Fantastic Four adalah tim keluarga super pertama Marvel yang sejak awal kehadirannya sudah sangat disukai oleh para penggemar. Sementara versi live action-nya yang kurang begitu diminati, Fantastic Four versi Marvel Comics justru adalah salah satu andalan Marvel yang selalu berhasil dengan setiap kisahnya.

Pertama kali melakukan debut pada tahun 1961, Fantastic Four terdiri empat superhero yang saling mengisi satu sama lain, yaitu Reed Richards, Ben Grimm, Sue Storm, dan Johnny Storm. Namun, tahukah kalian, Geeks, sebenarnya Fantastic Four pernah mempunyai versi alternatif yang tidak kalah kuat dari versi aslinya. Berikut 5 inkarnasi Fantastic Four paling kuat di Marvel Comics!

Fantastic Thors

Tim Fantastic Four alternatif yang satu ini pertama kali diceritakan sekilas di komik Siege Vol. 2 #4 (2015) karya Kieron Gillen, Filipe Andrade, Pepe Larraz, Gary Choo, dan Bill Sienkiewicz. Diceritakan bahwa setelah kejadian Secret Wars, Doctor Doom mendapatkan kekuatan sakti Beyonder yang membuatnya jadi penguasa Planet Battleworld.

Merasa bahwa posisinya masih terancam selama ada Reed Richards, Doom kemudian menciptakan Thor Corps yang terdiri dari para Thor versi alternatif untuk menjaganya. Beberapa di antaranya membentuk tim keluarga super yang dikenal sebagai Fantastic Thors. Mereka adalah gabungan dari Fantastic Four asli dengan karakter di semesta Thor, di mana semuanya membawa Mjolnir-nya masing-masing.

Fearsome Four

Sebagai Fantastic Four, sebuah tim harus mempunyai anggota lengkap yang masing-masing mewakili otot, otak, keberanian, dan kelembutan. Namun, dalam salah satu kisah Marvel Comics, ada tim ikonik yang justru semua anggotanya terkenal karena kekuatannya, mereka adalah Fearsome Four.

Pertama kali diceritakan di komik Fear Itself: Fearsome Four #1 (2011) karya Brandon Montclare, Mike Kaluta, Ryan Bodenheim, dan Simon Bisley, Fearsome Four terdiri dari Howard the Duck, She-Hulk, Nighthawk, dan Frankenstein Monster. Mereka diceritakan harus menghadapi Psycho-Man untuk menyelamatkan multiverse. Walaupun kehadirannya hanya muncul di komik Fear Itself, penggemar mengenal tim Fearsome Four sebagai versi alternatif Fantastic Four yang sangat kuat.

Challengers of the Fantastic

Salah satu crossover terbaik DC dan Marvel pernah terjadi di sebuah alam semesta yang disebut Amalgam Universe. Di dalamnya terdapat banyak sekali karakter menarik, yang merupakan gabungan dari superhero DC dan Marvel. Bahkan ada sebuah tim super gabungan yang terinspirasi Fantastic Four, yaitu Challengers of the Fantastic. Tim super ini melakukan debutnya di komik Challengers of the Fantastic #1 (1997) karya Karl Kesel dan Tom Grummett.

Challengers of the Fantastic terdiri dari para anggota yang terkenal kuat sekaligus aneh, mereka adalah Prof. Richards yang mempunyai empat lengan robot, Rocky Grimm yang mempunyai empat lengan, Red Storm, dan Ace Storm. Tidak seperti Fantastic Four yang tinggal di tengah perkotaan, Challengers of the Fantastic justru mempunyai markas besar di sebuah gunung.

Fantastic Five

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa tim super Fantastic Five terdiri dari lima anggota inti yang tidak kalah hebatnya dari Fantastic Four. Pertama kali diceritakan pada tahun 1997 di komik What If? Vol. 2 #105 karya Tom DeFalco dan Ron Frenz, tim super ini terdiri dari Human Torch, Thing, Psi-Lord, Ms. Fantastic, dan Big Brain. Kisahnya dimulai ketika Mister Fantastic dan Invisible Woman terluka akibat sebuah kejadian, merasa tim Fantastic Four harus tetap aktif, Johnny Storm alias Human Torch membentuk Fantastic Five.

Setiap kekuatan anggotanya membuat tim Fantastic Five ini jauh lebih kuat dari Fantastic Four. Sebagai contoh, salah satu anggota yang bernama Psi-Lord adalah mutan level Omega. Mempunyai nama asli Franklin Richards, Psi-Lord adalah anak Reed Richards yang mempunyai kemampuan sangat kuat, seperti telekinesis, telepati dan ledakan energi

Future Foundation

Future Foundation adalah versi Fantastic Four yang lebih baru dan lebih kuat. Pertama kali dibentuk pada tahun 2010 di komik Fantastic Four #576 karya Jonathan Hickman, Neil Edwards, Future Foundation dibentuk oleh Reed Richards untuk melawan para ilmuwan gila yang menciptakan teknologi baru untuk menghancurkan Bumi.

Tim super ini mempunyai jumlah anggota yang sangat banyak, termasuk Franklin Richards, Johnny Storm, Nathaniel Richards, Medusa, Miss Thing, Mister Fantastic, Valeria Richards, She-Hulk, Spider-Man, Mister Fantastic, Brainstorm, Invisible Woman, Powerhouse, dan masih banyak lagi. Secara individu para superhero ini sudah terkenal kuat dan genius, tidak terbayang ketika mereka menggabungkan kekuatan untuk melindungi Bumi. Bisa dibilang Future Foundation tim super Marvel paling genius dan paling kuat.

Lima inkarnasi Fantastic Four ini membuktikan bahwa Fantastic Four selalu berhasil saat hadir dalam bentuk apapun, baik di dalam komiknya saat melawan para penjahat, maupun di hati penggemar setia Marvel yang menyukainya. Lima tim alternatif ini juga menegaskan bahwa siapa pun bisa menjadi anggota Fantastic Four selama mereka bisa bekerja sama membentuk sebuah tim keluarga yang kompak. Dengan begitu, musuh sekuat apapun pasti pada akhirnya bisa mereka kalahkan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.