Dalam cerita One Piece, pertarungan menjadi sebuah hal yang tidak terhindarkan. Hampir sebagian besar cerita di serinya selalu menghadirkan adegan pertarungan. Hal tersebut seolah menjadi sebuah elemen yang tidak terpisahkan, khususnya untuk genre shonen. Dalam pertarungan tersebut, tidak jarang terdapat senjata yang digunakan oleh para karakter. Entah yang mematikan atau sekedar melumpuhkan lawannya.

Dalam cerita One Piece sendiri, pedang menjadi senjata yang banyak digunakan oleh para karakter setelah pistol. Namun, tentunya ada senjata lain yang juga digunakan dan dihadirkan di ceritanya salah satunya adalah gada besi. Senjata ini pertama kali muncul saat digunakan oleh Alvida di awal seri One Piece. Dan saat ini, Kaido menjadi karakter selanjutnya yang diketahui menggunakan senjata tersebut.

Kanabo alias gada besi digunakan oleh “makhluk paling kuat di dunia” sebagai senjata utamanya. Senjata mengerikan milik Kaido ini dibuat dari material berwarna hitam yang misterius. Di ujungnya terdapat duri-duri tajam yang siap membuat musuh terluka parah. Salah satu bukti kekuatan dari Kanabo adalah mampu menerbangkan musuhnya sampai jarak yang sangat jauh.

Hal ini pernah diperlihatkan ketika Kaido menghajar Luffy. Dengan kekuatannya yang dahsyat, Kaido bahkan mampu melukai dan mengalahkan Luffy dengan sangat mudah di awal pertarungan mereka. Bahkan, Luffy sampai tidak sadarkan diri. Dibandingkan dengan senjata kuat lainnya, Kanabo milik Kaido ini mungkin tidak terlihat istimewa. Namun, dengan kekuatan yang dimiliki Kaido, Kanabo bisa berubah menjadi senjata yang mengerikan.

Sampai sejauh ini Oda Sensei masih belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai gada besi milik Kaido tersebut. Namun, dalam kolom SBS Volume 100 kemarin Oda sempat memberikan detail mengenai senjata milik Kaido ini. Menurut Oda Sensei, nama dari gada besi tersebut adalah Hasai Kai. Bahkan, Oda sendiri menghadirkan ilustrasi dari Hasai Kai jika dalam bentuk manusia.

Menarik tentunya untuk mengetahui mengapa Kaido lebih memilih gada besi raksasa dibandingkan pedang atau pistol. Tetapi, bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan teori yang berkembang di kalangan fans, bahwa sesuai dengan namanya, Kaido merupakan perwujudan Oni atau iblis dalam mitologi Jepang. Dalam mitologinya, Oni digambarkan memiliki tanduk, berpenampilan mengerikan, dan menggunakan senjata gada besi.

Seperti yang kita ketahui, arc Wano merupakan arc di mana Oda Sensei benar-benar mengekspresikan berbagai kebudayaan Jepang – termasuk tentang mitologinya. Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian Kaido memilih menggunakan gada besi dibandingkan pedang seperti halnya Big Mom dengan Napoleon. Bagaimana menurut kalian Geeks?