arc Thriller Bark, Zoro mampu menahan rasa sakit yang dialami oleh Luffy setelah Kuma memindahkan rasa sakit Luffy ke tubuh Zoro setelah pertarungan melawan Gecko Moria. Yang paling baru adalah ketika Zoro menahan serangan kombinasi Big Mom dan Kaido di Onigashima.

Apa yang dilakukan oleh Zoro tersebut bukan hanya menunjukan ketangguhan Zoro, tetapi juga membantu Supernova lainnya untuk bisa menghindar dari serangan dahsyat tersebut. Yang menarik juga adalah Oda Sensei sepertinya sudah memiliki rencana menarik di akhir arc Wano. Oda menyebutkan bahwa dia tertarik untuk menghadirkan momen ketika Zoro pergi ke makam Ryuma untuk memberikan penghormatannya.

Selain itu, pada chapter 1023 kemarin Hyogoro “mengonfirmasi” bahwa sosok Roronoa Zoro memiliki kemiripan dengan Shimotsuki Ushimaru yang merupakan keturunan dari Shimotsuki Ryuma. Hyogoro bahkan mengatakan bahwa Zoro dan Ushimaru sama-sama merupakan samurai bermata satu. Bagaimana hubungan Zoro dengan Shimotsuki Yasuie juga menjadi salah satu petunjuk lainnya.

Seperti diperlihatkan dalam ceritanya, selama di arc Wano, Zoro terlihat selalu bersama Yasuie. Hal ini seolah menghadirkan kesan bahwa Oda Sensei mencoba untuk “menghubungkan” Zoro dengan keluarganya. Oda Sensei juga sepertinya banyak memberikan panggung terhadap Zoro selama di arc Wano. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai momen Zoro menghadapi musuh kuat.

Contohnya adalah pertarungan menghadapi King, menghadari Denjiro, atau menghadapi Kaido. Perkembangan karakter Zoro juga sangat menarik dan epik selama di arc Wano. Contohnya Zoro bertemu dengan Kozuki Hiyori, anak perempuan dari Oden. Dan terakhir adalah bagaimana Zoro dikonfirmasi memiliki kemampuan Haki Penguasa, yang membuat serangan Asura Zoro terhadap Kaido bisa menimbulkan bekas.

Berbicara mengenai masa lalu Zoro, terdapat juga spekulasi menarik lainnya di mana ada kemungkinan di akhir arc Wano terungkap bahwa Zoro merupakan bagian dari klan D. Bagaimana kemudian diketahui bahwa Zoro adalah bagian dari klan dari musuh para dewa tersebut? Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kesamaan antara Zoro dan juga Luffy.

Dalam spekulasinya disebutkan bahwa semua hal yang berkaitan dengan Zoro – mulai dari tekadnya untuk terus bertarung, untuk terus berjuang, pantang menyerah, tidak pernah mau tunduk terhadap yang berkuasa, dan lain lain – dianggap memiliki kemiripan dengan mereka yang memang menjadi bagian dari klan D. Contoh nyata dari hal ini adalah Luffy.

Seperti yang sudah banyak diketahui, klan D adalah musuh alami dari para dewa alias kaum naga langit dan Pemerintah Dunia. Mereka dianggap sebagai musuh karena mereka merupakan ancaman besar, dengan kemampuan dan juga keinginan mereka untuk bebas. Zoro diperlihatkan memiliki “ciri-ciri” yang sama dengan mereka yang memiliki tekad D.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika Zoro memang bagian dari klan D melihat apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Tentunya akan sangat menarik jika Zoro memang merupakan bagian dari klan D. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.