Terdapat sebuah momen menarik dari monster Numbers yang kini menjadi “bawahan” dari Apoo. Salah satu dari monster tersebut nampaknya tertarik terhadap Yamato. Mengapa kemudian monster tersebut tertarik terhadap Yamato? Apakah monster tersebut memiliki kenangan terhadap sosok Yamato? Apakah sebelumnya mereka pernah bertemu? Hal ini menjadi sebuah tanda tanya besar di kalangan fans One Piece.

Dalam chapter 1030 kemarin, kita melihat bagaimana Apoo memiliki kekuatan baru yaitu dukungan dari tiga monster Numbers. Mereka adalah Number 1, 2, dan 3 atau dikenal juga sebagai Inbi, Fuga, dan Zanki. Dengan adanya ketiga monster tersebut, Apoo merasa dia di atas angin. Dia bahkan mengajak X Drake untuk bergabung bersamanya dan membuat semacam aliansi.

Tetapi, ada sebuah hal menarik dari momen tersebut. Banyak dari para fans berteori tentang ketiga Numbers tersebut. Mereka beranggapan bahwa Inbi, Fuga, dan Zanki berbeda dengan monster Numbers pada umumnya. Bahkan, dalam teorinya juga disebutkan bahwa ketiga Numbers tersebut adalah ketiga samurai yang sempat ditahan di penjara gua di Onigashima – yang mana salah satunya adalah Shimotsuki Ushimaru.

Seperti yang diperlihatkan pada chapter 1024 kemarin, dalam kilas balik Yamato diperlihatkan bahwa dia sempat dipenjara bersama tiga orang samurai legendaris Wano. Salah satu diantara mereka adalah Shimotsuki Ushimaru, yang merupakan keturunan dari Shimotsuki Ryuma. Mereka diperlihatkan membantu Yamato dengan memberikan jatah makanan yang ada.

Setelah membaca jurnal Oden yang ada di tangan Yamato, ketiga samurai itu pun kabur dari penjara. Tetapi, tidak diketahui ke mana mereka pergi. Terdapat spekulasi bahwa mereka mencoba menghabisi atau mengalahkan Kaido, yang mana hal tersebut kemungkinan gagal. Dan inilah yang kemudian menjadi dasar teori bahwa ketiga monster Numbers yang bersama Apoo kemungkinan adalah ketiga samurai tersebut.

Sosok monster Fuga yang disebutkan sangat mirip dengan Ushimaru. Sedangkan Inbi dan Zanki disebutkan sangat mirip dengan dua samurai lainnya, yang tidak diketahui namanya. Jika dilihat dari wajahnya, memang ada kemiripan dari ketiga Numbers tersebut dengan ketiga samurai yang sempat ditahan oleh Kaido bersama Yamato.

Selain dari penampilan, bagaimana Oda Sensei memperkenalkan ketiga Numbers juga berbeda dengan Numbers yang lain. Para monster Numbers lainnya diperkenalkan tanpa adanya plakat nama (nameplate) di dalam panelnya. Contohnya adalah ketika Oda Sensei menghadirkan Numbers Haccha. Sedangkan ketika Inbi, Fuga, dan Zanki diperkenalkan, mereka memiliki plakat nama mereka dalam panelnya.

Hal ini biasanya dilakukan oleh Oda ketika memperkenalkan karakter yang memang sebelumnya sudah muncul, contohnya adalah Otama. Tetapi, di sisi lain, bisa jadi juga ini memberikan petunjuk bahwa ketiga Numbers tersebut lebih kuat dari monster Numbers lainnya. Petunjuk lainnya juga adalah – seperti disebutkan di atas – bahwa salah satu dari mereka yaitu Fuga, nampak tertarik dengan sosok Yamato.

Fuga seolah-olah mengenal dan mengingat sosok Yamato, sehingga dia mengejarnya. Hal ini tentu memiliki banyak arti, salah satunya adalah meskipun Shimotsuki Ushimaru sudah berubah menjadi sosok Fuga, kenangan atau ingatannya masih tetap ada. Karena itulah dia mengejar sosok Yamato. Jika hal ini benar, tentu momen ini akan menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Dari segi waktu pun semuanya terasa pas. Diketahui bahwa Numbers diciptakan dari sebuah eksperimen yang terjadi 20 tahun yang lalu. Usia Yamato sendiri saat ini adalah 28 tahun, artinya ketika dia dipenjara bersama mereka usia Yamato adalah 8 tahun yang dirasa pas dengan timeline dalam ceritanya. Tetapi, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian siapa yang mengubah ketiganya menjadi monster numbers?

Apakah Queen yang melakukannya? Atau justru Dr. Vegapunk? Jika melihat cerita yang ada, kemungkinan Dr. Vegapunk yang melakukan eksperimen tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Law, bahwa Pemerintah Dunia berusaha untuk menciptakan kembali ras raksasa. Untuk melakukannya, mereka butuh banyak subyek uji coba. Ketiga samurai tersebut gagal untuk mengalahkan Kaido, dan pada akhirnya mereka mungkin dijadikan subyek uji coba tersebut.

Tetapi, sayangnya, eksperimen tersebut gagal dan akhirnya mereka pun seperti yang kita lihat sekarang. Selain adanya koneksi antara Ushimaru/Fuga dan Yamato, hal ini pun tentu akan memberikan momen sentimentil kepada Zoro, yang kemudian mengetahui bahwa keluarganya ada yang berubah menjadi monster. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Fuga memang benar adalah Ushimaru.