Seiring berjalannya cerita yang terus berlanjut di franchise Dragon Ball, salah satu elemen yang sering muncul dan menjadi fokus utama dalam ceritanya adalah tentang transformasi Super Saiyan dan bagaimana karakter utamanya seperti Vegeta dan Goku bisa mencapai level tertinggi dari transformasi tersebut. Hal itu mungkin wajar mengingat level kekuatan dari ancaman yang muncul pun semakin pula meningkat.

Untungnya, ada juga karakter yang bukan Saiyan yang tidak kalah kuat dibandingkan para Saiyan. Memang, dalam level kekuatan mungkin para karakter manusia ini bahkan sedikit pun tidak mendekati level mereka. Tetapi, sayangnya, sering kali para karakter ini tidak mendapatkan apresiasi yang seharusnya jika dibandingkan dengan para karakter Saiyan lainnya. Lalu, siapa saja mereka?

Master Roshi

Pada awalnya, sosok Master Roshi memang mendapatkan apresiasi besar dari para fans atas apa yang sudah dia lakukan dengan menjadi mentor bagi Goku, Krillin, dan Yamcha. Namun, dengan banyaknya karakter baru yang kemudian diperkenalkan di sekuelnya, membuat sosok Master Roshi pun mulai tergeser posisinya. Dalam seri awal Dragon Ball, dikonfirmasi bahwa Master Roshi adalah salah satu manusia terkuat di dunia. Selain itu, seperti yang kita tahu, bahwa Master Roshi adalah pencipta teknik ikonik dari Goku yaitu Kamehame.

Menakar Kekuatan Sebenarnya Master Roshi | Greenscene

Dalam seri Dragon Ball Super, kita sedikit ditunjukan bagaimana Master Roshi masih memiliki peranan penting. Dalam Tournament of Power, Master Roshi adalah salah satu petarung yang dipilih untuk mewakili Universe 7. Meskipun pada kenyataanya Master Roshi memang jauh lebih lemah dibandingkan beberapa musuhnya, dengan teknik bela diri yang dia kuasai dan bagaimana pengalaman membuatnya bijak dalam bertarung, membuatnya berhasil mengalahkan beberapa musuh. Di manganya sendiri Master Roshi bahkan hampir saja memiliki kemampuan Ultra Instinct dan membantu Goku mendapatkan kekuatan tersebut.

Krillin

Sosok Krillin memang sering kali menjadi lelucon khususnya di kalangan para fans Dragon Ball Selain itu, seperti yang kita tahu, bahwa Master Roshi adalah pencipta teknik ikonik dari Goku yaitu Kamehame. Di mana sering kali sahabat baik dari Goku ini kalah dengan mudah atau tewas, ketika dia harus berhadapan dengan musuh yang baru, yang lebih kuat. Namun, faktanya memang Krillin adalah salah satu manusia terkuat di franchisenya.

Salah satu contohnya adalah ketika Krillin berpartisipasi dalam Tournament of Power di seri Dragon Ball Super. Krillin pun memiliki kontribusi besar bagi franchise ini, contohnya adalah dengan mengembangkan sebuah serangan dahsyat yaitu Kienzan atau Destructo Disc. Teknik ini mampu memotong pipi dari Nappa dan memotong ujung ekor dari Frieza. Krillin pun berhasil mengalahkan Gohan dan mendapatkan tempat di tim Universe 7.

Yamcha

Selain Krillin, karakter yang juga sering dibuat lelucon oleh para fans adalah Yamcha. Dia merupakan mantan bandit yang kemudian berteman dengan Goku dan jatuh cinta terhadap Bulma. Dalam setiap turnamen, hampir bisa dipastikan Yamcha selalu tereliminasi sejak babak pertama. Hal inilah yang sering kali membuat Yamcha diremehkan banyak musuh yang dia hadapi.

Yang menyedihkan juga adalah Yamcha merupakan Z Fighter pertama yang terbunuh saat menghadapi Nappa dan Vegeta, di awal seri Dragon Ball Z. Terlepas dari semua itu, sebenarnya Yamcha adalah seorang petarung yang cukup kuat. Dia mengembangkan teknik Wolf Fang Fist dan Power Ball, yang diperlihatkan mampu memberikan perlawanan terhadap Ginyu Force setelah dia berlatih di bawah King Kai. Peningkatan kekuatan Yamcha sendiri kemudian terlihat di seri Super, di mana dia terpilih mewakili Universe 7.

Videl

Sebagai putri dari Hercule Satan, sosok petarung yang dianggap sebagai pahlawan dan manusia terkuat di bumi, Videl sebenarnya jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan sang ayah. Videl berlatih sejak kecil untuk bisa memenuhi ekspektasi sang ayah. Dia pun merupakan sosok pembasmi kejahatan yang cukup diperhitungkan, dan statusnya terus meningkat setelah dia bertemu dengan Gohan.

Ajay on Twitter: "I'm really just using this colour crap as an excuse to post pigtails Videl, honestly."

Dalam beberapa bulan latihan di bawah pengawasan Gohan, Videl berhasil menguasai teknik untuk terbang – teknik yang butuh bertahun-tahun untuk bisa dilakukan oleh para Z Fighter. Namun, dalam seri Dragon Ball Super diperlihatkan bagaimana Videl memutuskan untuk berhenti menjadi seorang petarung setelah membangun keluarga bersama Gohan.

Hercule Satan

Karakter manusia yang menganggap dirinya sebagai sosok yang paling hebat dan terkuat. Harus diakui bahwa Hercule Satan adalah karakter manusia yang paling lemah diantara para Z Fighters lainnya. Bahkan, Videl remaja pun masih lebih kuat dibandingkan Hercule Satan. Meskipun begitu, bukan berarti dia sama sekali tidak memiliki kemampuan bertarung dan tidak memiliki prestasi.

Dalam sebuah flashback di World Tournament Saga, diketahui bahwa Hercule Satan memang terbukti memenangkan World Martial Arts Tournament yang ke 24, dalam jarak tujuh tahun antara Cell Games dan World Martial Arts Tournament ke 25. Mengingat ada banyak sekali petarung yang ikut serta dalam turnamen tersebut, dan bagaimana dia berhasil memenangkan turnamennya, klaim bahwa dia yang terkuat rasanya masuk akal.