Serial animasi What If…? episode 9 yang baru saja tayang, akhirnya mengungkap siapa saja yang dipilih oleh Uatu the Watcher sebagai anggota Guardians of the Multiverse. Dipimpin oleh Strange Supreme, anggota Guardians lainnya yang terdiri dari Captain Carter, Star-Lord T’Challa, Killmonger, Gamora, Party Thor, dan terakhir Black Widow, harus bekerja sama dalam mengalahkan Infinity Ultron. Sementara banyak superhero dari episode sebelumnya yang terpilih secara khusus sebagai anggota Guardians of the Multiverse, tidak ada satupun di antara mereka adalah Tony Stark alias Iron Man.

Seperti yang kita tahu, Tony Stark adalah salah satu ikon Marvel yang sangat terkenal di MCU. Dia adalah superhero yang memulai Infinity Saga sekaligus mengakhirinya dengan pengorbanan heroik. Karakternya telah muncul beberapa kali di serial animasi What If…?, hanya untuk kemudian diperlihatkan mati. Dan di episode 9 kali ini Tony kembali muncul dalam versi lain hanya untuk “dibuang” oleh Watcher. Saat Watcher mendatangi universe Gamora untuk merekrut Gamora sebagai anggota Guardian of the Multiverse, dengan dingin Watcher mengatakan pada Tony, “Bukan kau, Stark.”

Mengapa superhero sekelas Tony Stark bisa tidak terpilih? Kemungkinan Tony tidak terpilih karena dia bukan tokoh utama dalam kisah yang dilihat oleh Watcher di universe tersebut. Saat Watcher datang, dia langsung menyebutkan bahwa Gamora adalah “Destroyer of Thanos”, yang artinya Gamora adalah sosok penting di universe tersebut sebagai superhero yang telah berhasil membunuh Thanos dan menyelamatkan universe. Mungkin peran Tony di universe tersebut tidak sebesar Gamora, sehingga dirinya tidak terpilih sebagai anggota Guardians of the Multiverse.

Selain alasan dari dalam ceritanya, mungkin ada alasan lain dari Marvel Studios untuk tidak memasukan Iron Man sebagai tokoh penting di serial yang serial What If…?. Sepertinya Marvel Studios memang sengaja memberikan kesempatan lebih pada karakter-karakter yang kurang bersinar di MCU. Sehingga khusus untuk karakter MCU favorit penggemar, seperti Captain Ameica dan Iron Man sengaja dikurangi “jam terbangnya” agar tidak terlalu mendominasi dalam cerita What If…?.

Walau tidak terpilih sebagai Guardians of the Multiverse, tetapi kita sebagai penonton merasa “terobati” ketika melihat Tony Stark mengenakan sebuah armor baru. Di universe tersebut Gamora diperlihatkan mengenakan armor Thanos, serta Stark dengan armor baru yang sekilas mirip Hulkbuster, mereka berdua diperlihatkan berada di Nidavellir untuk menghancurkan Infinity Gauntlet. Ada yang menarik dari armor baru yang dikenakan oleh Tony tersebut, armor tersebut pada dasarnya mempunyai bentuk yang hampir sama seperti Hulkbuster, tetapi ukurannya lebih kecil, terlihat dari ukuran kepala armornya yang pas dengan kepala Tony.

Dengan berakhirnya serial animasi What If…? season 1, berarti untuk saat ini kita hanya bisa menunggu sampai season 2 dirilis untuk dapat melihat kembalinya Tony Stark. Di season 2, kabarnya akan menghadirkan beberapa kisah dari Fase 4 MCU. Kita nantikan saja kabar What If…? season 2 selanjutnya pada masa yang akan datang ya, Geeks.