Tidak mau kalah dari Goku yang memiliki kemampuan transformasi Ultra Instinct, Vegeta pun akhirnya memiliki transformasi baru yang dia perkenalkan saat menghadapi Granolah yaitu Ultra Ego. Meski pun baik Ultra Instinct atau Ultra Ego pada akhirnya berhasil dikalahkan oleh sosok Granolah, namun hal ini tetap menghadirkan banyak sekali kemungkinan menarik.

Granolah mungkin memang mampu menghadapi Ultra Instinct dan juga Ultra Ego berkat kemampuannya yang juga epik. Tetapi, bagaimana jika Granolah harus menghadapi fusion atau gabungan antara Goku dan Vegeta dengan dua transformasi baru mereka tersebut? Apakah hal tersebut bisa dilakukan? Dan apakah Granolah akan sanggup menandingi kekuatan tersebut?

Ultra Instinct Goku dan Ultra Ego Vegeta

Ultra Ego secara teknis bukanlah kemampuan yang digunakan para dewa penghancur seperti halnya Beerus. Hal itu merupakan penamaan yang diberikan oleh Vegeta sendiri, yang menggembangkan teknik Destruction dengan kemampuan miliknya. Hal itu dia dapatkan setelah berlatih bersama Lord Beerus, disaat Goku berlatih bersama Whis. Berkat Ultra Ego, Vegeta bisa bertambah kuat jika dia terkena serangan musuh.

Artinya semakin Vegeta menerima serangan musuh dengan terbuka, maka semakin bersemangat dan semakin kuat kemampuannya. Sayangnya, kelemahan dari teknik ini adalah stamina yang akan cepat terkuras, dan juga kemampuan fisik Vegeta yang harus dikorbankan karena terkena serangan secara terus menerus. Hal ini diperlihatkan di akhir chapter 75 seri Dragon Ball Super kemarin, di mana Vegeta hampir saja tidak sadarkan diri akibat staminanya habis.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Di sisi lain, Ultra Instinct adalah kemampuan atau teknik yang digunakan oleh para Angels, yang mana menurut Whis sudah dikonfirmasi bahwa ini bukanlah sebuah transformasi, melainkan sebuah cara berpikir. Kekuatan dari Ultra Instinct sendiri mampu membuat tubuh penggunanya untuk bisa bergerak tanpa perlu berpikir, yang mana mereka akan mampu bergerak dengan kecepatan tinggi dan refleks yang liar biasa.

Ketika digunakan untuk menyerang, Ultra Instinct akan membuat penggunanya untuk memaksimalkan kekuatan yang mereka miliki untuk menghasilkan serangan yang efektif dan efisien. Sayangnya, jika penggunanya tidak ahli atau belum menguasai sepenuhnya dari Ultra Instinct, maka mereka akan sangat rentan untuk diserang. Selain itu, serangan mereka juga menjadi tidak efektif.

Bisakah Fusion Goku dan Vegeta Menggunakan Ultra Ego atau Ultra Instinct?

Pada cerita sebelumnya, Fusion dari Goku dan Vegeta, Vegito dan Gogeta, pernah menggunakan teknik yang hanya dimiliki salah satu dari kedua Saiyan tersebut. Artinya sangat memungkinkan dan masuk akal jika kemudian Vegito dan Gogeta menggunakan salah satu dari Ultra Ego atau Ultra Instinct. Mengingat Ultra Ego adalah sebuah transformasi, sementara Ultra Instinct adalah cara berpikir, bukan hal mustahil jika mereka menggunakan keduanya sekaligus.

Goku sendiri pernah menggunakan Ultra Instinct ketika dia menggunakan form Super Saiyan God. Artinya secara canon hal tersebut memungkinkan. Meski pun secara teknis dua kemampuan ini berbeda, namun tekniknya saling melengkapi. Seperti disebutkan di atas, salah satu kelemahan dari Ultra Ego adalah bagaimana stamina yang dikeluarkan akan sangat banyak.

Ketika hal itu terjadi, maka Ultra Instinct akan menjadi andalan untuk menghindari berbagai serangan yang muncul, atau mungkin memilih serangan mana yang bisa diterima oleh mereka. Jadi, baik Vegito atau pun Gogeta akan memiliki keuntungan ketika menggunakan kedua teknik ini sekaligus. Menarik tentunya jika hal ini kemudian digunakan untuk menghadapi Granolah saat ini.

Jika Kemudian Hal Itu Terjadi, Apa Selanjutnya Yang Akan DIhadirkan Serinya?

Vegito dan Gogeta merupakan karakter yang paling kuat di franchise Dragon Ball, apalagi ketika mereka menggunakan transformasi Super Saiyan Blue. Sulit untuk dibayangkan akan sekuat apa Vegito atau Gogeta ketika mereka menggunakan Ultra Instinct dan Ultra Ego sekaligus. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa Granolah sekali pun – yang notabene memiliki kekuatan akumulasi dari seluruh hidupnya – akan kalah jika harus menghadapi Vegito dan Gogeta.

Kemampuan untuk menggunakan kekuatan dewa penghancur dan Angels di waktu yang bersamaan membuat semua orang berpikir tentunya bahwa tidak akan orang yang bisa menandingi keduanya.  Dan ini mungkin akan menjadi batasan baru bagi kekuatan tertinggi yang ada di franchise Dragon Ball. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Vegeta dan Goku akan melakukan Fusion dan mengaktifkan kedua Ultra Ego dan Ultra Instinct untuk mengalahkan Granolah.